Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

Siswa dan ortu tidak bisa memilih sekolah favorit lewat jalur zonasi, sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa dengan kriteria tertentu.

Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

SOLOPOS.COM - Ketua BAN-S/M, Toni Toharudin, saat menyampaikan materi kepada peserta dan mentor FJP 2021 Batch 2 melalui aplikasi Zoom, Selasa (15/6/2021). (Istimewa/Dokumentasi Panitia FJP 2021 Batch 2)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kebijakan pemerintah menerapkan sistem zonasi pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) diharapkan bisa “memaksa” sekolah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu tenaga pendidikan.

Namun sebagai efek samping yang buruk, kebijakan zonasi bisa mengancam nasib lulusan pendidikan dasar yakni sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat.

Mereka terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah atas, yakni sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), maupun sederajat.

Baca juga: Sipp Pakde, Cara BKD Karanganyar Cegah Kebocoran Potensi Pajak Daerah

Salah satu penyebabnya belum tersedia fasilitas pendidikan dalam zonasi terdekat dengan rumah peserta wajib belajar. Sementara sekolah yang ada dalam jangkauan transportasi termudah berada dalam zonasi di luar wilayah administrasi pemerintahan tempat mereka tinggal. Efek samping negatif ini juga dituturkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tujuan Baik Zonasi

Tujuan baik zonasi yang “memaksa” sekolah supaya berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu tenaga pendidikan itu disampaikan oleh Ketua Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Toni Toharudin, dalam bincang-bincang tentang akreditasi sekolah di depan 15 peserta dan mentor Fellowship Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan Jurnalisme (GWPP) Batch 2 secara virtual, Selasa (15/6/2021).

Dalam bincang-bincang yang dipandu oleh Direktur Eksekutif GWPP Nurcholis M Basyari, Toni menyampaikan materi Pentingnya Penjaminan Mutu Pendidikan Guna Meningkatkan Daya Saing Global Menuju Sumber Daya Manusia Indonesia Emas 2045.
Toni membuka diskusi dengan memaparkan data dalam bentuk grafik statistik.

Salah satunya, Toni menyebut persentase sekolah akreditasi A dan B tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA/SMK untuk sekolah umum maupun madrasah meningkat pada periode tertentu, tahun 2015-2019.

“[Di sisi lain] grafik ujian nasional tahun 2015-2019 menurun. Setelah itu naik lagi karena diberlakukan ujian tulis berbasis komputer, tetapi secara general menurun. Capaian PISA [Programme for International Student Assesment] dari waktu ke waktu, 2003-2015, menurun. Grafik ini membuat BAN-S/M merefleksi terhadap data empirik,” tutur dia.

Baca juga: 10 SMK Negeri Terbaik Nasional, Soloraya Juga Masuk Daftar

Salah satu bentuk refleksi adalah BAN-S/M di bawah pimpinan Toni berkomitmen mereformasi sistem akreditasi. Dia melihat kualitas pendidikan agak lamban dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

“Reformasi sistem akreditasi terdahulu tidak menggunakan platform dashboard monitoring untuk mengontrol kualitas sekolah/madrasah dari waktu ke waktu. Reformasi lain tentang perubahan paradigma instrumen yang dulu berbasis complaint [aduan] sekarang performance [prestasi],” jelas dia.

BAN-S/M berkeyakinan penerapan sistem akreditasi menggunakan instrumen prestasi atau performance dapat memacu sekolah/madrasah meningkatkan mutu kualitas pendidikan.

Persoalan muncul saat pemerintah pusat menggunakan pendekatan zonasi untuk PPDB. Pada awal kemunculan, masyarakat menanggapi beragam kebijakan itu. Rata-rata menilai zonasi merugikan siswa dengan kemampuan di atas rata-rata dan sekolah berlabel favorit.

Siswa dan orangtua tidak bisa memilih sekolah dalam kategori favorit saat mendaftar melalui jalur zonasi. Sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa yang diterima akan memiliki kriteria nilai dan kemampuan tertentu.

Sekolah Meningkatkan Akreditasi

Di sini, Toni memiliki pandangan berbeda perihal kebijakan pemerintah menerapkan zonasi. Dia melihat dari kacamata akselerasi kualitas pendidikan.

“Kami, lembaga akreditasi gembira dengan penerapan zonasi. Dengan zonasi malah memotivasi sekolah di zona tertentu untuk meningkatkan akreditasi. Sekolah yang belum berlabel favorit akan termotivasi meningkatkan kualitas,” ujarnya optimistis.

Toni juga mengakui langkah pemerintah menerapkan zonasi ini menimbulkan konsekuensi. Idealnya, kata dia, pemerintah bisa menerapkan zonasi saat standar kualitas pendidikan di Indonesia sudah setara.

Tetapi, dia juga menilai bahwa pemerintah tidak bisa menunggu kualitas pendidikan standar terlebih dahulu kemudian menerapkan zonasi.

Baca juga: Jalan Solo Purwodadi Dicor Bikin Macet, Bus Masuk Kampung Cari Jalur Alternatif

Menurut dia, strategi itu membutuhkan proses panjang dan waktu lama untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Sekolah favorit menjadi tidak luar biasa. Saya juga lihat orang tua menjadi tidak melulu memiliki keinginan memasukkan anak ke sekolah favorit. Menurut kami program zonasi sangat baik. Bisa memacu sekolah meningkatkan kualitas,” tutur dia.

Untuk itu, Toni menyebut pemerintah daerah memiliki andil dalam usaha memenuhi standar kualitas sekolah yang belum berlabel favorit menjadi nyaris setara dengan sekolah favorit. Tujuannya agar masyarakat tidak was-was menyekolahkan anaknya ke sekolah terdekat.

“Pemerintah menyebarkan guru-guru berkualitas ke seluruh sekolah yang kualitasnya masih di bawah rata-rata. Sekarang mulai diimpelemtasikan. Jadi nanti masyarakat mau sekolah dimanapun akan sama. Ya dalam proses ada hambatan. Tetapi, kami berkomitmen dengan zonasi bisa menstandarkan kualitas sekolah. Kalau dijalankan dengan baik maka kesadaran orang tua akan makin baik,” jelas dia.

Baca dia: 45 Calon TKI Asal Karanganyar Dapat Rekomendasi dari Disdagnakerkop, Langsung Berangkat?

Kebijakan zonasi juga diharapkan membawa dampak positif bagi guru dan tenaga pendidik. Mereka tidak lagi bergantung pada label favorit saat PPDB.

“Dulu siswanya terpilih, sekarang diisi siswa terdekat sekolah sehingga variasi [kemampuan siswa] tinggi. Dulu guru mudah mengajar karena input bagus, sekarang guru harus punya upaya kuat supaya hasilnya berkualitas. Harapannya demikian,” jelasnya.

Akses Fasilitas

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melihat kebijakan zonasi dari sudut pandang lain, yaitu standar pemenuhan fasilitas pendidikan hingga tingkat daerah. Faktanya, akses masyarakat ke fasilitas pendidikan ini belum merata di sejumlah daerah di Jateng. Terutama pemenuhan fasilitas pendidikan pada jenjang pendidikan menengah, seperti SMA, SMK, dan sederajat.

Dampak nyata di depan mata terkait hal itu adalah lulusan sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat terancam tidak bisa melanjutkan sekolah karena tidak memenuhi syarat zonasi. Contoh nyata di kawasan wisata Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kecamatan Tawangmangu menjadi salah satu dari beberapa kecamatan di Jawa Tengah (Jateng) yang belum memiliki sekolah menengah negeri. Biasanya, lulusan SMP di Tawangmangu mendaftar ke SMA/SMK negeri terdekat, salah satunya SMAN Karangpandan.

Sayangnya, pemberlakuan zonasi membuat pelajar asal Tawangmangu kesulitan. Tempat tinggal mereka tidak termasuk zonasi SMAN Karangpandan.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Karanganyar Kembali Terapkan Hajatan Banyumili

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng berupaya merealisasikan pemenuhan akses masyarakat ke fasilitas pendidikan secara bertahap, seperti pada Sabtu (12/6/2021), Gubernur Jateng mengawali pembangunan SMAN Tawangmangu.

Kala itu, Ganjar Pranowo menyampaikan kebanggaannya sebagai orang yang lahir di Tawangmangu. Dia berharap SMAN Tawangmangu bisa mulai beroperasi tahun depan.

“Waktu [saya] kecil, belum ada SMA. Bismillah, hari ini kami bulatkan tekad membangun. Ini tanah Pemprov Jawa Tengah. Mudah-mudahan tahun ini selesai sehingga tahun ajaran 2022 bisa dipakai," kata Ganjar.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu menyebut SMAN Tawangmangu akan menjadi sekolah percontohan center of excellence. Tetapi, Ganjar menyebut prioritas pembangunan bukan hanya gedung yang futuristik dengan pemandangan Gunung Lawu.

“Ini akan jadi model bahwa di lereng Gunung Lawu ada sekolah yang melahirkan anak-anak hebat. Kami harapkan tidak hanya desain arsitektur yang futuristik, tapi konsep, kurikulum, dan guru-guru akan disiapkan menjadi satu model center of excellence sejak dari awal,” ungkap dia.

Baca juga: Bakal Punya Bangunan Futuristik, SMAN Tawangmangu Jadi Percontohan Center Of Excellence

Selain Tawangmangu, Ganjar menjelaskan Pemprov Jateng masih akan membangun sejumlah SMA/SMK di wilayah lain. Dua di antaranya di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Purbalingga.

Di dua kabupaten itu, menurut Ganjar, masih ada kecamatan yang belum memiliki SMA/SMK negeri.

“Kami akan petakan terus. Bicara zonasi maka harus ada sekolah di situ supaya anak-anak bisa mengakses. Kalau model zonasi, tetapi tidak ada sekolah di situ ya kasihan. Pemerintah harus fair dengan membuat lebih banyak sekolah,” tutur Ganjar.

Salah satu pelajar asal Tawangmangu, Resta Surya, menceritakan kesulitannya mendapatkan sekolah tahun lalu karena terbentur zonasi. Resta dan teman-temannya mendaftar ke SMAN Karangpandan saat itu tetapi tidak diterima.

“Teman-teman saya melanjutkan ke sekolah swasta. Ada juga yang pilih masuk ke pondok pesantren. Susah mendaftar ke sekolah negeri tahun lalu. Sekarang dibangun SMAN di Tawangmangu. Senang, ada sekolah dekat rumah. Biaya sekolah lebih irit. Anak-anak Tawangmangu tidak perlu sekolah jauh karena ada yang lebih dekat di sini,” ujar dia.

Saat ini, Resta dan sejumlah temannya bersekolah di SMA Kelas Jauh. SMA tersebut di bawah pengelolaan SMAN Karangpandan.

Pengelolaan SMA/SMK

Pemprov Jateng mengeluarkan kebijakan darurat untuk memfasilitasi puluhan siswa asal Tawangmangu agar bisa sekolah.
Kala itu, siswa asal Tawangmangu terancam tidak bisa sekolah pada tahun pertama pemberlakukan PPDB dengan sistem zonasi.

Ditemui secara terpisah, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berharap pemerintah pusat bisa mengambil kebijakan strategis terkait pemenuhan pendidikan. Kebijakan tersebut tidak hanya melihat kondisi di wilayah terdekat, tetapi juga hingga daerah.

“Jangan sampai lulusan SMP ini tidak bisa sekolah gara-gara zonasi. Yang terjadi di daerah itu mereka terancam tidak bisa sekolah karena tidak ada sekolah di lingkungan terdekat. Atau ada sekolah terdekat, tetapi mereka tidak masuk zonasi. Urusan pendidikan itu wajib, amanat konstitusi harus mendapat prioritas,” tutur dia saat berbincang dengan wartawan, Selasa (14/6/2021).

Baca juga: Begini Kesiapan 6 SMPN di Karanganyar Gelar PPDB Offline Tahun Ini

Dia juga menyinggung kebijakan pemerintah pusat memindahkan pengelolaan SMA/SMK ke pemprov.

“Saya tidak setuju dengan kebijakan pengelolaan SMA/SMK ke provinsi. Ya betul masih dalam rangkaian negara, tapi kan kontrol evaluasi ini terlalu jauh. Padahal yang sekolah warga Karanganyar,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Anak Bungsu Akidi Tio Diperiksa Lagi, Polda Sumsesl Masih Penasaran Sumber Dana Rp2 Triliun

Polda Sumsel masih mencari sumber dana Rp2 triliun yang rencananya disumbangkan keluarga mendiang Akidi Tio untuk penanganan Covid-19.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Penutupan Jalan di Solo Berlanjut! Ini Daftarnya

Perpanjangan PPKM Level 4 berdampak pada penutupan enam ruas jalan di Kota Solo, Jawa Tengah, untuk mengurangi mobilitas warga.

Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Ternyata Ngrontrak Rumah di Jogonalan Klaten

Kisah tragis kali ini tentang bocah yang menjadi yatim piatu karena ayah dan ibunya meninggal akibat Covid-19.

Pria yang Tawarkan Barter Sepatu dengan Susu untuk Anaknya Kini Diangkat Jadi Linmas Laweyan Solo

Pria yang sempat menawarkan barter sepatu dengan susu untuk anaknya kini diangkat menjadi anggota Linmas Laweyan, Solo.

3 Bersaudara di Solo Kehilangan Ayah karena Covid-19, Gibran Bantu Biaya Pendidikan

Gibran menyebut pendidikan ketiganya dijamin sampai kuliah, minimal sarjana dan mereka dibuatkan tabungan SILA KIA yang juga program Pemkot Solo.

Bikin Terharu, Penjual Es Tebu Ini Dibelikan Rumah dari Hasil Donasi Netizen

Penjual es tebu yang sempat viral beberapa waktu lalu akhirnya dibelikan rumah oleh tiktoker, Mat Peci dari hasil donasi para netizen.

Cantik Bak Super Model, Ini Profil Zehra Gunes Pemain Voli Asal Turki yang Curi Perhatian

Pemain voli asal Turki, Zehra Gunes mencuri perhatian publik karena paras yang cantik sehingga banyak yang penasaran dengan profilnya.

Dua Sepeda Motor Adu Banteng di Mandala Krida, Dua Korban Meninggal di Lokasi Kejadian

Kecelakaan maut terjadi di Jl. Gondosuli, Jogja, yang melibatkan dua sepeda motor dengan empat pengendara. Dua di antaranya meninggal dunia di lokasi kejadian.

Selamat! Merek-Merek Ini Sukses Juara SBBI Bertahun-Tahun

Pada acara puncak SBBI 2021 yang digelar pada Selasa (3/8/2021), merek-merek ini membuktikan ketangguhan mereka. 

FOTO : Manfaatkan Drone untuk Membantu Penanganan Covid-19

Drone untuk mengirimakan obat ke kapal isolasi apung di Makassar

351 Pelamar CPNS Sragen Tidak Memenuhi Syarat, Ini Sebabnya

BKPSDM Sragen membuka pelayanan sanggah bagi pendaftar CPNS yang tidak memenuhi syarat (TMS) untuk ingin menyanggah pengumuman tersebut.

PPKM Level 4 Membuahkan Hasil, Menko Perekonomian Airlangga Apresiasi Dukungan Masyarakat

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengklaim PPKM Level 4 sejauh ini membuahkan hasil meski belum maksimal. Sejumlah indikator keberhasil penanganan Covid-19 masih fluktuatif.

Kebijakan Baru Instagram Bantu Lindungi Pengguna Remaja

Instagram umumkan kebijakan baru untuk menjamin privasi dan keamanan pengguna berusia remaja.

BMW Motorrad Kenalkan R 18 Transcontinental

BMW Motorroad kenalkan R 18 B dan R 18 Transcontinental 1, salah satunya cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Sindiran Nylekit Ganjarist Soal Baliho Puan Maharani di Mana-Mana

Ganjarist memastikan tidak akan mengikuti langkah Puan Maharani, yakni masang banyak baliho, dalam mempromosikan Ganjar Pranowo sebagai capres.

Ratusan Orang Beri Penghormatan Terakhir untuk Pemilik Danar Hadi Santosa Doellah

Jenazah Santosa Doellah dibawa dengan ambulans dari RS Umum Indriati Solo Baru Sukoharjo dan sampai di depan rumah duka sekitar pukul 07.50 WIB

Buntut Sumbangan Rp2 Triliun Bohong Akidi Tio, Kapolda Sumsel Diminta Dicopot

ICW mendesak Kapolri mencopot jabatan Kapolda Sumsel yang dianggap ceroboh terkait kasus sumbangan Rp2 triliun Akidi Tio yang ternyata bohong.

Ini Merek Terbaik Mal, Bank, hingga Toko HP di SBBI 2021, Pilihanmu Ada?

SBBI 2021 memberikan penghargaan kepada merek terbaik pada sejumlah sektor, di antaranya sektor keuangan, pusat perbelanjaan modern, dan produk rokok.

Keren! Sharp Raih Penghargaan Lemari Es Terbaik di SBBI Award 2021

Sharp Elektronik Indonesia meraih penghargaan Lemari Es Terbaik di acara SBBI Award 2021 yang diadakan oleh Solopos Media Group.

Di Soloraya, Cuma Satu Daerah Ini yang Tidak PPKM Level 4

Enam dari tujuh daerah di Soloraya masih harus menerapkan PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021. Hanya ada satu daerah di Soloraya yang tak masuk PPKM Level 4.

Kaya Makanan, Minim Dokumentasi Kuliner dan Gastronomi

Indonesia sangat kaya ragam makanan, tapi dokumentasi tentang makanan itu sangat minim.

Mantap! Yamaha NMAX Jadi Pemenang di SBBI Award 2021 Kategori Motor Matic Sport

Yamaha NMAX 150 cc mendapatkan penghargan Motor Matic Sport terbaik di acara Anugerah SBBI Award 2021 yang diselenggarakan Solopos.

Buka-Bukaan, Begini Cerita Dibalik Riset Merek Terpercaya SBBI 2021

Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2021 yang tahun ini kembali digelar ternyata memiliki sejarah panjang memberikan penghargaan kepada merek terbaik sejak 2001.

Tak Ada Tarif Tiket, Wisata Bantul Ini Terima Bayaran Seikhlasnya

Melihat lebih dekat, suasana di gerbang masuk Batu Kapal Bantul begitu asri karena banyak ditumbuhi tanaman bambu.

Meski Virtual, Anugerah SBBI Award 2021 Digelar Mewah Lur!!

Meski digelar secara virtual, acara Anugerah Solopos Best Brand and Inovation atau SBBI Award 2021 diadakan secara mewah. Ini buktinya!

Gegara 1 Huruf Hilang, Pasar Gotong Royong Tuai Komentar

Pasar Gotong Royong itu menjadi perhatian para netizen dikarenakan huruf pada tugu nama pasar tersebut ada yang hilang sehingga mengubah makna kata tersebut.

10 Berita Terpopuler : Geger Sumbangan Rp2 Triliun Bohongan - Medali Emas untuk Indonesia

Sumbangan Rp2 triliun Akidi Tio ternyata bohong hingga emas Olimpiade Tokyo diraih Indonesia menjadi berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Pelatih Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Ternyata Wong Asli Solo, Ini Sosoknya

Ini dia sosok pelatih ganda putri atlet bulu tangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang ternyata asli Solo, Jawa Tengah. Siapa dia?

Solopos Hari Ini: Terima Kasih

Koran Solopos hari ini menyajikan laporan utama mengenai keberhasilan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Setahun Muncul 20 hingga 25 Perumahan Baru di Sragen, Ada yang Bersubsidi

Perumahan yang tumbuh di Sragen itu ada yang merupakan perumahan subsidi dengan plafon harga maksimal sampai Rp150 juta per unit.

Warga Terdampak Covid-19 Sukoharjo Dapat Bantuan Beras 10 Kg

Bantuan beras merupakan salah satu bansos yang disalurkankan pemerintah kepada warga terdampak Covid-19 saat penerapan PPKM Level 4.

Kenapa Sikat Gigi Harus Dibuang Setelah Sembuh dari Covid-19?

Setelah sembuh dari Covid-19, satu hal penting yang harus dilakukan adalah membuang sikat gigi yang digunakan saat isoman.

Testing dan Tracing Jateng Tak Penuhi Target PPKM

Jumlah testing Covid-19 di Jateng sudah cukup tinggi, 150.000 orang per pekan, namun belum memenuhi target yang ditetapkan Inmendagri.

Geger Foto Wali Kota Tanjungpinang Berdua dengan Cowok di Hotel

Foto Rahma tengah duduk berduaan dengan seorang pria di atas kasus kamar hotel belakangan heboh di jagat media sosial.

Seluruh Wilayah di Yogyakarta Masuk PPKM Level 4

Kegiatan nonesensial masih diwajibkan berlangsung secara virtual, aktivitas esensial diperbolehkan beroperasi sampai 50 persen.

Tekan Kematian Covid-19, Dinkes Jateng Sarankan Isolasi Terpusat

Dinkes Jateng meminta pasien Covid-19 untuk melakukan karantina di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan pemerintah.

Pasien Covid-19 Kini Lebih Cepat Meninggal, Ini Penyebabnya

Pasien sering terlambat dibawa ke rumah sakit hingga berujung meninggal dunia.

Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 Plupuh dan Miri Sragen Rendah, Kenapa Ya?

Anggaran penanganan Covid-19 di dua kecamatan Sragen yakni Miri dan Plupuh, masih rendah, kurang dari 30 persen hingga awal Agustus ini.

Waduh, Tingkat Keterisian Bed RS Rujukan Covid-19 Klaten Masih Tinggi Lur!

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) RS rujukan Covid-19 Kabupaten Klaten hingga awal pekan ini masih tinggi.

Kena Prank Keluarga Akidi Tio, Kapolda Sumsel Memilih Berpikir Positif

Ada atau tidaknya dana Rp2 triliun tidak menyurutkan ikhtiar Polda Sumsel menanggulangi Covid-19.

Pasien Positif Corona Tanpa Gejala Sukoharjo Didorong Isolasi di 2 Tempat Ini

Pasien positif terpapar virus corona tanpa gejala atau bergejala ringan di Kabupaten Sukoharjo didorong menjalani isolasi di tempat khusus.

Ahli IPB: Harimau Tak Bisa Tularkan Corona ke Manusia

Kejadian penyakit pada hewan di berbagai belahan dunia sangat identik, yakni hewan tersebut tertular dari pemiliknya.

Pelayanan Kantor Kecamatan Jebres Solo Buka Lagi setelah Tutup karena 10 Pegawai Positif Corona

Pelayanan kantor Kecamatan Jebres, Solo, sudah kembali dibuka setelah sempat tutup beberapa hari karena sejumah pegawai terpapar Covid-19.

Kasus Covid-19 Tambah 22.404, Jateng Penyumbang Terbanyak

Dari kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 22.404 hari ini, Jateng berkontribusi 3.218.

Lima Makanan dan Minuman Ini Mampu Atasi Dehidrasi

Jangan abaikan rasa haus apalagi di musim kemarau, karena itu salah satu sinyal bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi.

12 Daerah di Jawa-Bali Naik ke PPKM Level 4, Ini Daftarnya

Sebanyak 12 daerah naik ke PPKM Level 4, sembilan daerah turun ke PPKM Level 3, dan satu daerah turun ke PPKM Level 2.

Ada Buruh Kena PHK Belum Dapat Pesangon, FKSPN Karanganyar Mengadu ke DPRD 

FKSPN Karanganyar mengadu ke DPRD tentang masalah buruh berupa pesangon setelah kena PHK dan tali asih buruh meninggal yang belum dibayarkan.

Kelabui Petugas, Seorang Napi Lapas Madiun Kabur

Seorang narapidana atau napi Lapas Klas I Madiun bernama Peprianto kabur dari penjara dengan cara pura-pura ke kamar kecil untuk kencing.

Profil Eng Hian, Pelatih Asal Solo di Balik Rekor dan Medali Emas Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020

Maret 2014, Eng Hian ditunjuk PBSI sebagai pelatih ganda putri Indonesia untuk Pelatnas Cipayung.

Mengaku Membela Diri, Satpam GBK Pukul Mahasiswa karena Ditantang

Sesuai kebijakan yang diperbolehkan masuk ke Kawasan GBK pada periode PPKM Darurat, hanya yang memiliki undangan vaksinasi,

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo sudah 83.325 orang

Upaya vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah kelompok masyarakat terus dilakukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo.

Kurangi Beban Kerja Nakes, Pemkab Sragen Bentuk Tim Khusus Tracing dan Testing

Pemkab Sragen membentuk tim khusus tracing dan testing untuk mengurangi beban kerja para nakes khususnya yang bekerja di puskesmas.

Emas Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020: Tradisi Cium Tangan hingga Joget TikTok Greysia/Apriyani  

Tak hanya kebiasaan cium tangan, keduanya juga saling berjabat tangan dan melempar teriakan untuk memotivasi satu sama lain.

Deg-degan Hilang, Jokowi Tunggu Greysia-Apri di Istana

Presiden Jokowi mengaku sempat deg-degan saat Greysia/Apriyani memulai game pertama. 

Vaksinasi Anak Belum Dimulai, Ini Penjelasan Kadinkes Grobogan

Kadinkes mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Grobogan jatah vaksinnya tidak banyak, sehingga target vaksinasi tidak bisa optimal.

Dukung Jokowi, Epidemiolog Sebut Perpanjangan PPKM Langkah Tepat

Pandu Riono menyarankan PPKM Level 4 tetap ketat hingga akhir Agustus 2021 nanti.

Lowongan CPNS Apoteker Difabel Karanganyar Tidak Ada Pelamar

Satu lowongan CPNS Karanganyar yakni apoteker untuk kalangan difabel tidak ada pelamar dan akan diisi dari pelamar umum.

Tangisan Sopir Angkot, Setiap Hari Mengutang Bensin ke Istri

Sopir angkot menangis tersedu-sedu di depan angkotnya akibat perpanjangan PPKM.

Bonus Emas Olimpiade Apriyani Rahayu dari Bupati Konawe, Mulai Tanah, Rumah, hingga Sapi

Bupati Konawe, Kery Saiful, berjanji memberikan sejumlah bonus kepada Apriyani yang merupakan atlet kelahiran Konawe, Sulawesi Tenggara.

Keterisian Bed RS Rujukan Covid-19 Solo Turun Lagi Jadi 72 Persen, Stok Oksigen Aman 

Tingkat keterisian bed atau tempat tidur RS rujukan Covid-19 Kota Solo menurun jadi 72 persen dan stok oksigen diklaim aman untuk saat ini

Siap-Siap! Pemerintah akan Selalu Ngegas dan Ngerem Terkait PPKM

Pemerintah harus mengatur gas dan rem secara dinamis sesuai perkembangan penyebaran Covid-19 di hari-hari terakhir.

Anthony Ginting Akhiri Penantian 17 Tahun Medali Tunggal Putra Bulu Tangkis Indonesia

Sebelum Olimpiade 2020, Indonesia kali terakhir mengirim wakil bulu tangkis tunggal putra ke semifinal Olimpiade 2004 di Athena, yaitu Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro.

Luhut Sebut Corona Sudah Menurun sejak 15 Juli 2021

Luhut meminta semua pihak berhati-hati, terutama dengan virus corona varian Delta.

Asyik Bermain Judi Dadu di Teras Rumah, 4 Warga Ditangkap Polisi

Polsek Mlarak, Ponorogo, mengamankan empat orang yang merupakan bandar dan penombok judi dadu kopyok saat bermain judi di teras rumah.

Kasus Kematian Masih Tinggi, 40 Sukarelawan di Tawangsari Sukoharjo Dilatih Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19

Puluhan sukarelawan asal Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Mapolsek setempat

Kisah Akidi Tio, Dari Donasi Berujung ke Pemeriksaan Polisi

Cerita sumbangan Rp2 triliun ini bikin geger karena diduga hanya bohongan belaka.

Adik Ipar Sebut Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Positif Covid-19

Empu batik dan pemilik merek Batik Danar Hadi, Santosa Doellah, meninggal dunia di RS Indriati, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (2/8/2021).

Posisi Kelima Angkat Besi +87 Kg Olimpiade Tokyo 2020, Nurul Akmal Gagal Bawa Pulang Medali

Nurul Akmal melakukan total angkatan 256 kg dan menempati posisi kelima.

Presiden Jokowi Klaim Kasus Covid-19 Terus Menurun

Presiden Jokowi mengingatkan agar tidak menurunkan kewaspadaan terhadap peningkatan risiko penularan.

Profil Santosa Doellah, Sang Empu Seni Batik Pemilik Danar Hadi

Pengusaha batik Solo pemilik merek Batik Danar Hadi, Santosa Doellah, meninggal dunia pada Senin (2/8/2021). Dia wafat pada usia 79 tahun karena sakit.

Waduh, Masih Ada 20 Klaster Persebaran Covid-19 Aktif Di Boyolali

Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali mencatat masih ada 20 klaster persebaran Covid-19 yang masih aktif hingga Senin (2/8/2021).

Presiden Perpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021

Jokowi menyebutkan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat menjadi prioritas pemerintah.

Minta Pelonggaran PPKM, PKL Kudus dan Satpol PP Adu Mulut

Audensi Perwakilan PKL dan aktivis dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terkait PPKM, diwarnai adu mulut dengan anggota Satpol PP.

Bonus Sedikitnya Rp5,5 Miliar Telah Menunggu Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Kemenpora telah menyiapkan bonus Rp5 miliar bagi para peraih medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Pengelola Mal di Solo: Nunggu SE PPKM Pemkot Seperti Nonton Sinetron Ikatan Cinta

Pengelola mal di Solo harap-harap cemas menunggu Surat Edaran Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terkait PPKM level 4.

Ongkos Pasang Baliho Partai di Solo Bisa untuk Beli Ratusan Oxygen Concentrator

Baliho salah satu politikus perempuan mulai bermunculan di Kota Solo dan sekitarnya sekitar Juni lalu.

Mal dan Pusat Perbelanjaan Solo Segera Dibuka? Ini Kata Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan jawabannya mengenai kapan mal dan pusat perbelanjaan Kota Bengawan bakal dibuka kembali.

Spesifikasi Infinix INBook X1 Pro, Laptop Kekinian dengan Tampilan Kece

Inilah laptop perdana milik Infinix, yakni INBook X1 Pro dengan tampilan kece dengan spesifikasi yang menarik untuk disimak.

Kabar Duka, Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Dunia

Pengusaha batik Solo pemilik merek Batik Danar Hadi Santosa Doellah meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS pada Senin (2/8/2021).

FOTO : BI Solo Sumbang 200 Tabung Oksigen

Bantuan 200 tabung oksigen dari KPw BI Solo kepada Pemkot Solo.

Anak Usaha SG, PT SMOR Dukung Akselerasi Wirausaha BUMDes

PT Semen Gresik (SG) melalui perusahaan patungan, PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) menggelar program peningkatan SDM dan BUMDes.

Bupati Madiun Klaim Penyaluran Bansos Covid-19 Tanpa Pungli

Penyaluran bansos Covid-19 berupa paket sembako dan uang tunai di Kabupaten Madiun sejauh ini sesuai prosedur tidak ada pungli maupun korupsi.

Suami Kena Strok, Istri Menderita Kanker, Polsek Banjarsari Solo Turun Tangan Beri Bantuan

Polsek Banjarsari mendatangi kediaman seorang pasangan suami istri, Sukijo Ismail dan Apri Sridaryatun di Kelurahan Banjarsari, Kota Solo, Senin (2/8/2021) siang.

Bantu Penanganan Pandemi Covid-19, BI Solo Sumbang 200 Tabung Oksigen

Sebanyak 200 tabung oksigen diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

PPNI Solo: Dyah Ayu Jadi Perawat Ke-11 yang Meninggal Positif Corona

Perawat RSUD Bung Karno Solo Dyah Ayu Kusumasari menjadi perawat ke-11 yang meninggal terpapar virus corona selama pandemi di Kota Bengawan

Selamat! Anthony Ginting Raih Medali Perunggu Olimpiade Tokyo 2020

Melawan pebulu tangkis kejutan asal Guatemala, Kevin Cordon, Anthony Ginting menang mudah dengan skor 21-11 dan 21-13.

Banjir Hadiah, Jangan Lewatkan Anugerah SBBI 2021 yang Digelar Besok!

Jangan lewatkan acara Anugerah SBBI 2021 yang diikuti Talkshow Virtual Makin Tumbuh Makin Tangguh yang digelar besok, Selasa, 3 Agustus 2021.

Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Mulai Menurun, Tapi...

Angka kasus Covid-19 di Klaten dinilai mengalami penurunan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga level 4.

Wow, Ternyata Spongebob dan Patrick Ada di Dunia Nyata Hlo

Seorang peneliti kelautan menemukan spons dan bintang laut yang bersebelahan seperti karakter Spongebob Squarepants dan sahabatnya Patrick Star.

Kasus Corona Jateng Dilaporkan Tertinggi Se-Indonesia, Ini Bantahan Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, membantah kasus Corona di Jateng menjadi yang tertinggi secara nasional.

Tak Perlu Diragukan, Riset SBBI Solopos Terjamin

Solopos Media Group memilih memberikan penghargaan kepada pemegang merek yang berbasis pada riset sejak 2001.

650 Kiai Meninggal karena Covid-19, Baznas Genjot Vaksinasi

Baznas bekerja sama dengan Kementerian Agama menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi para ulama atau kiai dan santri melalui Kita Jaga Kiai.

FOTO : Ronda Masker di Pasar Legi Solo

Ronda masker ingatkan pedagang dan pembeli selalu pakai masker dan mentaati protokol kesehatan

Anak Tertua Mendiang Akidi Tio Bernama Ahok

Alasan keluarga Akidi Tio menyerahkan bantuan melalui Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Eko Indra Heri karena sudah kenal dekat.

Cerita Kades Jetis Klaten Berburu Embun Pagi, Khasiatnya Dipercaya Percepat Penyembuhan Covid-19

Kades Jetis, Klaten Selatan, Klaten, Mulyatno, menemukan embun pagi ternyata bisa membantu memperlancar penyembuhan orang positif Covid-19.

Gibran Potong Tunjangan PNS Solo untuk Penanganan Corona

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memangkas tunjangan PNS di kalangan pemkot untuk penanganan Covid-19.

Asyik, KPM di Jogja Setelah Vaksinasi Dapat Bansos Beras

Pemkot Jogja sengaja menyalurkan bansos beras untuk keluarga penerima manfaat (KPM) dilaksanakan berbarengan dengan vaksinasi.

Hmmm…. Penyekatan Jalan di Boyolali Dilanjutkan atau Enggak Ya? Ini Kata Kapolres

Keputusan tentang kelanjutan penyekatan jalan di Boyolali seiring dengan PPKM Darurat masih menunggu instruksi pemerintah pusat.