SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

internet

[SPFM], Orangtua memang harus senantiasa dinuntut kian waspada. Apalagi, sekarang banyak mainan anak-anak yang dianggap berbahaya.  Bahaya di sini, bisa dimaksudkan dari jenis mainan yang dinilai membahayakan untuk anak-anak seperti pistol yang berpeluru butiran plastic atau senjata yang kian mirip dengan aslinya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahaya berikutnya adalah bahan yang digunakan untuk maiana. Inilah yang dikhawatirkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Lembaga ini kemarin mengumumkan penemuan zat berbahaya terkandung dalam mainan edukasi anak yang banyak dijual bebas di pasar Indonesia, terutama di Ibu Kota Jakarta.

Dari 21 mainan yang diperiksa YLKI secara acak dari lima wilayah di Jakarta yang berjumlah 12 tempat penjualan diketahui mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan anak seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr). Sebanyak 21 mainan yang diuji terdiri atas mainan edukasi berbentuk sempoa, kereta, sejumlah ‘puzzle’, balok ukur berwarna, balok rumah-rumahan, rumah hitung kayu serta kotak pos dimana semuanya menggunakan cat pewarna.

Di antara berbagai jenis mainan ternyata banyak yang mengandung bahaya.   Nah, sekarang bagaimana Anda menyikapinya? Padahal kita tahu kadang keinginan seorang anak untuk mempunyai mainan demikian menggebu. Bagaimana Anda mencegah agar mainan yang berbahaya tidak hadir di rumah kita?

Sampaikan pendapat dan komentar Anda melalui Dinamika 103 edisi Kamis (26/1) pukul 08.10-10.00 WIB dengan mengirim SMS ke 0817444103, 081226103103, atau telpon [0271] 739389, 739367.  Atau melalui akun Facebook kami di Soloposfm Solo.  [SPFM/dtc/ary]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya