Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

Siswa dan ortu tidak bisa memilih sekolah favorit lewat jalur zonasi, sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa dengan kriteria tertentu.

Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

SOLOPOS.COM - Ketua BAN-S/M, Toni Toharudin, saat menyampaikan materi kepada peserta dan mentor FJP 2021 Batch 2 melalui aplikasi Zoom, Selasa (15/6/2021). (Istimewa/Dokumentasi Panitia FJP 2021 Batch 2)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kebijakan pemerintah menerapkan sistem zonasi pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) diharapkan bisa “memaksa” sekolah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu tenaga pendidikan.

Namun sebagai efek samping yang buruk, kebijakan zonasi bisa mengancam nasib lulusan pendidikan dasar yakni sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat.

Mereka terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah atas, yakni sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), maupun sederajat.

Baca juga: Sipp Pakde, Cara BKD Karanganyar Cegah Kebocoran Potensi Pajak Daerah

Salah satu penyebabnya belum tersedia fasilitas pendidikan dalam zonasi terdekat dengan rumah peserta wajib belajar. Sementara sekolah yang ada dalam jangkauan transportasi termudah berada dalam zonasi di luar wilayah administrasi pemerintahan tempat mereka tinggal. Efek samping negatif ini juga dituturkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tujuan Baik Zonasi

Tujuan baik zonasi yang “memaksa” sekolah supaya berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu tenaga pendidikan itu disampaikan oleh Ketua Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Toni Toharudin, dalam bincang-bincang tentang akreditasi sekolah di depan 15 peserta dan mentor Fellowship Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan Jurnalisme (GWPP) Batch 2 secara virtual, Selasa (15/6/2021).

Dalam bincang-bincang yang dipandu oleh Direktur Eksekutif GWPP Nurcholis M Basyari, Toni menyampaikan materi Pentingnya Penjaminan Mutu Pendidikan Guna Meningkatkan Daya Saing Global Menuju Sumber Daya Manusia Indonesia Emas 2045.
Toni membuka diskusi dengan memaparkan data dalam bentuk grafik statistik.

Salah satunya, Toni menyebut persentase sekolah akreditasi A dan B tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA/SMK untuk sekolah umum maupun madrasah meningkat pada periode tertentu, tahun 2015-2019.

“[Di sisi lain] grafik ujian nasional tahun 2015-2019 menurun. Setelah itu naik lagi karena diberlakukan ujian tulis berbasis komputer, tetapi secara general menurun. Capaian PISA [Programme for International Student Assesment] dari waktu ke waktu, 2003-2015, menurun. Grafik ini membuat BAN-S/M merefleksi terhadap data empirik,” tutur dia.

Baca juga: 10 SMK Negeri Terbaik Nasional, Soloraya Juga Masuk Daftar

Salah satu bentuk refleksi adalah BAN-S/M di bawah pimpinan Toni berkomitmen mereformasi sistem akreditasi. Dia melihat kualitas pendidikan agak lamban dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

“Reformasi sistem akreditasi terdahulu tidak menggunakan platform dashboard monitoring untuk mengontrol kualitas sekolah/madrasah dari waktu ke waktu. Reformasi lain tentang perubahan paradigma instrumen yang dulu berbasis complaint [aduan] sekarang performance [prestasi],” jelas dia.

BAN-S/M berkeyakinan penerapan sistem akreditasi menggunakan instrumen prestasi atau performance dapat memacu sekolah/madrasah meningkatkan mutu kualitas pendidikan.

Persoalan muncul saat pemerintah pusat menggunakan pendekatan zonasi untuk PPDB. Pada awal kemunculan, masyarakat menanggapi beragam kebijakan itu. Rata-rata menilai zonasi merugikan siswa dengan kemampuan di atas rata-rata dan sekolah berlabel favorit.

Siswa dan orangtua tidak bisa memilih sekolah dalam kategori favorit saat mendaftar melalui jalur zonasi. Sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa yang diterima akan memiliki kriteria nilai dan kemampuan tertentu.

Sekolah Meningkatkan Akreditasi

Di sini, Toni memiliki pandangan berbeda perihal kebijakan pemerintah menerapkan zonasi. Dia melihat dari kacamata akselerasi kualitas pendidikan.

“Kami, lembaga akreditasi gembira dengan penerapan zonasi. Dengan zonasi malah memotivasi sekolah di zona tertentu untuk meningkatkan akreditasi. Sekolah yang belum berlabel favorit akan termotivasi meningkatkan kualitas,” ujarnya optimistis.

Toni juga mengakui langkah pemerintah menerapkan zonasi ini menimbulkan konsekuensi. Idealnya, kata dia, pemerintah bisa menerapkan zonasi saat standar kualitas pendidikan di Indonesia sudah setara.

Tetapi, dia juga menilai bahwa pemerintah tidak bisa menunggu kualitas pendidikan standar terlebih dahulu kemudian menerapkan zonasi.

Baca juga: Jalan Solo Purwodadi Dicor Bikin Macet, Bus Masuk Kampung Cari Jalur Alternatif

Menurut dia, strategi itu membutuhkan proses panjang dan waktu lama untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Sekolah favorit menjadi tidak luar biasa. Saya juga lihat orang tua menjadi tidak melulu memiliki keinginan memasukkan anak ke sekolah favorit. Menurut kami program zonasi sangat baik. Bisa memacu sekolah meningkatkan kualitas,” tutur dia.

Untuk itu, Toni menyebut pemerintah daerah memiliki andil dalam usaha memenuhi standar kualitas sekolah yang belum berlabel favorit menjadi nyaris setara dengan sekolah favorit. Tujuannya agar masyarakat tidak was-was menyekolahkan anaknya ke sekolah terdekat.

“Pemerintah menyebarkan guru-guru berkualitas ke seluruh sekolah yang kualitasnya masih di bawah rata-rata. Sekarang mulai diimpelemtasikan. Jadi nanti masyarakat mau sekolah dimanapun akan sama. Ya dalam proses ada hambatan. Tetapi, kami berkomitmen dengan zonasi bisa menstandarkan kualitas sekolah. Kalau dijalankan dengan baik maka kesadaran orang tua akan makin baik,” jelas dia.

Baca dia: 45 Calon TKI Asal Karanganyar Dapat Rekomendasi dari Disdagnakerkop, Langsung Berangkat?

Kebijakan zonasi juga diharapkan membawa dampak positif bagi guru dan tenaga pendidik. Mereka tidak lagi bergantung pada label favorit saat PPDB.

“Dulu siswanya terpilih, sekarang diisi siswa terdekat sekolah sehingga variasi [kemampuan siswa] tinggi. Dulu guru mudah mengajar karena input bagus, sekarang guru harus punya upaya kuat supaya hasilnya berkualitas. Harapannya demikian,” jelasnya.

Akses Fasilitas

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melihat kebijakan zonasi dari sudut pandang lain, yaitu standar pemenuhan fasilitas pendidikan hingga tingkat daerah. Faktanya, akses masyarakat ke fasilitas pendidikan ini belum merata di sejumlah daerah di Jateng. Terutama pemenuhan fasilitas pendidikan pada jenjang pendidikan menengah, seperti SMA, SMK, dan sederajat.

Dampak nyata di depan mata terkait hal itu adalah lulusan sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat terancam tidak bisa melanjutkan sekolah karena tidak memenuhi syarat zonasi. Contoh nyata di kawasan wisata Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kecamatan Tawangmangu menjadi salah satu dari beberapa kecamatan di Jawa Tengah (Jateng) yang belum memiliki sekolah menengah negeri. Biasanya, lulusan SMP di Tawangmangu mendaftar ke SMA/SMK negeri terdekat, salah satunya SMAN Karangpandan.

Sayangnya, pemberlakuan zonasi membuat pelajar asal Tawangmangu kesulitan. Tempat tinggal mereka tidak termasuk zonasi SMAN Karangpandan.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Karanganyar Kembali Terapkan Hajatan Banyumili

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng berupaya merealisasikan pemenuhan akses masyarakat ke fasilitas pendidikan secara bertahap, seperti pada Sabtu (12/6/2021), Gubernur Jateng mengawali pembangunan SMAN Tawangmangu.

Kala itu, Ganjar Pranowo menyampaikan kebanggaannya sebagai orang yang lahir di Tawangmangu. Dia berharap SMAN Tawangmangu bisa mulai beroperasi tahun depan.

“Waktu [saya] kecil, belum ada SMA. Bismillah, hari ini kami bulatkan tekad membangun. Ini tanah Pemprov Jawa Tengah. Mudah-mudahan tahun ini selesai sehingga tahun ajaran 2022 bisa dipakai," kata Ganjar.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu menyebut SMAN Tawangmangu akan menjadi sekolah percontohan center of excellence. Tetapi, Ganjar menyebut prioritas pembangunan bukan hanya gedung yang futuristik dengan pemandangan Gunung Lawu.

“Ini akan jadi model bahwa di lereng Gunung Lawu ada sekolah yang melahirkan anak-anak hebat. Kami harapkan tidak hanya desain arsitektur yang futuristik, tapi konsep, kurikulum, dan guru-guru akan disiapkan menjadi satu model center of excellence sejak dari awal,” ungkap dia.

Baca juga: Bakal Punya Bangunan Futuristik, SMAN Tawangmangu Jadi Percontohan Center Of Excellence

Selain Tawangmangu, Ganjar menjelaskan Pemprov Jateng masih akan membangun sejumlah SMA/SMK di wilayah lain. Dua di antaranya di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Purbalingga.

Di dua kabupaten itu, menurut Ganjar, masih ada kecamatan yang belum memiliki SMA/SMK negeri.

“Kami akan petakan terus. Bicara zonasi maka harus ada sekolah di situ supaya anak-anak bisa mengakses. Kalau model zonasi, tetapi tidak ada sekolah di situ ya kasihan. Pemerintah harus fair dengan membuat lebih banyak sekolah,” tutur Ganjar.

Salah satu pelajar asal Tawangmangu, Resta Surya, menceritakan kesulitannya mendapatkan sekolah tahun lalu karena terbentur zonasi. Resta dan teman-temannya mendaftar ke SMAN Karangpandan saat itu tetapi tidak diterima.

“Teman-teman saya melanjutkan ke sekolah swasta. Ada juga yang pilih masuk ke pondok pesantren. Susah mendaftar ke sekolah negeri tahun lalu. Sekarang dibangun SMAN di Tawangmangu. Senang, ada sekolah dekat rumah. Biaya sekolah lebih irit. Anak-anak Tawangmangu tidak perlu sekolah jauh karena ada yang lebih dekat di sini,” ujar dia.

Saat ini, Resta dan sejumlah temannya bersekolah di SMA Kelas Jauh. SMA tersebut di bawah pengelolaan SMAN Karangpandan.

Pengelolaan SMA/SMK

Pemprov Jateng mengeluarkan kebijakan darurat untuk memfasilitasi puluhan siswa asal Tawangmangu agar bisa sekolah.
Kala itu, siswa asal Tawangmangu terancam tidak bisa sekolah pada tahun pertama pemberlakukan PPDB dengan sistem zonasi.

Ditemui secara terpisah, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berharap pemerintah pusat bisa mengambil kebijakan strategis terkait pemenuhan pendidikan. Kebijakan tersebut tidak hanya melihat kondisi di wilayah terdekat, tetapi juga hingga daerah.

“Jangan sampai lulusan SMP ini tidak bisa sekolah gara-gara zonasi. Yang terjadi di daerah itu mereka terancam tidak bisa sekolah karena tidak ada sekolah di lingkungan terdekat. Atau ada sekolah terdekat, tetapi mereka tidak masuk zonasi. Urusan pendidikan itu wajib, amanat konstitusi harus mendapat prioritas,” tutur dia saat berbincang dengan wartawan, Selasa (14/6/2021).

Baca juga: Begini Kesiapan 6 SMPN di Karanganyar Gelar PPDB Offline Tahun Ini

Dia juga menyinggung kebijakan pemerintah pusat memindahkan pengelolaan SMA/SMK ke pemprov.

“Saya tidak setuju dengan kebijakan pengelolaan SMA/SMK ke provinsi. Ya betul masih dalam rangkaian negara, tapi kan kontrol evaluasi ini terlalu jauh. Padahal yang sekolah warga Karanganyar,” tuturnya.

Berita Terkait

Espos Premium

"Teater" Memperkuat Korupsi

Pengurangan hukuman eks jaksa Pinangki Sirna Malasari dan Djoko Soegiarto Tjandra di tingkat banding kontraproduktif terhadap gerakan pemberantasan korupsi.

Berita Terkini

Turis Inggris Emosi Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Mahal

Harga tiket yang diberikan bagi warga lokal di Candi Borobudur seharga Rp50.000 namun untuk wisatawan asing, harganya bisa mencapai Rp350.000.

1 Perawat RSUD Wonogiri Gugur Kena Covid-19, Penghormatan Terakhirnya Bikin Terharu

Penghormatan terakhir untuk perawat RSUD Wonogiri yang meninggal karena Covid-19 pada Senin (2/8/2021) berlangsung penuh haru.

Innalillahi, Nakes RSUD Wonogiri Meninggal Dunia karena Terpapar Covid-19

Salah satu nakes RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Agus Trisilo, 47, meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19, Senin (2/8/2021).

Ganjar Instruksikan Bupati Pemalang Perbaiki Jalan Rusak

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan kepada Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo untuk segera memperbaiki jalan antarkabupaten di Pemalang.

Kampus UNS Solo Janji Beri Keringanan & Kelonggaran Waktu Bayar UKT, Mahasiswa Jangan Khawatir

Pihak kampus UNS Solo berjanji memberikan keringanan dan kelonggaran waktu pembayaran UKT bagi mahasiswa.

Heboh Sumbangan Rp2 Triliun Akidi Tio yang Ternyata Bohong, Ini Fakta-Fakta Menariknya

Sumbangan keluarga mendiang Akidi Tio Rp2 triliun ke Kapolda Sumsel menarik perhatian publik. Banyak fakta yang mencuat sebelum diketahui bahwa sumbangan itu bohong belaka.

Siswa Jadi Yatim Piatu karena Ortu Meningal Terpapar Covid-19, SMPN 1 Jogonalan Klaten Siapkan Bantuan

Seorang siswa SMPN 1 Jogonalan Klaten, AF, menjadi yatim piatu lantaran ayah dan ibunya meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

19 Nyawa Melayang Sia-Sia, Tokoh Ini Minta Operasi Jebakan Tikus di Sragen Digalakkan

Terhitung sejak Juli 2019 hingga Juli 2021, terdapat 19 korban jiwa akibat jebakan tikus yang dipasang petani di area persawahan di Sragen.

Demi Keberlangsungan Bisnis, Pengusaha Berharap PPKM di Jakarta Turun ke Level 3

Pengusaha di Ibu Kota, berharap (PPKM) di DKI Jakarta bisa turun ke Level 3 guna mendukung kelangsungan usaha.

Asyik Judi Dadu Lewat Handphone, 5 Warga Banjarsari Solo Diciduk Polisi

Tim Sparta Polresta Solo menangkap lima orang warga Setabelan, Banjarsari, Solo, yang melakukan judi jenis dadu, Minggu (1/8/2021) malam.

Agustus Perayaan HUT RI, Kapolresta Solo Peringatkan Jangan Berkerumun!

Kapolresta Solo bakal menerjunkan patroli khusus ke perkampungan untuk mengantisipasi kerumunan malam tirakatan maupun potensi kerumunan lainnya.

Soal Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19 di Solo, Sukarelawan Sukoharjo Pastikan Gratis

Sukarelawan TRC 19 Sukoharjo memastikan pemakaman jenazah korban Covid-19 tidak dipungut biaya alias gratis.

Profil Greysia Polii, Pebulu Tangkis Sahabat Agnez Mo yang Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Ini dia serangkaian profil dari atlet bulu tangkis Greysia Polii yang berhasil meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu.

Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani Jaga Tradisi Emas Indonesia

Pada Olimpiade Rio 2016, Indonesia meraih medali emas juga dari cabor bulu tangkis melalui pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Tragis! Ayah dan Ibu Meninggal Dunia karena Corona, Bocah Klaten Mendadak Jadi Yatim Piatu

Salah seorang siswa kelas VIII di SMPN 1 Jogonalan Klaten mendadak menjadi anak yatim piatu setelah ayah dan ibunya meninggal dunia karena terpapar virus Corona.

"Teater" Memperkuat Korupsi

Pengurangan hukuman eks jaksa Pinangki Sirna Malasari dan Djoko Soegiarto Tjandra di tingkat banding kontraproduktif terhadap gerakan pemberantasan korupsi.

Sumbangan Rp2 Triliun Bohongan: Tidak Hanya Anak Bungsu, Dokter Keluarga Akidi Tio Juga Dijemput Polisi

Dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Darmawan, ikut dijemput aparat Polda Sumsel soal sumbangan Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio yang belakang terbukti bohongan.

Kisah Misteri Eyang Watu, "Penunggu" Pasar Kota Sragen yang Keramat!

Kisah misteri kali ini tentang sosok Eyang Watu yang dianggap sebagai penunggu Pasar Kota Sragen, Jawa Tengah.

Beri Selamat Greysia/Apriyani, Jokowi: Emas Olimpiade Tokyo 2020 Kado Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Presiden Joko Widodo mengatakan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 yang diraih ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu merupakan kado istimewa menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus.

Dana Bansos Tak Tepat Sasaran, Kades di Klaten Mumet Wadul ke Gubernur Ganjar

Seorang kepala desa di Klaten curhat kepada Gubernur Jateng soal penyaluran dana bansos yang dinilai tidak tepat sasaran.

Profil Apriyani Rahayu, Pasangan Greysia Polii yang Berhasil Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Ini dia berbagai profil menarik nan lengkap dari partner Greysia Polii, Apriyani Rahayu yang berhasil meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Penjualan Sapi Online di Wonogiri Justru Meningkat Saat PPKM, 2 Hari 50 Ekor Ludes!

Di tengah penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, penjualan sapi secara online di Wonogiri justru meningkat.

FOTO : Bulutangkis Ganda Putri Greysia/Apriyani Raih Emas Olimpiade

ebulutangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii / Apriyani Rahayu ( Greysia / Apriyani ) meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Prajurit TNI Datangi Rumah Warga Isoman di Klaten untuk Bagikan Paket Obat

Pendistribusian obat untuk warga yang menjalani isoman langsung dilakukan prajurit TNI Kodim Klaten dengan mendatangi warga bersangkutan.

Baliho Puan Maharani Mejeng di Jalanan Se-Indonesia, PDIP Sebut Ekspresi Kegembiraan

PDIP menegaskan baliho Puan Maharani yang mejeng di berbagai wilayah di Indonesia tidak bermuatan politis, melainkan ekspresi kebahagiaan.

Sumbangan Akidi Tio Senilai Rp2 Triliun Bohongan, Heriyanti Dijemput Aparat Polda Sumsel

Polda Sumsel menjemput putri bungsu Akidi Tio, Heriyanto, terkait sumbangan Rp2 triliun yang belakangan diketahuin bohong.

Alhamdulillah! Bantuan Beras Mulai Disalurkan di Karanganyar

Dinsos Karanganyar mulai membagikan bantuan tambahan beras sebanyak 10 kg untuk setiap KPM PKH dan bantuan sosial tunai (BST) di Karanganyar.

Menkes Budi Gunadi Heran Pasien Covid-19 di RS Kini Lebih Cepat Meninggal

Keterlambatan penanganan diakui Menkes Budi Gunadi Sadikin sebagai salah satu penyebab tingginya angkat kematian pasien Covid-19 di RS.

Josss… Pemilik Bengkel di Ceper Klaten Ini Sediakan Oksigen & Ambulans Gratis untuk Warga

Seorang pemilik bengkel di Kecamatan Ceper, Klaten, membagikan oksigen dan menyediakan ambulans gratis bagi warga yang membutuhkan.

FOTO : KAI Hadirkan Livery Khusus, Sambut HUT Kemerdekaan RI

Lokomotif dan gerbong kereta api tampak dipasang liasan atau hiasan tulisan PT KAI dengan latar warna merah untuk menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

Mempersempit Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Klaten Gencarkan Operasi dan Edukasi

Upaya pemberantasan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Bersinar selama ini terus digencarkan, dari operasi hingga edukasi dilakukan ke berbagai wilayah pelosok.

Raih Emas, Indonesia Naik Posisi 34 Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia naik ke posisi 34 dalam klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020 dengan 1 emas, 1 perak, 1 perunggu.

Luar Biasa! Greysia Polii/Apriyani Rahayu Persembahkan Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Greysia/Apriyani membukukan sejarah bagi Indonesia seusai menumbangkan pasangan China Chen Qingchen/Jia Yi Fan 21-19 21-15 pada laga final ganda putri cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Hidup Menyendiri, Pria Kulonprogo Ini Ditemukan Sudah Meninggal Dunia di Rumah

Pria paruh baya yang tinggal sendirian di Kulonprogo ditemukan meninggal dengan mulut berdarah.

Fadli Zon Komentari Baliho Puan Maharani: Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik & Benar

Fadli Zon mengoreksi tulisan pada baliho Puan Maharani yang dinilai tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dandim Karanganyar Bujuk OTG Jalani Isolasi di Tempat Isolasi Terpusat

Satgas Covid-19 Karanganyar tidak ingin muncul kasus pasien isolasi mandiri yang berakhir meninggal karena kurangnya pemantauan.

Sleman Catat Rekor Kematian Pasien Covid-19 Tertinggi Pada Juli, Tembus 1.390 Orang

Bulan Juli 2021 menjadi puncak tingginya kasus kematian pasien Covid-19 di Sleman.

Wacana “End Game Jokowi” Harusnya “End”

So much so, dengan kondisi saat ini, saya pikir menggulingkan pemerintahan terpilih justru akan berpeluang besar melahirkan kediktatoran baru seperti di Myanmar atau rezim Al Sisi di Mesir.

Pengakuan Nobu di Balik Video Seks 19 Detik Bareng Gisel

Michael Yukinobu Defretes mengaku sempat takut menceritakan skandal video seks bareng Gisel kepada pacarnya.

Duh Duh Duh, Pose Raisa di Instagram dengan 2 Kancing Baju Dibuka Bikin Heboh

Foto dan pose penyanyi Raisa Andriana di Instagram miliknya dengan dua kancing bajju terbuka bikin gagal fokus. Ini fotonya.

Mendadak Kurangi Kecepatan, Wanita Pengendara Matik Ini Ditabrak Moge Hingga Meninggal Dunia

Remaja 17 tahun pengendara moge menabrak wanita pengendara sepeda motor matik yang mendadak mengurangi kecepatan karena mau berbelok.

Perluas Jangkauan kepada Pelanggan, Cerita Roti Buka 406 Gerai di Indonesia

Cerita Roti merupakan brand makanan pertama sekaligus menjadi milestone masuknya Kopi Kenangan Group ke industri makanan Tanah Air.

Benarkah Labu Kuning Bisa untuk Obat Covid?

Beredar informasi yang menyebutkan labu kuning bisa digunakan untuk obat virus corona atau Covid. Benarkah informasi tersebut?

Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS 2021

Simak cara cek pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2021.

Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga untuk 4.000 Nakes Boyolali Rencana Agustus Ini

Nakes yang akan menjadi sasaran vaksinasi ketiga di Boyolali sekitar 4.000 orang, difokuskan pada nakes yang menjalankan pelayanan langsung.

4.000 Nakes di Boyolali Disasar Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga

Sekitar 4.000 nakes di Boyolali bakal mendapat jatah vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.

Ikatan Cinta 2 Agustus 2021: Siasat Mama Sarah Agar Elsa Tak Dipenjara, Korbankan Dirinya Lagi?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 2 Agustus 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Heboh Cuitan Viral Mati Corona ala Madura, Ini Maksudnya!

Cuitan Pengurus Harian LP Ma'arif NU Jatim, Firman Syah Ali, tentang mati corona ala Madura viral di media sosial.

Baliho Puan Maharani di Mana-Mana, PDIP Sudah tentukan Capres?

Para anggota DPR dari PDIP memasang baliho Puan Maharani di berbagai daerah di Indonesia.

Profil Dokter Reisa Broto Asmoro, Jubir Covid-19 yang Juga Bergelar Keraton Solo

Ini dia deretan profil terlengkap dari Juru Bicara Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro yang juga bergelar Keraton Solo.

Senam hingga Berjemur, Inilah Aktivitas Warga di Tempat Isolasi GOR Gelarsena Klaten

GOR gelarsena Klaten telah ditetapkan sebagai salah satu tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten dan di dalamnya tersedia 101 tempat tidur.

Ini Spesifikasi Trio Ponsel Baru Motorola, Rilis Bulan Ini

Motorola rilis tiga smartphone terbarunya, Edge 20 Pro, Edge 20, dan Edge 20 Lite.

Tidak Cuma Jual Air Literan, PDAM Jogja Juga Kini Jual Air Minum Dalam Kemasan

PDAM Tirtamarta Kota Jogja berinovasi dengan meluncurkan produk air minum dalam kemasan (AMDK) Ayo.

Roebiono Kertopati, Dokter yang Jadi Pakar Sandi Intelijen

Roebiono Kertopati mendapat julukan dan gelar resmi sebagai Bapak Persandian Indonesia.

Sinergi PLN dan RS Bhayangkara Semarang Adakan 1.000 Vaksin

PLN menggandeng RS Bhayangkara Semarang melaksanakan 1.000 vaksin untuk pegawai dan tenaga alih daya di lingkungan unit induk PLN dan anak perusahaan di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Semangat Berburu Kursus Online Sembari WFH di Masa Pandemi

Modal peserta kursus online gratis yakni jaringan internet lancar, betah di depan perangkat elektronik, dan tentu saja komitmen.

Kabar Baik! 20.000 Nelayan di Jateng Bakal Peroleh Asuransi

Pemprov Jateng segera menggelar tender asuransi untuk nelayan di Jateng yang jumlahnya sekitar 20.000 orang.

Monumen Rejodani, Simbol Perlawanan Pemuda Melawan Kolonialisme

Di Kabupaten Sleman, terdapat sebuah monumen bersejarah yang menjadi simbol penghormatan bagi para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Pisang Cavendish Dikembangkan di Cibangkong Banyumas

Pisang Cavendish dengan pangsa pasar luas jadi pilihan warga Desa Cibangkong, Kabupaten Banyumas untuk ditanam dan dikembangkan.

Mundur, Pemilihan Lurah Serentak di Sleman bakal Digelar Pada 12 September

Pemkab Sleman memastikan akan menggelar pemilihan lurah serentak pada 12 September 2021, setelah sedianya digelar pada 22 Agustus 2021.

Penelitian: Penggunaan Masker Ganda 95 Persen Efektif Mencegah Droplet

Penelitian yang dilakukan CDC Amerika Serikat menyebutkan penggunaan masker ganda atau dobel bisa cegah droplet hingga 95 persen.

