Senin, 16 Agustus 2010 14:31 WIB News Share :

Mahasiswa gelar paripurna tandingan

Jakarta–Puluhan mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi di depan DPR yang dijaga ratusan petugas keamanan, Senin (16/8). Saat itu di dalam Gedung DPR tengah digelar pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Aksi teatrikal yang digelar puluhan mahasiswa ‘Jaket Kuning’ dinamai Sidang Paripurna Jalanan. Beberapa mahasiswa berperan seolah sedang sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat.

Lengkap dengan jas dan intonasi suara yang mirip, salah satu mahasiswa memerankan Presiden SBY. Beberapa mahasiswa lainnya memainkan aksinya seperti anggota DPR RI, yang ditandai dengan memakai topeng.

Ceritanya, si “Presiden SBY” membeberkan keberhasilannya dalam memimpin negara ini. Namun, para “rakyat, petani dan buruh” berteriak “bohong besar”. Sementara yang berperan sebagai anggota DPR RI hanya diam sambil cengar-cengir.

Dalam orasinya, puluhan mahasiswa lainnya menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi yang selama ini dibanggakan pemerintah, masih banyak menyisakan masalah.

Beberapa contoh, masih banyaknya anak Indonesia yang tidak memperoleh pendidikan dan masih tingginya angka kemiskinan.

inilah/rif

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…