SOLOPOS.COM - (mamaloli)

(mamaloli)

JAKARTA–Seporsi omelet untuk sarapan dapat meningkatkan energi di pagi hari. Kalau sering bikin omelet bergaya barat, sekali-kali coba sajikan omelet bergaya Jepang yang manis dan gurih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Jepang, omelet juga disantap sebagai lauk pauk. Karena praktis sering juga dibuat untuk menu sarapan keluarga. Hidangan yang terbuat dari telur ayam ini disebut Tamagoyaki. Tamago artinya telur dan yaki artinya panggang. Biasanya empat butir telur dikocok hingga bagian kuningnya bercampur rata dengan putih telur.

Ekspedisi Mudik 2024

Telur kocok ini dibumbui dengan gula dan garam. Untuk mematangkan dipakai wajan dadar berbentuk segi empat. Untuk bisa membentuk lapisan yang padat dan juicy, telur kocok dimatangkan per lapis. Saat lapisan telur pertama sudah hampir matang disisihkan dengan sumpit dan dituangi telu rkocok lagi.

Begitu seterusnya hingga seluruhnya matang. Agar tak gosong digunakan api kecil. Setelah digulung dan dipadatkan dengan bentuk segi empat, omelet kemudian dipotong-potong. Omelet ini bisa dipakai untuk topping sushi juga hidangan lainnya.

Di negara asalnya, ada tiga jenis Tamagoyaki yang umum dibuat. Seperti Dashimaki tamago, yaitu Tamagoyaki yang dicampur dengan kaldu dan tidak menambahkan gula. Karena rasanya tidak terlalu manis, hidangan inipun banyak disukai warga Tokyo.

Ada juga Umaki, jenis Tamagoyaki yang ditambahkan unagi pada bagian dalam gulungan telur. Sedangkan Atsuyaki tamago, biasanya menggunakan banyak telur agar lebih tebal untuk dijadikan topping sushi.

Nah, tak ada salahnya menyajikan Tamagoyaki untuk sarapan pagi ini. Kandungan proteinnya yang tinggi makin bernutrisi jika ditabahkan potongan sosis dan keju parut. Menu sarapan bernutrisi ini siap memberikan tambahan energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya