Warga menyaksikan film Ayo Main garapan Bambang Ipoenk dalam acara layar tancap Pesta Film Rakyat di Kelurahan Sondakan, Solo, beberapa waktu lalu. / Istimewa

Solopos.com, SOLO - Acara Pesta Film Rakyat yang menjadi puncak dari Festival Film Merdeka bisa dinikmati di halaman Balai Kota Solo, Jumat (30/8/2019) malam ini. Film-film yang diputar adalah karya kelompok-kelompok pemuda perwakilan sejumlah wilayah di Kota Solo. Program tahunan Yayasan Kembang Gula yang digelar setiap Agustus ini mengusung semangat menjadikan film sebagai tontonan merakyat untuk semua kalangan.

Direktur Yayasan Kembang Gula, Fanny Chotimah, mengatakan judul-judul yang diputar adalah film berlandaskan Pancasila yang mengandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. “Festival Film Merdeka mempromosikan keberagaman, perdamaian, dan pengetahuan,” terangnya.

Sebelumnya deretan film pendek garapan sineas muda tanah air diputar di lima sudut kampung Kota Bengawan. Acara bertajuk Festival Film Merdeka ini dimulai Sabtu (24/8/2019) di depan Kelurahan Sudiroprajan yang kemudian berlanjut pada Senin (26/8/2019) di Masjid Mujahidin, Sondakan, dan beberapa lokasi lain hingga Kamis (29/8/2019). Deretan karya yang diputar tersebut di antaranya Ayo Main!, Mak Cempluk, Gazebo, dan beberapa hasil kegiatan Viu Shorts 2018. Karya Viu Shorts 2018 yang ditampilkan adalah karya pemenang berupa mitos daerah Siak, Riau, berjudul Kue Kasidah. Pada malam puncak juga bakal diputar hasil workshop film pendek yang diikuti kelompok pemuda kampung di Solo.

Senior Vice President Marketing VIU, Myra Suraryo, saat jumpa pers di Solo, Senin (26/8/2019), mengatakan pemutaran Viu Shorts 2018 di perayaan FFM merupakan bentuk dukungan mereka pada komunitas film lokal di Indonesia, sekaligus mengawali rangkaian agenda Viu Shorts 2019 di Kota Solo. Program pengembangan dunia sinema remaja dalam bentuk workshop dan pembuatan film pendek bertajuk Viu Shorts 2019 menyasar 20 kota. Salah satunya Kota Solo pada November mendatang. “Pemutaran karya Viu Shorts di Solo ini juga bagian dari rangkaian acara. Biar teman-teman Solo melihat filmnya lalu terinspirasi gimana membuat karya serupa di program Viu Shorts nanti,” terangnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten