Zebra Club Chapter Klaten Rayakan HUT di Ponggok
Mobil Daihatsu Zebra peserta perayaan HUT ke-2 Klaten Zebra Community (Klazec) terparkir di halaman Balai Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Minggu (23/9/2018).(Solopos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, KLATENKeberadaan komunitas otomotif didorong bermanfaat sosial bagi masyatakat yang menjadi tempat komunitas itu tumbuh. Salah satunya adalah mempromosikan kawasan wisata yang ada di daerah sekaligus perayaan HUT ke-2 Zebra Club Chapter Klaten di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Minggu (23/9/2018).

Ketua Umum Indonesia Zebra Club, R. B. Pram, mengatakan manfaat sosial bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya menjadi ruh Zebra Club di Tanah Air. Zebra Club adalah komunitas bagi penggemar Daihatsu Zebra di Indonesia di bawah naungan Daihatsu Astra.

Itulah kenapa perayaan HUT ke-2 Zebra Club Chapter Klaten atau Klaten Zebra Community ini digelar di Ponggok. Ini menjadi bagian dari promosi pariwisata yang dilakukan komunitas,” kata dia, saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara, Minggu.

Ia mengatakan di seluruh Indonesia ada sekitar 17.000 anggota Zebra Club. Dari jumlah itu ada sebanyak 1.500-an anggota resmi yang ditandai kepemilikan nomor punggung Zebra Club. Anggota dengan nomor punggung bisa berkesempatan mengikuti plant visit melihat bagaimana proses produksi kendaraan, pelaksanaan standar keselamatan, dan lainnya di pabrik Daihatsu.

Kami ada juga coaching clinic bagi para anggota agar lebih memahami soal mesin. Banyak juga aksi sosial lain seperti penangkaran penyu, santunan anak yatim, dan hingga membuka posko statis dan bergelar pada arus mudik dan balik Lebaran,” terang Pram.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Klaten Zebra Community (Klazec), Aris Setyono, mengatakan perayaan HUT ke-2 Klazec diikuti lebih dari 500 kendaraan dari berbagai wilayah di Jawa Tengah (Jateng), DIY, dan perbatasan Jateng dan Jatim. Mereka datang menggunakan Daihatsu Zebra bervariasi antara tahun 1986 hingga 2007.

Kami pilih puncak acara digelar di Ponggok karena sekaligus promosi wisata salah satunya adalah Ponggok Ciblon,” ujar dia.

Koordinator Lapangan Forum Otomotif Klaten Bersinar, Antonius Banu, mengatakan acara HUT ke-2 Klazec juga dihadiri berbagai komunitas otomotif lain di Klaten. Hal itu karena hubungan antarkomunitas otomotif di Klaten berlangsung harmonis. Ia menepis anggapan bahwa ada persaingan di antara komunitas.

Di Klaten suasana komunitas otomotif berjalan kondusif dan harmonis. Kami juga menggelar pertemuan lintas komunitas dari berbagai jenis mobil di sini,” ujar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom