Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

Siswa dan ortu tidak bisa memilih sekolah favorit lewat jalur zonasi, sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa dengan kriteria tertentu.

Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

SOLOPOS.COM - Ketua BAN-S/M, Toni Toharudin, saat menyampaikan materi kepada peserta dan mentor FJP 2021 Batch 2 melalui aplikasi Zoom, Selasa (15/6/2021). (Istimewa/Dokumentasi Panitia FJP 2021 Batch 2)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kebijakan pemerintah menerapkan sistem zonasi pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) diharapkan bisa “memaksa” sekolah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu tenaga pendidikan.

Namun sebagai efek samping yang buruk, kebijakan zonasi bisa mengancam nasib lulusan pendidikan dasar yakni sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat.

Mereka terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah atas, yakni sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), maupun sederajat.

Baca juga: Sipp Pakde, Cara BKD Karanganyar Cegah Kebocoran Potensi Pajak Daerah

Salah satu penyebabnya belum tersedia fasilitas pendidikan dalam zonasi terdekat dengan rumah peserta wajib belajar. Sementara sekolah yang ada dalam jangkauan transportasi termudah berada dalam zonasi di luar wilayah administrasi pemerintahan tempat mereka tinggal. Efek samping negatif ini juga dituturkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tujuan Baik Zonasi

Tujuan baik zonasi yang “memaksa” sekolah supaya berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu tenaga pendidikan itu disampaikan oleh Ketua Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Toni Toharudin, dalam bincang-bincang tentang akreditasi sekolah di depan 15 peserta dan mentor Fellowship Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan Jurnalisme (GWPP) Batch 2 secara virtual, Selasa (15/6/2021).

Dalam bincang-bincang yang dipandu oleh Direktur Eksekutif GWPP Nurcholis M Basyari, Toni menyampaikan materi Pentingnya Penjaminan Mutu Pendidikan Guna Meningkatkan Daya Saing Global Menuju Sumber Daya Manusia Indonesia Emas 2045.
Toni membuka diskusi dengan memaparkan data dalam bentuk grafik statistik.

Salah satunya, Toni menyebut persentase sekolah akreditasi A dan B tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA/SMK untuk sekolah umum maupun madrasah meningkat pada periode tertentu, tahun 2015-2019.

“[Di sisi lain] grafik ujian nasional tahun 2015-2019 menurun. Setelah itu naik lagi karena diberlakukan ujian tulis berbasis komputer, tetapi secara general menurun. Capaian PISA [Programme for International Student Assesment] dari waktu ke waktu, 2003-2015, menurun. Grafik ini membuat BAN-S/M merefleksi terhadap data empirik,” tutur dia.

Baca juga: 10 SMK Negeri Terbaik Nasional, Soloraya Juga Masuk Daftar

Salah satu bentuk refleksi adalah BAN-S/M di bawah pimpinan Toni berkomitmen mereformasi sistem akreditasi. Dia melihat kualitas pendidikan agak lamban dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

“Reformasi sistem akreditasi terdahulu tidak menggunakan platform dashboard monitoring untuk mengontrol kualitas sekolah/madrasah dari waktu ke waktu. Reformasi lain tentang perubahan paradigma instrumen yang dulu berbasis complaint [aduan] sekarang performance [prestasi],” jelas dia.

BAN-S/M berkeyakinan penerapan sistem akreditasi menggunakan instrumen prestasi atau performance dapat memacu sekolah/madrasah meningkatkan mutu kualitas pendidikan.

Persoalan muncul saat pemerintah pusat menggunakan pendekatan zonasi untuk PPDB. Pada awal kemunculan, masyarakat menanggapi beragam kebijakan itu. Rata-rata menilai zonasi merugikan siswa dengan kemampuan di atas rata-rata dan sekolah berlabel favorit.

Siswa dan orangtua tidak bisa memilih sekolah dalam kategori favorit saat mendaftar melalui jalur zonasi. Sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa yang diterima akan memiliki kriteria nilai dan kemampuan tertentu.

Sekolah Meningkatkan Akreditasi

Di sini, Toni memiliki pandangan berbeda perihal kebijakan pemerintah menerapkan zonasi. Dia melihat dari kacamata akselerasi kualitas pendidikan.

“Kami, lembaga akreditasi gembira dengan penerapan zonasi. Dengan zonasi malah memotivasi sekolah di zona tertentu untuk meningkatkan akreditasi. Sekolah yang belum berlabel favorit akan termotivasi meningkatkan kualitas,” ujarnya optimistis.

Toni juga mengakui langkah pemerintah menerapkan zonasi ini menimbulkan konsekuensi. Idealnya, kata dia, pemerintah bisa menerapkan zonasi saat standar kualitas pendidikan di Indonesia sudah setara.

Tetapi, dia juga menilai bahwa pemerintah tidak bisa menunggu kualitas pendidikan standar terlebih dahulu kemudian menerapkan zonasi.

Baca juga: Jalan Solo Purwodadi Dicor Bikin Macet, Bus Masuk Kampung Cari Jalur Alternatif

Menurut dia, strategi itu membutuhkan proses panjang dan waktu lama untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Sekolah favorit menjadi tidak luar biasa. Saya juga lihat orang tua menjadi tidak melulu memiliki keinginan memasukkan anak ke sekolah favorit. Menurut kami program zonasi sangat baik. Bisa memacu sekolah meningkatkan kualitas,” tutur dia.

Untuk itu, Toni menyebut pemerintah daerah memiliki andil dalam usaha memenuhi standar kualitas sekolah yang belum berlabel favorit menjadi nyaris setara dengan sekolah favorit. Tujuannya agar masyarakat tidak was-was menyekolahkan anaknya ke sekolah terdekat.

“Pemerintah menyebarkan guru-guru berkualitas ke seluruh sekolah yang kualitasnya masih di bawah rata-rata. Sekarang mulai diimpelemtasikan. Jadi nanti masyarakat mau sekolah dimanapun akan sama. Ya dalam proses ada hambatan. Tetapi, kami berkomitmen dengan zonasi bisa menstandarkan kualitas sekolah. Kalau dijalankan dengan baik maka kesadaran orang tua akan makin baik,” jelas dia.

Baca dia: 45 Calon TKI Asal Karanganyar Dapat Rekomendasi dari Disdagnakerkop, Langsung Berangkat?

Kebijakan zonasi juga diharapkan membawa dampak positif bagi guru dan tenaga pendidik. Mereka tidak lagi bergantung pada label favorit saat PPDB.

“Dulu siswanya terpilih, sekarang diisi siswa terdekat sekolah sehingga variasi [kemampuan siswa] tinggi. Dulu guru mudah mengajar karena input bagus, sekarang guru harus punya upaya kuat supaya hasilnya berkualitas. Harapannya demikian,” jelasnya.

Akses Fasilitas

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melihat kebijakan zonasi dari sudut pandang lain, yaitu standar pemenuhan fasilitas pendidikan hingga tingkat daerah. Faktanya, akses masyarakat ke fasilitas pendidikan ini belum merata di sejumlah daerah di Jateng. Terutama pemenuhan fasilitas pendidikan pada jenjang pendidikan menengah, seperti SMA, SMK, dan sederajat.

Dampak nyata di depan mata terkait hal itu adalah lulusan sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat terancam tidak bisa melanjutkan sekolah karena tidak memenuhi syarat zonasi. Contoh nyata di kawasan wisata Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kecamatan Tawangmangu menjadi salah satu dari beberapa kecamatan di Jawa Tengah (Jateng) yang belum memiliki sekolah menengah negeri. Biasanya, lulusan SMP di Tawangmangu mendaftar ke SMA/SMK negeri terdekat, salah satunya SMAN Karangpandan.

Sayangnya, pemberlakuan zonasi membuat pelajar asal Tawangmangu kesulitan. Tempat tinggal mereka tidak termasuk zonasi SMAN Karangpandan.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Karanganyar Kembali Terapkan Hajatan Banyumili

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng berupaya merealisasikan pemenuhan akses masyarakat ke fasilitas pendidikan secara bertahap, seperti pada Sabtu (12/6/2021), Gubernur Jateng mengawali pembangunan SMAN Tawangmangu.

Kala itu, Ganjar Pranowo menyampaikan kebanggaannya sebagai orang yang lahir di Tawangmangu. Dia berharap SMAN Tawangmangu bisa mulai beroperasi tahun depan.

“Waktu [saya] kecil, belum ada SMA. Bismillah, hari ini kami bulatkan tekad membangun. Ini tanah Pemprov Jawa Tengah. Mudah-mudahan tahun ini selesai sehingga tahun ajaran 2022 bisa dipakai," kata Ganjar.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu menyebut SMAN Tawangmangu akan menjadi sekolah percontohan center of excellence. Tetapi, Ganjar menyebut prioritas pembangunan bukan hanya gedung yang futuristik dengan pemandangan Gunung Lawu.

“Ini akan jadi model bahwa di lereng Gunung Lawu ada sekolah yang melahirkan anak-anak hebat. Kami harapkan tidak hanya desain arsitektur yang futuristik, tapi konsep, kurikulum, dan guru-guru akan disiapkan menjadi satu model center of excellence sejak dari awal,” ungkap dia.

Baca juga: Bakal Punya Bangunan Futuristik, SMAN Tawangmangu Jadi Percontohan Center Of Excellence

Selain Tawangmangu, Ganjar menjelaskan Pemprov Jateng masih akan membangun sejumlah SMA/SMK di wilayah lain. Dua di antaranya di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Purbalingga.

Di dua kabupaten itu, menurut Ganjar, masih ada kecamatan yang belum memiliki SMA/SMK negeri.

“Kami akan petakan terus. Bicara zonasi maka harus ada sekolah di situ supaya anak-anak bisa mengakses. Kalau model zonasi, tetapi tidak ada sekolah di situ ya kasihan. Pemerintah harus fair dengan membuat lebih banyak sekolah,” tutur Ganjar.

Salah satu pelajar asal Tawangmangu, Resta Surya, menceritakan kesulitannya mendapatkan sekolah tahun lalu karena terbentur zonasi. Resta dan teman-temannya mendaftar ke SMAN Karangpandan saat itu tetapi tidak diterima.

“Teman-teman saya melanjutkan ke sekolah swasta. Ada juga yang pilih masuk ke pondok pesantren. Susah mendaftar ke sekolah negeri tahun lalu. Sekarang dibangun SMAN di Tawangmangu. Senang, ada sekolah dekat rumah. Biaya sekolah lebih irit. Anak-anak Tawangmangu tidak perlu sekolah jauh karena ada yang lebih dekat di sini,” ujar dia.

Saat ini, Resta dan sejumlah temannya bersekolah di SMA Kelas Jauh. SMA tersebut di bawah pengelolaan SMAN Karangpandan.

Pengelolaan SMA/SMK

Pemprov Jateng mengeluarkan kebijakan darurat untuk memfasilitasi puluhan siswa asal Tawangmangu agar bisa sekolah.
Kala itu, siswa asal Tawangmangu terancam tidak bisa sekolah pada tahun pertama pemberlakukan PPDB dengan sistem zonasi.

Ditemui secara terpisah, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berharap pemerintah pusat bisa mengambil kebijakan strategis terkait pemenuhan pendidikan. Kebijakan tersebut tidak hanya melihat kondisi di wilayah terdekat, tetapi juga hingga daerah.

“Jangan sampai lulusan SMP ini tidak bisa sekolah gara-gara zonasi. Yang terjadi di daerah itu mereka terancam tidak bisa sekolah karena tidak ada sekolah di lingkungan terdekat. Atau ada sekolah terdekat, tetapi mereka tidak masuk zonasi. Urusan pendidikan itu wajib, amanat konstitusi harus mendapat prioritas,” tutur dia saat berbincang dengan wartawan, Selasa (14/6/2021).

Baca juga: Begini Kesiapan 6 SMPN di Karanganyar Gelar PPDB Offline Tahun Ini

Dia juga menyinggung kebijakan pemerintah pusat memindahkan pengelolaan SMA/SMK ke pemprov.

“Saya tidak setuju dengan kebijakan pengelolaan SMA/SMK ke provinsi. Ya betul masih dalam rangkaian negara, tapi kan kontrol evaluasi ini terlalu jauh. Padahal yang sekolah warga Karanganyar,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Alhamdulillah, Belasan RS Kota Solo Dapat Bantuan Oksigen Konsentrator

Belasan rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Solo sudah mendapatkan bantuan oksigen konsentrator dari sejumlah pihak.

Kisah Perempuan Lansia Tunanetra Wonogiri Beli Sapi Kurban Dari Hasil Memijat

Seorang perempuan lansia penyandang tunanetra asal Selogiri, Wonogiri, mampu membeli sapi kurban seorang diri dari hasil memijat.

Lancar Jawab Pertanyaan Panglima TNI, Babinsa Kemlayan Solo Dapat Hadiah Tiket Pendidikan Bintara

Babinsa Kemlayan Solo Koptu Catur Handoko dapat tiket pendidikan bintara setelah berhasil menjawab pertanyaan Panglima TNI dengan lancar.

ASN Solo Penyintas Covid-19 Diminta Donor Plasma Konvalesen

Gibran Rakabuming Raka bakal mewajibkan para ASN penyintas Covid-19 di lingkungan Pemkot Solo untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.

Kabar Duka: Wakil Dekan 2 Pascasarjana UNS Solo Meninggal Karena Covid-19

Wakil Dekan 2 Bidang Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dwi Purnanto meninggal dunia, Minggu (25/7/2021) akibat Covid-19.

Hilang, Penambang Pasir Sukodono Sragen Ditemukan Meninggal di Bengawan Solo

Penambang pasir asal Ngewung, Sukodono, Sragen, yang hilang sejak Sabtu (24/7/2021) ditemukan sudah tak bernyawa pada Minggu (25/7/2021).

Pengumuman! BST Rp600.000 Untuk Warga Solo Dibagikan Mulai Senin

Bantuan sosial tunai atau BST senilai Rp 600.000 untuk warga Solo terdampak Pandemi Covid-19 bakal dibagikan mulai Senin via PT Pos.

Pintu Tol Boyolali Dibuka, Pengalihan Jalan Masih Menunggu Instruksi

Mulai Minggu (25/7/2021) malam, pintu tol Boyolali akan kembali dibuka. Namun untuk penyekatan dan pengalihan jalan di pusat kota masih menunggu instruksi.

Kuatkan Partisipasi dan Solidaritas Masyarakat Wonogiri Hadapi Pandemi

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengajak segenap elemen masyarakat Kabupaten Wonogiri mengeratkan solidaritas dan partisipasi mengatasi pandemi Covid-19.

Mulai Senin, Pedagang Kuliner Karanganyar Boleh Jualan dan Layani Makan di Tempat

Pedagang kuliner di Kabupaten Karanganyar sudah boleh berjualan mulai Senin (26/7/2021) namun dengan sejumlah pembatasan.

Bantu Warga Isoman, Pemerintah Desa Di Wonogiri Siapkan Tabung Oksigen Medis

Pemerintah desa di Kabupaten Wonogiri membeli berbagai peralatan kesehatan termasuk tabung oksigen untuk membantu warga yang isoman.

Bikin Resah, 4 Pelaku Teror Lempar Batu ke Truk Dan Mobil Di Klaten Ditangkap

Polisi menangkap empat orang, tiga di antaranya ABG, pelaku teror lempar batu ke mobil dan truk yang meresahkan di jalanan Klaten.

Sambil Jongkok, Gibran Ngobrol Bareng Pasien Covid-19 di Isolasi Terpusat

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meninjau lokasi isolasi terpusat bergejala ringan di SDN Panularan Laweyan Solo pada Minggu (25/7/2021) sore.

Septic Tank Toilet Pekerja Proyek Pasar Legi Solo Meluber Ke Jalan Kampung, Baunya Ganggu Warga

Warga sekitar proyek pembangunan Pasar Legi Solo terganggu dengan bau kotoran manusia dari septic tank pekerja proyek yang penuh dan meluber.

Mulai Besok! OTG Asal Klaten Dibawa ke Tempat Isolasi Terpusat Kabupaten

OTG di Klaten akan dipindah ke tempat isolasi terpusat di Kabupaten Bersinar. Setelah sebelumnya, OTG dikirim ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Aturan Baru Penyekatan Jalan Solo: Siang Dibuka, Malam Ditutup

Polresta Solo mengeluarkan aturan baru penyekatan jalan yakni dibuka pada siang hari dan malam hari ditutup mulai pukul 20.30 WIB-05.00 WIB.

Bertambah Lagi, Total 138 Pasien Covid-19 Klaten Dibawa ke Asrama Haji Donohudan

Sebanyak 138 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan asal Klaten menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

RSDC Asrama Haji Donohudan Boyolali Ditarget Beroperasi Agustus

Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau persiapan RSDC di Asrama Haji Donohudan Boyolali yang ditarget beroperasi Agustus mendatang.

Nostalgia, Para Atlet Desa Bonyokan Klaten Serasa Nyarter Pesawat ke PON Kalimantan 2008

Warga Bonyokan pernah memenuhi pesawat Garuda Indonesia membela sejumlah daerah berbeda di Tanah Air di ajang PON Kalimantan 2008.

Polisi Sukoharjo Terobos Gang Sempit Pakai Motor Berberonjong Bagikan Sembako

Polisi dari Polsek Sukoharjo Kota berkeliling bagikan paket sembako dan makanan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19 di perkampungan.

Keren! Warga Sumberlawang Sragen Ini Kantongi Rp20 Juta dari Wader dan Petek Waduk Kedung Ombo

Ikan wader dan petek tersebut diambil dari hasil tangkapan nelayan di Waduk Kedung Ombo. Saat ini ada tiga nelayan yang menjadi mitranya.

Waduh, 363 Napi LP Sragen Belum Divaksin Corona Karena Tak Punya KTP

Ratusan napi di Lembaga Pemasyarakatan atau LP Sragen belum bisa divaksin Covid-19 karena terkendala tidak punya kartu tanda penduduk (KTP).

Pemkab Sukoharjo Bentuk Satgas Oksigen, Ini Fungsinya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo membentuk Satuan Tugas (Satgas) Oksigen untuk mengatasi krisis oksigen di tengah lonjakan kasus Corona.