15.600 Dosis Vaksin Covid-19 Didistribusikan Via 25 Puskesmas di Sragen

Sebanyak 15.600 dosis vaksin Covid-19 dibagikan ke 25 puskesmas di Sragen dan sisanya yakni 3.400 dosis untuk buffer stock atau stok pengaman.

Ketahuan Nyabu, Penyanyi Campursari asal Ngawi Dalang Poer Ditangkap Polisi

Penyanyi campursari Kuto Ngawi, Dalang Poer, ditangkap saat sedang pesta sabu-sabu di Magetan.

Berdiri di Kawasan Paling Bersejarah, Hotel Mexolie Primadona Pengunjung

Hotel Mexolie di Kabupaten Kebumen memiliki nilai sejarah yang tinggi karena berada di kawasan paling bersejarah di Indonesia.

Lirik Lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-baik Saja dari Judika

Berikut ini lirik lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-baik Saja dinyanyikan Judika yang dirilis Sabtu, 31 Juli 2021 di Youtube.

Awal Pekan, Cek Dulu Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Senin 2 Agustus 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian Senin (2/8/2021) har ini tidak mengalami perubahan, baik utuk cetakan UBS maupun Antam.

10 Berita Terpopuler : Sosok Komika Dodit Mulyanto - BOR RS Covid-19 Karanganyar Turun

Profil Dodit Mulyanto hingga BOR rumah sakit Covid-19 di Karanganyar trun masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Mbah Mad, Sosok Rohaniwan Karismatik Para Politisi Indonesia

Salah satu jiwa nasionalisme Mbah Mad adalah selalu aktif dalam kegiatan malam peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia atau malam tirakatan.

Solopos Hari Ini: Masih Butuh Pengetatan

Koran Solopos hari ini, Senin (2/8/2021) mengabarkan soal rencana pemerintah mengumumkan masa PPKM Level 4 yang berakhir hari ini.

Jadwal Atlet Indonesia di Olimpiade Hari Ini: Ayo, Dukung Greysia/Apriyani Mengejar Emas

Dalam pertandingan memperebutkan medali emas tersebut, Greysia/Apriyani akan menghadapi wakil China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Memahami Perbedaan Kuliner dan Gastronomi

Kuliner berbeda dengan gastronomi. Wisata kuliner jelas berbeda dengan wisata gastronomi.

KONI Solo Jaring Calon Ketum Baru, Intip Persyaratannya

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solo segera menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) untuk memilih kepengurusan baru periode 2021-2025.

LaporCovid Desak PTM Tetap Ditunda, 29 Sekolah Melanggar

Pemerintah didesak terus memberikan pelatihan keterampilan penggunaan teknologi penunjang kegiatan belajar daring kepada tenaga pendidik.

Diputuskan Hari ini, Apakah PPKM Level 4 akan Diperpanjang atau Tidak?

Sejumlah daerah menerapkan level PPKM berbeda sesuai dengan kategori yang diatur pemerintah.

MAKI: Tak Logis Eksekusi Pinangki Ditunda karena Jaksa Sibuk

Kajari Jakpus Riono Budi Santoso menjelaskan alasan Pinangki belum dieksekusi hanya masalah teknis administratif.

Aset Pariwisata WGM Wonogiri Senilai Rp25 Miliar Bakal Dihapus

Aset pariwisata di objek wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri dengan nilai total Rp25 miliar bakal dihapus.

Siap-Siap, 36.000 Pelajar SD-SMP Boyolali Mulai Dapat Giliran Vaksinasi Covid-19

Program vaksinasi Covid-19 mulai menyasar pelajar SD-SMP usia 12-17 tahun di Boyolali dengan jumlah total sasaran sebanyak 36.000 orang.

3 RW Di Sangkrah Solo Dapat Dana Hibah Rp2 Miliar, Ini Peruntukannya

Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, mendapatkan dana hibah senilai Rp2 miliar yang digunakan untuk memperbaiki dan membangun sarana publik

Keren! Dari Uang Jimpitan, Warga Candirejo Klaten Mampu Beli dan Bagikan Bantuan Paket Cegah Covid-19

Warga Duwetan, Desa Candisari, Ngawen, Klaten, memanfaatkan uang dari program jimpitan untuk membeli dan membagikan paket cegah Covid-19.

Waduh, Eks Wali Kota Solo Rudy Sebut Ada Calo Donor Plasma Darah

DPC PDIP Solo kembali menghimpun para penyintas Covid-19 untuk menjadi donor plasma darah yang sangat dibutuhkan pasien positif corona.

Atasi Pandemi, Presiden Jokowi Ajak Rakyat Memperbanyak Doa

Presiden Jokowi menyampaikan di tengah ujian yang sulit seperti saat ini, doa adalah senjata bagi seorang mukmin.

11 Tahun Menanti, Wonogiri Akhirnya Raih Predikat KLA Kategori Pratama

Setelah menanti selama 11 tahun, Wonogiri akhirnya mendapat predikat Kabupaten Layak Anak atau KLA dengan kategori Pratama.

Cerpen Sandal Keramat

Dengan perasaan campur aduk, siang itu juga Anam keluar pesantren, bukan sebagai alumni tetapi sebagai pencuri.

Cerkak Kacembang Gadhung

Nalika geni kang ngobong alas mundhak gedhe, nganti wus meh mrambat teka ing susuhe manuk, banjur manuk wadon mau sambat nggrantes marang anak-anake.

Dua Mahasiswa UIN Surakarta Bertekad Kibarkan Merah Putih di Gunung Tertinggi di Turki

Targetnya, pada 17 Agustus 2021 mereka bisa mengibarkan bendera merah putih di puncak Ararat.

Mulai Buka Lagi, Pengunjung Pasar Depok Solo Tak Sampai 40%

Jumlah pengunjung yang masuk ke Pasar Burung dan Ikan Hias Depok Solo tak sampai 40% jumlah pengunjung sebelum tutup karena PPKM darurat.

Dari Anak Kolong, Aditya Prayoga Menjelma jadi Juru Penolong

Aditya Prayoga mendirikan Rumah Makan Gratis yang berada di beberapa lokasi, yaitu di Cilangkap, Ciangsana, Depok, Pasar Minggu, dan Jatisampurna.

Pelaku Usaha Empon-Empon Boyolali Ikut Terpukul Dampak PPKM Darurat

Kalangan pelaku usaha empon-empon di Kabupaten Boyolali turut terdampak PPKM darurat yang dilanjut dengan PPKM level.

Alaska Putri Klaten Bidik Gelar di Ajang Gerakan Sepak Bola Wanita Jateng 2021

Tim sepak bola putri Aliansi Suporter Klaten (Alaska) menargetkan trofi dalam kompetisi Gerakan Sepak Bola Wanita (GSWI) Regional Jateng U-23.

Kerap Diserang Netizen, Pandji Pragiwaksono Kangen Era SBY

Pandji Pragiwaksono kerap menerima komentar pedas dari sejumlah tokoh yang merupakan pendukung pemerintah.

Suporter Persis Solo akan Jadi Sasaran Vaksinasi, Begini Tanggapan Pentolan Pasoepati

Sejumlah tokoh suporter di Kota Solo menyambut baik rencana DPP Pasoepati yang hendak menggelar program vaksinasi suporter bersama Pemkot Solo.

Pencairan Insentif Penanganan Covid-19 Untuk Nakes Kota Solo Lampaui 50%

Pencairan insentif untuk para tenaga kesehatan atau nakes yang menangani pasien Covid-19 di Kota Solo sudah melampaui 50%.

HERO Alihkan Gerai ke Pihak Ketiga

Hero secara keseluruhan kini mengoperasikan 395 gerai tetapi angka tersebut akan berkurang menyusul peralihan fokus yang sedang dilakukan.

Gubernur DKI Minta Dua Harimau Ragunan Dites PCR

Gubernur DKI berpesan agar pengelola terus memantau kondisi kesehatan Tino, Hari maupun satwa lainnya yang ada di TMR.

Mantap! Tempat Isolasi Terpusat GOR Gelarsena Klaten Bakal Dilengkapi Fasilitas Olahraga dan Buku

Fasilitas di tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten bakal ditambah. Rencananya, tempat isolasi terpusat itu bakal ditambahi perlengkapan olahraga hingga buku.

Kisah Pilu Azalea, Bayi 9 Bulan asal Sragen yang Harus BAB Lewat Perut

Nasib malang dialami bayi berumur sembilan bulan asal Sidoharjo, Sragen, yang mengalami kelainan hingga harus BAB lewat perut.

Dua Harimau Ragunan Tertular Corona dari Siapa?

Ada kemungkinan kedua satwa itu tertular dari pasien orang tanpa gejala (OTG).

Ulama Golkar: Saatnya Pak Airlangga Jadi Presiden

Sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kemampuan Airlangga untuk memimpin Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

Perawat RSUD Bung Karno Solo Tengah Hamil 7 Bulan Meninggal Positif Covid-19, Begini Kronologinya

Perawat RSUD Bung Karno Solo meninggal dunia dalam kondisi hamil tujuh bulan dan terkonfirmasi positif virus coron, Minggu (1/8/2021).