SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (PT KAI)

Solopos.com, SOLO — KAI Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 28 kereta api (KA) jarak jauh untuk lima hari ke depan, Rabu (8/5/2024).  Hal itu dilakukan untuk melayani penumpang pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan 28 KA jarak jauh tersebut terdiri dari 22 KA reguler dan 6 KA Tambahan. Total kapasitas tempat duduk yang KAI siapkan yakni 75.790 tempat duduk.

Promosi Fokus Transformasi, Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5%

KA Tambahan yang dioperasikan Daop 6 untuk melayani masyarakat di masa long weekend adalah sebagai berikut:

1. KA Lodaya Tambahan (7023) relasi Solo Balapan – Bandung pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 20.40 WIB
2. KA Taksaka Tambahan (7001) relasi Yogyakarta – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 05.50 WIB.
3. KA Manahan Tambahan (7015) relasi Solo Balapan – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 22.46 WIB
4. KA Sancaka (102F) relasi Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp, keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 22.15 WIB.
5. KA Manahan (79F) relasi Solo Balapan – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 09.45 WIB.
6. KA Manahan (81F) relasi Solo Balapan – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 22.35 WIB.

Dia mengatakan penambahan perjalanan KA tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut. Selain itu, penambahan jumlah perjalanan KA merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini.

Disebutkan, sampai dengan Rabu (8/5/2024), tiket KA jarak jauh yang sudah dipesan oleh masyarakat sejumlah 58.989 atau 78% dari kapasitas yang tersedia. Menurutnya, saat ini tiket KA Jarak Jauh keberangkatan awal Daop 6 masih cukup tersedia. Untuk itu diharapkan masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend ini dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya, baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” lanjut Krisbiyantoro.

Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, Daop 6 Yogyakarta memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya