SOLOPOS.COM - KEGEMBIRAAN -- Warga Yunani di depan gedung parlemen di Athena merayakan kemenangan tim mereka atas Rusia di ajang Euro 2012. Delapan tahun silam Yunani secara fenomenal menjadi juara Eropa. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

KEGEMBIRAAN -- Warga Yunani di depan gedung parlemen di Athena merayakan kemenangan tim mereka atas Rusia di ajang Euro 2012. Delapan tahun silam Yunani secara fenomenal menjadi juara Eropa. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

WARSAWA – Pelatih Yunani Fernando Santos mengatakan bahwa negaranya, yang dihantam krisis Eurozone namun sekarang sedang bergembira setelah secara tidak terduga lolos ke perempat final Piala Eropa 2012, layak mendapat rasa hormat karena tradisi dan sejarah yang membanggakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini ditegaskan pelatih asal Portugal ini setelah gol kapten Giorgos Karagounis membawa juara Piala Eropa 2004 tersebut menuju babak delapan besar sekaligus menyisihkan saingannya di Grup A, Rusia. Santos menegaskan, Yunani tidak memerlukan pelajaran dari siapapun yang merupakan kiasan nyata terhadap tekanan Uni Eropa terhadap pemerintahan di Athena terkait bantuan keuangan bagi negeri yang dilanda krisis ekonomi itu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Semua orang harus menghormati Yunani, karena sejarahnya dan prinsip-prinsip demokrasi, ilmu pengetahuan…semuanya dimulai di Yunani, maka sangat sulit bagi siapapun untuk memberi pelajaran pada kami,” kata Santos, yang timnya kemungkinan akan menghadapi Jerman di pertandingan berikutnya.

Pemimpin Jerman, Angela Merkel, berada di baris depan dari upaya Eropa memaksa Yunani untuk menjalankan program penghematan yang sangat ketat, pemotongan gaji dan sejumlah pengeluaran agar perekonomian yang dilanda masalah dapat kembali ke jalur yang benar, sehingga Santos juga ditanyai apakah potensi pertemuan dengan kompatriot Merkel akan menginspirasi tim asuhannya.

“Apa yang menginspirasi kami adalah sejarah Yunani. Itu adalah hal yang paling banyak menginspirasi saya, sebab orang-orang Yunani memiliki kebanggan yang besar terhadap tradisi dan sejarah mereka, dan saya pikir rasa hormat dari semua orang layak didapat,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya