Zakat Fitrah Sarana Penyucian Diri

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Hari Raya Idulfitri tinggal menghitung hari. Setiap jiwa, termasuk yang baru lahir diwajibkan membayar zakat fitrah untuk menyucikan diri. Zakat fitrah merupakan zakat wajib bagi setiap individu yang mampu dengan syarat-syarat tertentu.

Nah, tahukah Anda mengapa zakat disebut sebagai sarana menyucikan harta? Pakar tafsir Alquran, Quraish Shihab, mengatakan, zakat memiliki dua makna, yakni penyucian dan pengembangan.

“Harta perlu disucikan dan dikembangkan. Diri kita pun demikian. Jadi, zakat fitrah adalah bentuk penyucian sekaligus pengembangan diri,” terang Quraish Shihab dalam video ceramah yang dinukil Solopos.com dari Youtube, Kamis (30/5/2019).

Zakat fitrah merupakan lambang kesediaan seseorang untuk memberikan hidup kepada orang lain. Dengan kata lain, zakat fitrah merupakan lambang kesediaan untuk memberi pangan bagi siapapun.

“Siapapun yang lahir pada akhir Ramadan dan hidup walau sedetik setelah berbuka, maka wajib dizakati. Dengan catatan, memiliki kelebihan untuk dirinya dan yang wajib diberinya pangan sehari semalam,” sambung Quraish Shihab.

Pada prinsipnya, setiap muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya, keluarganya, dan orang lain yang menjadi tanggungannya baik dewasa, anak kecil, laki-laki maupun wanita.

“Setiap manusia lahir dalam keadaan fitrah, suci. Maka wajib bagi dirinya untuk menyucikan diri dengan mengeluarkan zakat,” imbuh Quraish Shihab.

Perintah untuk berzakat dalam Alquran diulang sekitar 24 kali. Allah menurunkan perintah zakat beriringan dengan salat. Dengan kata lain, zakat merupakan hal yang sangat penting karena merupakan salah satu pilar pokok Islam.

“Allah memberikan perintah zakat dalam Alquran dengan kata aatuu azzakat (bayarkan zakat). Kata aatuu di sini memiliki tiga makna, sempurna, antar, dan terhormat. Artinya, antar zakat kepada orang yang membutuhkan. Sempurnakan kadarnya agar Anda menjadi orang yang terhormat,” terang penulis kitab Tafsir Al Misbah itu.

Sayang, banyak orang enggan berzakat karena merasa harta yang dimiliki diperoleh dari hasil kerja keras. Jadi, seseorang biasanya hanya mengeluarkan zakat sekali dalam setahun dalam bentuk zakat fitrah.

Zakat Fitrah dibayarkan paling lambat sebelum orang-orang selesai menunaikan salat Idulfitri. Jika waktu penyerahan melewati batas ini, maka yang diserahkan tersebut tidak termasuk dalam kategori zakat melainkan sedekah biasa.

Besaran zakat fitrah yang dikeluarkan adalah sesuai penafsiran terhadap hadis Nabi Muhammad, yakni sekitar satu sha’ (1 sha’=4 mud, 1 mud=675 gram) kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.76 kilogram makanan pokok (tepung, kurma, gandum, beras) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab Syafi’i dan Maliki).


Berita Terkait

Berita Terkini

Yan Bastian Salah Satu Penentu Produk di Indomaret

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan berpulangnya Yan Bastian membawa duka mendalam bagi keluarga besar Indomaret.

167 Desa Sukoharjo Berstatus Kampung KB, Pemdes Diminta Bantu Pendanaan

Pemkab Sukoharjo mendorong pemerintah desa agar membantu pendanaan program-program kampung KB yang sudah dicanangkan di seluruh desa.

Sepulang dari "Dunia Lain" Gunung Guntur, Gibran Jadi Pemarah

Ade Leji mengaku ia menemukan Gibran di Curug Cikoneng, Gunung Guntur setelah dirinya menancapkan paku di tempat tersebut.

Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

Tata laksana rawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah, namun jangan menyerah.

Menikah, Harta Putri Bill Gates Ternyata Hanya Segini

Pada tahun 2017 lalu, Bill Gates mengumumkan masing-masing dari ketiga anaknya yakni Jennifer, Phoebe dan Rory hanya akan menerima US$10 juta.

Bisa Ditumpangi 8 Orang, Segini Tarif Naik Mobil Listrik Wisata Solo

Dinas Perhubungan Kota Solo telah menetapkan tarif naik mobil listrik wisata bergaya ala taksi kuno yang segera beroperasi melayani wisatawan.

Tukul Arwana Pulang ke Rumah Bertepatan Hari Ulang Tahunnya

Saat pulang ke rumah, Tukul Arwana disambut hangat oleh keluarganya.

Puluhan Rumah di Madiun Rusak Diterjang Angin Kencang

Rumah yang rusak akibat angin kencang ini paling banyak ada di Kelurahan Wungu, Kecamatan Wungu

Senin, 2 Puskesmas di Sukoharjo Layani Vaksin Dosis I Pfizer & Moderna

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo membuka layanan vaksin dosis pertama Pfizer dan Moderna di dua puskesmas pada Senin (18/10/2021).

Ditinggal Jalani Rehabilitasi, Jennifer Jill Kehilangan 25 Tas Mewah

Gara-gara kehilangan 25 tas mewah itu Jennifer Jill pun mengevaluasi diri sendiri dan berpikir rumahnya terlalu bebas.

Sragen Hari Ini: 17 Oktober 2015, Wanita Tanon Dibunuh Pacar Sendiri

Enam tahun lalu, seorang wanita asal Tanon meninggal dunia setelah ditusuk berkali-kali oleh pacarnya sendiri.

Dishub Solo Belum Dapat Nama untuk Mobil Listrik Wisata, Punya Usul?

Dinas Perhubungan Kota Solo masih mencari nama yang tepat untuk kendaraan mobil listrik wisata bantuan dari Tahir Foundation.

Karyawan Gigih, Yan Bastian Gabung Indomaret Sejak 1988

Bos Indomaret Yan Bastian bersama keluarganya menjadi korban kecelakaan saat dalam perjalanan kembali dari bepergian ke Jakarta.

Sempat Mendunia, Inilah Daftar 12 Pabrik Gula yang Hilang di Soloraya

Dari 16 pabrik gula yang pernah berdiri di Soloraya, saat ini hanya tersisa empat. Sisanya, 12 pabrik gula sudah hilang.

Jembatan Dua Kecamatan Ambruk, Warga Yakin Aksi Sabotase

Warga menemukan pengikat tali penyangga jembatan yang berbahan besi atau tali sling sudah bergeser dari titik semula.

Kriminalisasi Narasumber Berarti Membunuh Kemerdekaan Pers

Kriminalisasi narasumber yang terus-menerus terjadi akan menimbulkan chilling effect.