Ngumpul di Kawasan Wisata Sampai Dini Hari, 49 Remaja Digiring ke Polres Karanganyar

Polres Karanganyar sempat mengamankan 49 orang remaja saat sedang berkumpul di sekitar kawasan objek wisata di Kecamatan Tasikmadu.

6 Tahun Jadi Nasabah BRI, Tukang Bakso Asal Tawangsari Sukoharjo Boyong Grandprize Mobil

Tukang bakso asal Tawangsari, Sukoharjo, Sulastri, tak menyangka bakal memboyong grandprize mobil dalam undian Panen Hadiah Simpedes BRI.

Ambulans Klaten Korban Pelemparan Sudah Beroperasi Kembali, Proses Hukum Tetap Berjalan

Mobil ambulans milik Muhammadiyah Klaten yang menjadi sasaran pelemparan batu di Flyover Purwosari belum lama ini sudah beroperasi kembali.

Lika-Liku Penjemputan Warga Positif Covid-19 di Klaten: Pakai 3 Pendekatan untuk Picu Kesadaran

Penjemputan terhadap pasien positif Covid-19 di Klaten merupakan tindak lanjut penerapan manajemen kontingensi oleh Kapolda Jateng.

Pecel Tawangmangu, Kuliner Sehat Kombinasi 11 Sayuran Segar yang Lezat

Kuliner pecel khas Tawangmangu, Karanganyar ini selain lezat juga bergizi tinggi berisi kombinasi 11 sayuran segar berpadu dengan sambal kacang yang nikmat.

5 Formasi CPNS di Wonogiri Ini Sepi Peminat, Yuk Daftar

Lima formasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah sepi peminat menjelang batas akhir pendaftaran.

Jalan di Solo Kapan Dibuka? Ini Kata Kasatlantas

Keputusan pembukaan kembali jalan di Kota Solo yang ditutup selama PPKM Darurat masih belum jelas karena pihak Polresta Solo masih menunggu instruksi pemerintah pusat.

Desa Bonyokan Klaten: Dulu Tempat Berkumpulnya Orang-Orang Bonyok, Kini Rutin Lahirkan Atlet Panahan

Nama Desa Bonyokan sempat dianggap aneh sehingga sempat diusulkan diubah menjadi Subursari pada 1972, namun akhirnya batal.

Keluarga di Sragen Siapkan Rumah untuk Alviano, Bocah Yatim Piatu Gegara Covid-19

Keluarga di Sragen menyiapkan rumah untuk Alviano, bocah yatim piatu setelah kedua orang tuanya meninggal karena Covid-19 di Kaltim.

Asrama Mahasiswa UNS Solo Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri OTG Covid-19

Asrama Mahasiswa UNS di Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Hukuman Dipotong 4,5 Tahun, Mantan Direktur RSUD Sragen yang Tersandung Kasus Korupsi Segera Bebas

Mantan direktur RSUD Sragen yang terlibat kasus korupsi segera bebas karena permohonan kasasi dikabulkan Mahkamah Agung.

Kisah Bagas Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo: Anak Pak Bon SD Asal Klaten & Mantan Atlet Panahan Andalan Jateng

Kisah inspiratif tentang Bagas, atlet panahan Klaten, anak pak bon SD di Jatinom dan mantan atlet pemanah andalan Jateng yang berlaga di Olimpiade Tokyo.

Gawat! Lonjakan Kasus Positif Corona di Klaten Melampaui Kudus

Jumlah kasus Corona aktif di Klaten saat ini dinilai melebihi lonjakn kasus yang sempat terjadi di Kudus beberapa waktu lalu.

Ortu Meninggal karena Covid-19, Bocah Yatim Piatu di Kaltim akan Dibantu Dinsos Sragen

Dinsos Sragen menindaklanjuti informasi adanya bocah berumur 10 tahun, Alviano Dafa Raharjo, yang menjadi yatim piatu karena ortu meninggal karena Covid-19.

Asale Pesanggrahan, Saksi Bisu Kejayaan Kopi di Desa Deles, Klaten pada Zaman Kolonial

Kawasan Pesanggrahan PB X di Deles, Klaten dikenal sebagai tempat yang berkaitan perkebunan kopi sekaligus tempat produksi.

Menengok Desa Bonyokan Klaten, Kampung Pencetak Atlet Panahan Tingkat PON hingga Olimpiade

Dukuh Bonyokan Desa Bonyokan,Jatinom, dikenal sebagai daerah pencetak atlet panahan profesional dalam beberapa tahun terakhir.

Petani Selogiri Ancang-ancang Gunakan Mesin Pompa Air

Kalangan petani di wilayah Kecamatan Selogiri, Wonogiri ancang-ancang memanfaatkan mesin pompa air untuk mengairi lahan pertanian mereka.

3 Dosen UNS Meninggal Dunia, Ini Kata Sang Rektor

Jajaran civitas akademika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar doa bersama untuk tiga dosen yang meninggal, Sabtu malam.

Viral, Pedagang Wedang Ronde di Solo Ini Mirip Jackie Chan

Video pedagang wedang ronde yang disebut mirip dengan aktor laga asal Hong Kong, Jackie Chan, viral dan menjadi sorotan para netizen.

Misteri Warga Newung Hilang Saat Cari Pasir Bengawan Solo

Seorang penambang pasir, Sarwan, 64, warga Dukuh/Desa Newung RT 009, Kecamatan Sukodono, Sragen hilang saat cari pasir di Bengawan Solo.

Datang Lagi, 200 Tabung Oksigen Bantuan Shopee Untuk DKK Solo

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo kembali menerima bantuan sebanyak 200 tabung oksigen dari Shopee Singapura melalui Bandara Adi Soemarmo.

Keren Pol! Pemuda Jatinom Anak Penjaga Sekolah Ini Wakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Pemuda asal Jatinom, Klaten, Alviyanto Bagas Prastyadi, tampil di Olimpiade Tokyo 2020 membela Indonesia di cabang olahraga panahan.

Malaikat Tak Bersayap di Tengah Pandemi Covid-19

Warung Makan Djos Gandhos yang berlokasi di Jirapan Masaran, Gemolong dan Gondang, menyediakan makan siang gratis kepada warga yang isoman dan terdampak PPKM.

PMI Jateng Bantu 8 Ton Oksigen untuk 3 Rumah Sakit di Solo

PMI Jateng membagikan 20 ton oksigen ke sejumlah RS di Jateng. Kota Solo mendapat delapan ton oksigen yang disalurkan ke tiga RS.

ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Kurban di Wonogiri, Ini Alasannya

Perayaan Hari Raya Iduladha 2021, ITS PKU Muhammadiyah Solo dilaksanakan di Dusun Joho, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogori

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Masyarakat Desa di Wonogiri Dilatih Tata Cara Pemakaman Jenazah Covid-19

BPBD Wonogiri melatih masyarakat sebagai sukarelawan pemakaman jenazah menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Tiga dosen UNS Solo meninggal pada Jumat-Sabtu (23-24/7/2021). Ketiga merupakan dosen-dosen terbaik.

Waduh, Agenda Kunjungan Panglima TNI ke Solo Mendadak Ditunda

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Solo ditunda besok.

Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga sehingga prosesnya sangat cepat.

Tahun 2020, Ada 374 Pernikahan Anak di Bawah Umur di Sragen

Terjadi penurunan jumlah pernikahan dini di Sragen pada 2020. Meski demikia, angkanya masih tinggi.

Yang Ditunggu-tunggu, BST Mei-Juni 2021 untuk 30.806 Keluarga di Sragen Segera Cair

Pencairan BST di Sragen menunggu hasil verifikasi data dan akan dicairkan dengan dua metode, yakni pengantaran dan pembayaran pada komunitas mikro.

Solo Istimewa, Tarik Banyak Pejabat Jakarta Datang

Pengamat politik, Agus Riewanto, menyebut faktor Presiden Jokowi menjadi salah satu alasan banyak pejabat yang berkunjung ke Kota Solo.

Parpol dan TNI/Polri Ramai-Ramai Bantu Warga Solo Terdampak PPKM Darurat

Selain menyasar petugas parkir dan penarik becak, bantuan sembako akan diberikan juga kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

3 Pekan Berturut-Turut Panglima TNI Kunjungi Solo, Ada Apa Ya?

Kunjungan pertama ke Solo dilakukan Panglima TNI bersama Kapolri, Jumat (9/7/2021), untuk mengecek Pos PPKM Darurat di Simpang Tiga Faroka.

Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

Warga Wonogiri yang tengah menjalani isolasi mandiri alias isoman dan membutuhkan pasokan pangan bisa mendapatkan bantuan pangan secara gratis.

Awalnya Waswas Ada Patroli, Penjual Siomai Boyolali Senang Dapat Sembako dari Polisi

Bantuan dibagikan langsung oleh polisi kepada warga yang pada Jumat malam masih beraktivitas berjualan di wilayah Boyolali.

PPKM Pukul Bisnis Hotel Soloraya, dari Okupansi Anjlok hingga Hotelier Unpaid Leave

PPKM berdampak besar pada okupansi kamar hotel, pembatalan event, hingga membuat para hotelier kembali harus mengalami unpaid leave.

Malam-Malam Kapolres dan Dandim Klaten Antarkan Bantuan ke Rumah Warga Terdampak Pandemi

Kapolres dan Dandim berangkat bersama dengan diiringi sejumlah anggota dari Mapolres Klaten menyusuri jalan di kawasan perkotaan.

Tetap Waspada! 43 Desa Di Karanganyar Endemis Demam Berdarah

Sebanyak 43 desa di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar terkategori sebagai wilayah endemis demam berdarah dengue atau DBD

Percepat Vaksinasi Covid-19, Polres Sukoharjo Gandeng Mahasiswa Jadi Sukarelawan

Polres Sukoharjo menggandeng puluhan mahasiswa tingkat akhir dari sejumlah perguruan tinggi menjadi sukarelawan vaksinasi Covid-19.

Polisi Periksa 6 Saksi Kasus Suami Pasien Corona Ancam Nakes RSUD Ngipang Solo

Penyidik Polresta Solo sudah memanggil enam orang saksi dalam kasus suami pasien corona ancam nakes RSUD Ngipang, Banjarsari.

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Peningkatan jumlah sampel pengujian menjadi pilihan paling logis untuk mengetahui persebatan Covid-19. Dinas Kesehatan Boyolali meningkatkan pengujian menjadi satu per 1.000 tiap pekan.

Ketimbang Uang, PKL Karanganyar Pilih Ini Untuk Kompensasi PPKM Darurat

Pedagang kaki lima atau PKL di Karanganyar berharap pemerintah tidak membuat kebijakan yang bikin pedagang tidak produktif saat PPKM darurat.

Siswa SMP di Boyolali Jadi Sasaran Vaksinasi, Bupati: Semoga Kasus Covid-19 Usia Remaja Turun!

Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali mulai menyasar siswa. Tahap pertama dilakukan di SMP Negeri 1 Boyolali, Jumat (23/7/2021).

Rel Layang Joglo Solo Bakal Dilengkapi Underpass, Kapan Mulai Dibangun?

Proyek pembangunan rel layang di simpang tujuh Joglo di Kecamatan Banjarsari, Solo, akan dilengkapi underpass di beberapa titik.

Kasus Covid-19 Diklaim Turun, Bupati Boyolali: Protokol Kesehatan Tak Boleh Kendur

Penambahan jumlah kasus Covid-19 Boyolali diklaim sudah menurun namun Bupati tetap menekankan agar protokol kesehatan tak boleh kendur.

Inspiratif! Petani Muda Jatipurno Wonogiri Bagi-bagi 5.000 Bibit Sayuran untuk Warga Terdampak Covid-19

Seorang petani muda asal Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Tarmin berdonasi 5.000 bibit tanaman untuk warga terdampak Covid-19.

Tes Harian Covid-19 Solo Tertinggi Ketiga Se-Indonesia, Gibran: Iya, Terima Kasih...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengomentari data tes harian Covid-19 Solo yang masuk peringkat ketiga tertinggi nasional.

Pentingnya Literasi Digital Agar Anak Jadi Sehat dan Tangguh

Ada dua pekerjaan rumah (PR) agar anak menjadi generasi sehat dan tangguh yang harus dicarikan solusinya, salah satunya literasi digital.

Bansos PPKM Darurat Untuk Pedagang Belum Ditentukan, Disdag Solo: Yang Penting Didata Dulu

Dinas Perdagangan Kota Solo sudah mulai mendata pedagang untuk pemberian kompensasi atau bansos PPKM darurat dan level 4.

Yeay, Puluhan Ribu KPM Karanganyar bakal Dapat Bantuan Tambahan Beras

Berdasarkan data yang dimiliki Dinsos Karanganyar, penerima tambahan bantuan beras merupakan keluarga penerima manfaat dari PKH dan BST.

RSST Klaten Dapat Bantuan Oksigen, Cukup untuk Kebutuhan 15 Jam

Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten mendapatkan bantuan oksigen medis. Bantuan oksigen itu berasal dari salah satu BUMN.

Kurang dari Sebulan, 1.337 Jenazah di Klaten Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 oleh Tim Kubur Cepat Kamboja Klaten selama kurang dari sebulan terakhir naik signifikan.

Tips Agar Anak Terhindar dari Kekerasan Saat Di Rumah Saja

Anak rentan menerima kekerasan baik fisik maupun psikis dari orang tua juga dari dunia maya, karena penggunaan gawai yang minim kontrol.

Partai Demokrat Sragen Buka Hik Gratis Untuk Warga, Ini Lokasinya

DPC Partai Demokrat Sragen membuka warung hik gratis bagi warga selama lima hari ke depan untuk membantu meringankan beban akibat pandemi.

Viral Warung Loji Lawas Solo Pasang Banner Tak Ada Yang Beli, Polisi Langsung Menyerbu

Warung kopi Loji Lawas Food and Caffee di Laweyan, Solo, viral setelah memasang banner minta aparat beli makanan secara takeaway.

Tempat Hiburan Malam di Sragen Disebut Kafe Lethong, Ternyata Begini Ceritanya

Kios di Sragen dibongkar oleh Satpol PP belum lama ini karena disalahgunakan sebagai tempat hiburan malam yang dikenal sebagai Kafe Lethong.

Respons Aduan PKL, Pemkab Sukoharjo Bareng Baznas Salurkan 5.010 Paket Sembako

Bantuan paket sembako diberikan dengan harapan meringankan beban para PKL Sukoharjo terdampak PPKM Darurat dan kini menjadi Level 4.

Tersenggol Truk Boks, Mobil Isuzu Panther Nyungsep Ke Selokan Di Jalan Solo-Semarang Boyolali

Mobil Isuzu Panther nyungsep ke selokan Jalan Solo-Semarang, Teras, Boyolali, setelah tersenggol truk boks yang menghindari mobil lain.

Catat Lur! Masa Pendaftaran CPNS dan PPPK di Karanganyar Diperpanjang

Masa pendaftaran formasi CPNS dan PPPK di Karanganyar diperpanjang dari semula Rabu (21/7/2021) menjadi hingga Senin (26/7/2021).

Tantangan Membangun Generasi Sehat dan Tangguh di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak, sehingga upaya membangun generasi sehat dan tangguh menjadi pekerjaan rumah (PR) orang tua.

Ratusan Napi dan Tahanan Sragen Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Ratusan narapidana (napi) dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Sragen menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat (23/7/2021).

Kasus Covid-19 di Klaten Meroket, Penanganannya Disamakan dengan Kudus

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, angkat bicara terkait meroketnya kasus Covid-19 di Klaten. Ganjar menyebut penanganannya akan sama dengan Kudus beberapa waktu lalu.

Mulia, Warung Makan di Sragen Ini Gratiskan Makan Siang untuk Warga Isoman & Terdampak Covid-19

Warung Makan Djos Gandhos di Jirapan Masaran, Gemolong dan Gondang, Sragen, menyediakan makan siang gratis untuk warga yang sedang isoman di rumah dan warga terdampak PPKM.

Nama Sekda Sragen Dicatut Penipu, Pelaku Minta Cashback Dana Bansos

Nama Sekda Sragen, Tatag Prabowo, dicatut penipu yang meminta cashback dana bansos Covid-19.

IKA UNS Bergotong Royong Bantu Penanganan Covid-19

IKA UNS menggelar kegiatan “IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19” yang akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

Viral! Pelanggan Anjlok Selama PPKM Darurat, Warung Kopi di Solo Pasang Banner Sebut-Sebut Aparat

Loji Lawas dan Loji Kopi, Laweyan, Solo, dalam beberapa terakhir sempat viral menyusul mmt yang terpasang di depan warung kopi itu.

Waspada! Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Sukoharjo

Persebaran Covid-19 varian Delta ditemukan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Aksi Polresta Solo Kirim Makanan untuk Nakes dan Salurkan Beras ke Warga

Polresta Solo merespons curhatan nakes yang kesulitan mencari makan malam karena penjual makanan tutup pada pukul 20.00 WIB selama PPKM Darurat.

Lagi Jadi Perbincangan, Tugu Perbatasan Sukoharjo, Wonogiri dan DIY Ini Simpan Kisah Misteri

Karena bentuknya yang unik, tugu perbatasan Sukoharjo, Wonogiri dan DIY atau Tugu Jati Bedug ini menyimpan kisah misteri legendaris.

Klaten Kirim 50 Pasien Positif Covid-19 ke Asrama Haji Donohudan

Puluhan pasien Covid-19 Klaten yang dikirim ke Donohudan berjenis kelamin laki-laki, berusia muda, dan tergolong orang tanpa gejala (OTG).

500 Aparat Keamanan Diterjunkan Jemput Paksa Pasien Covid-19 di Klaten

Sebanyak 500 aparat keamanan diterjunkan guna menjemput paksa pasien Covid-19 di Klaten, Jumat (23/7/2021).

Peternak Ayam Boyolali Keluhkan Permintaan Pasar Menyusut Gegara PPKM

Dengan adanya PPKM, penyerapan pasar terhadap hasil panen peternakan ayam Boyolali lebih rendah sehingga masa panen pun sampai mundur dua pekan.

Ada 750 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Warga Karanganyar 12 Tahun ke Atas, Ini Cara Daftarnya

Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum berusia di atas 12 tahun di Karanganyar tersebut akan dilaksanakan mulai Senin (26/7/2021).