SOLOPOS.COM - Huruf timbul bertuliskan Watu Cenik berada di area objek wisata Watu Cenik, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI — Paguyuban Duta Wisata Wonogiri (Pandawagiri) berencana menggelar acara Wonogiri Summer Camp (WSC) di objek wisata Watu Cenik di Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri selama dua hari, Sabtu-Minggu (24-25/9/2022). Pendaftaran acara tersebut dibuka, Kamis-Senin (8-19/9/2022).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, setiap peserta yang ingin mendaftar dan ikut di acara tersebut dikenakan biaya Rp75.000. Dengan harga itu, masing-masing peserta mendapat fasilitas beragam, mulai dari tenda untuk tempat tidur, makan, snack, tiket masuk dan parkir gratis, serta sejumlah merchandise.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Pelaksana WSC, Muhammad Adib Alfathin, mengatakan pemilihan kemah di Desa Sendang lantaran lokasinya cukup strategis, yakni berjarak 8 km dari pusat Kabupaten Wonogiri. Selain itu, Watu Cenik merupakan objek wisata yang menarik dengan pemandangan Waduk Gajah Mungkur (WGM).

“Kami juga berharap pengadaan event di Watu Cenik itu dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke objek wisata di Desa Sendang,” imbuh lelaki yang akrab disapa Adib kepada Solopos.com, Jumat (16/9/2022).

Rangkaian WSC dimulai pada sore hari, tepatnya pukul 15.00 WIB. Rangkaian pertama berupa registrasi peserta dan pendirian tenda. Setelah peserta datang, acara selanjutnya menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam. Pada malam harinya, acara WSC akan diisi dengan hiburan musik dan penerbangan lampion.

Baca Juga: 5 Objek Wisata di Dekat Stasiun Wonogiri

“Keesokan harinya, acara akan diisi dengan outbound dan melihat atraksi paralayang di Puncak Joglo. Tapi susunan acaranya bisa berubah, tergantung situasi dan kondisi peserta atau cuaca,” kata dia.

Ketua Pandawagiri, Frayuda Uki, mengatakan program WSC yang diadakan sejak 2018 bertujuan mempromosikan potensi destinasi wisata di Wonogiri kepada khalayak luas. WSC yang digelar pada pekan terakhir September 2022 sekaligus memeringati Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada 27 September.

“Dikemas dengan kegiatan camp atau berkemah,” kata dia.

Baca Juga: Di Wonogiri Ada 63 Objek Wisata, Ini Daftarnya

Sebagaimana diketahui, WSC yang dimotori Pandawagiri telah diadakan selama tiga kali. Pertama, WSC di 2018 digelar di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto. Setahun kemudian (tahun 2019), acara serupa diadakan di Pantai Sembukan, Kecamatan Paranggupito.

WSC tak digelar pada 2020 dan 2021 lantaran pandemi Covid-19. WSC digelar kembali pada 2022 di objek wisata Watu Cenik di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya