SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SURABAYA — Konser perpaduan seni Korea-Indonesia dengan musik tradisional, jaz, dan musik rakyat akan tampil di Balai Pemuda Surabaya, pada Rabu (2/4/2014) pukul 18.30 WIB.

Pertunjukan gratis yang akan berlansung selama 2 jam itu mengusung tema Mosaik Korea yang mengandung unsur cerita tentang surga, bumi, dan manusia. Sutradara pertunjukan seni kontempoter Seo Young Do mengatakan pertunjukan ini merupakan tahun kedua di Indonesia. Surabaya dipilih sebagai tempat untuk pertunjukan karena merupakan salah satu kota yang terkenal di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami ingin mengenalkan budaya Korea tradisional di sini. Kalau selama ini sudah ada K-Pop yang sudah digemari oleh generasi muda di Indonesia, kini kami menghadirkan kolaborasi tradisional dan modern,” katanya dalam jumpa pers di Humas Pemkot Surabaya, Rabu.

Selain itu, pertunjukan yang melibatkan musisi lokal Surabaya Yoyon Darsono itu merupakan sebuah pertukaran dan kerjasama bidang budaya oleh pemerintah Indonesia dan Korea Selatan. “Kami bahagia dapat kesempatan untuk memperkenalkan budaya Korea, karena sudah 40 tahun Indonesia-Korea menjalin hubungan diplomat,” imbuhnya.

Dalam konser tersebut, para pemain akan menunjukan seni kontemporer dengan usur surga yang disebut Jongmyo Jeryeak. Jongmyo Jeryeak adalah ritual leluhur kerajaan dengan musik Jongmyo Shrine. Musik ini terdiri dari musik instrumental, lagu, dan tarian yang berasal dari ritual leluhur kerajaan Dinasti Joseon. Tradisi ini ditetapkan sebagai ekspresi warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2010.

Unsur bumi, akan ditunjukan melalui ritual Donghaean Byeolsingut (sebuah ritual desa di Pantai Timur). Ritual dengan lagu itu didedikasikan untuk memanggil roh-roh pelindung di desa tersebut agar terjadi sebuah perdamaian, kemakmuran, panen yang melimpah dan kesuburan.

Unsur manusia, para pemain akan membawakan lagu Jindo Sikkimgut yang dimaksudkan untuk menghibur orang mati. Unsur surga, bumi dan manusia akan ditunjukan melalui lagu rakyat Korea yang terkenal yakni Arirang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya