Tutup Iklan

Zona Hijau, Satgas Covid-19 Butuhan Klaten Tetap Gelar Operasi Yustisi

Operasi yustisi yang melibatkan pamong desa, polisi, sukarelawan, dan lainnya di Butuhan itu digelar setiap satu kali dalam sepekan.

 Polisi memberikan masker gratis ke pengendara yang melintas di Butuhan, Kecamatan Delanggu, Klaten, Kamis (21/10/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Polisi memberikan masker gratis ke pengendara yang melintas di Butuhan, Kecamatan Delanggu, Klaten, Kamis (21/10/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATENSatgas PP Covid-19 Butuhan, Kecamatan Delanggu, Klaten masih gencar menggelar operasi yustisi di desa setempat di tengah pandemi Covid-19. Sepanjang operasi yustisi, Satgas PP Covid-19 masih menemukan warga yang tak memakai masker saat keluar rumah.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa (Kades) Butuhan, Kecamatan Delanggu, Jonet Prabowo, saat ditemui Solopos.com di desanya, Kamis (21/10/2021). Operasi yustisi yang melibatkan pamong desa, polisi, sukarelawan, dan lainnya di Butuhan itu digelar setiap satu kali dalam sepekan.

“Kami masih rutin menggelar operasi yustisi di jalan utama desa setiap Kamis dalam satu pekan. Setiap operasi yustisi itu, kami masih menemukan para petani atau pun pengendara kendaraan yang masih abai memakai masker saat pergi ke sawah. Biasanya, yang tak pakai masker berasal dari daerah lain. Kami pun terus mengedukasi mereka bahwa masker harus tetap dipakai. Kami juga berikan masker ke mereka secara gratis,” kata Jonet Prabowo.

Baca Juga: Alun-Alun Wonogiri Dibuka, PKL Wajib Ingatkan Konsumen Tak Bermasker

Jonet Prabowo mengatakan Butuhan tergolong zona hijau Covid-19 sejak Agustus 2021. Meski seperti itu, Satgas PP Covid-19 tetap mengedukasi dan menyosialisasikan pentingnya menaati prokes di tengah pandemi Covid-19.

“Di Butuhan ada SDN II Butuhan yang sudah prokes ketat. Bahkan, siswanya hari ini ada yang bikin automatic ozone machine [alat pembunuh Covid-19],” katanya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tim Satgas PP Covid-19 Butuhan menggelar operasi yustisi di jalan utama di dekat kantor desa setempat. Selain pamong desa, terdapat juga polisi yang bersiaga di lokasi tersebut.

Baca Juga: Evaluasi Oke, PTM SD di Boyolali akan Diperluas

Setiap pengendara kendaraan atau pun warga yang melintas tanpa menggunakan masker diberhentikan sejenak untuk diberi pemahaman pentingnya memakai masker di tengah pandemi Covid-19. Di samping itu, tim Satgas PP Covid-19 Butuhan juga memberikan masker gratis kepada warga yang tak memakai masker saat keluar rumah.

“Saya hanya ke sawah ini sejak pagi tadi. Saya punya sawah sebanyak tiga patok di sini. Lantaran hanya ke sawah, saya pun tak pakai masker. Saya sudah divaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali juga,” kata salah seorang petani asal Jetis, Kecamatan Delanggu, Pawiro Harjono, 80, saat ditemui Solopos.com, di Butuhan, Kecamatan Delanggu.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Klaten, Cahyono Widodo, mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu meningkatkan kedisiplinan menaati prokes. Di Kabupaten Bersinar masih terdapat penambahan empat kasus Covid-19 dan delapan pasien Covid-19 dalam sehari, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Lindungi Burung Hantu, Desa di Sepanjang Sungai Pusur Bikin Perdes

“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten menjadi 34.772 kasus. Sebanyak 13 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.840 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.919 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, UT Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

Universitas Terbuka (UT) menjadi pionir perguruan tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia

BIN Sisir Ampel Boyolali untuk Vaksin Warga dari Pintu ke Pintu

Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali menggenjot vaksinasi di Kecamatan Ampel, Boyolali.

Wajib Dikunjungi, Kota Solo Ternyata Punya 18 Museum Lho

Dinas Kebudayaan Kota Solo meluncurkan gerakan wajib kunjung museum baik museum milik pemerintah maupun swasta, khususnya bagi pelajar.

Terjangkau, Segini Tarif Liburan di Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar menawarkan beragam wisata komplet dengan tarif sangat terjangkau.

Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar meraih Juara I kategori Suvenir dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf.

7 Desa Wisata Jateng Meraih Penghargaan ADWI 2021, 2 dari Soloraya!

Ini daftar tujuh desa di Jawa Tengah (Jateng) yang memperoleh penghargaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Desa Wisata Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, berhasil meraih Peringkat 5 Kategori Homestay pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Waduh, 1 Ekskavator Tenggelam Sedalam 3 Meter di Rawa Jombor Klaten

Satu ekskavator yang beroperasi di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, terguling dan tenggelam di kedalaman 3 meter.

Pernah Ada Kampung Belanda di Solo, Ini Lokasinya

Ternyata pernah ada Kampung Belanda di Solo, Jawa Tengah. Kira-kira di mana lokasinya ya, adakah yang tahu?

Ayam Goreng Mbok Berek, Pionir Warung Makan di Semarang

Usaha ayam goreng dinilai tak pernah ada matinya.

Polres Boyolali Salurkan Bantuan Logistik ke Korban Erupsi Semeru

Polres Boyolali mengirimkan bantuan logistik kepada para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Jatuh dari Panggung, Polah Penari Waria di Sragen Ini Bikin Auto Ngakak

Keriuhan penonton pecah saat Excel, seorang waria anggota Sedap Malam Sragen terjatuh dari panggung ketika sedang menari.

Sukorejo Sragen Usung Paket Wisata Menari dan 10 Menit Belajar Gamelan

Kampung Wisata Sukorejo, Sragen, menawarkan paket wisata belajar menari dan bermain gamelan dalam waktu 10 menit.

Single Parent, Bu Harsi "Tengkleng" Besarkan 2 Anak Hingga Lulus Kuliah

Sejak ditinggal mati suaminya, Harsi, 55, harus berjuang sendirian membesarkan dua putrinya hingga lulus kuliah. Di balik sosoknya yang belakangan menjadi buah bibir masyarakat, Harsi adalah sosok ibu pekerja keras dan menjadi tulang punggung keluarga.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Rabu, 8 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.