SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Ketua MPR Zulkifli Hasan menyarankan agar pemerintah merebut hati masyarakat Papua untuk menyelesaikan persoalan di daerah tersebut. Masalah di Papua, kata dia, tidak selesai hanya dengan pembangunan jalan dan bandara.

“Hati masyarakat Papua harus direbut, tidak bisa hanya dengan membangun jalan saja dan tidak hanya membangun bandara,” kata Zulkifli Hasan di sela-sela acara Jalan Sehat Empat Pilar MPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (25/8/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengakui Papua harus mendapatkan perlakuan khusus dan kesetaraan. Hal tidak mudah untuk dilakukan namun bisa dijalankan asalkan ada kemauan.

Zulkifli mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sering mengunjungi Papua. Namun menyelesaikan persoalan di sana harus dilakukan bersama-sama, tidak hanya presiden saja.

“Harus bersama-sama, tidak bisa pemerintah saja, DPR dan TNI-Polri bisa terlibat. Misalnya kami (PAN) mencalonkan putra terbaik Papua untuk DPR RI, alhamdulillah dapat dua, itu contoh merebut hati masyarakat Papua,” ujarnya.

Menurut dia, peristiwa di Papua seperti “panggilan yang membangunkan” atau wake up call bagi bangsa Indonesia, sehingga pemerintah harus berhati-hati. Dia meminta pemerintah harus benar-benar fokus menyelesaikan persoalan di Papua karena menyangkut persoalan multidimensi.

“Karena kalau ada apa-apa dengan Papua, harus hati-hati. Negara besar seperti Uni Soviet saja bisa retak dan pisah karena itu pemerintah Indonesia harus berhati-hati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya