Yuk Ikut Sukowati Wisata Motor Rally 2022, Jalan-Jalan Berhadiah Motor

IQ Organizer menggelar kegiatan Sukowati Wisata Motor Rally 2022 untuk mempromosikan pariwisata Sragen. Peserta kegiatan berkesempatan membawa pulang hadiah sepeda motor.

 Panitia Sukowati Wisata Motor Rally 2022 menyampaikan penjelasan kepada awak media saat jumpa pers di R.M. Saung Sumilir Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Panitia Sukowati Wisata Motor Rally 2022 menyampaikan penjelasan kepada awak media saat jumpa pers di R.M. Saung Sumilir Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Bagi Anda yang suka jalan-jalan naik motor, acara yang satu ini mungkin akan menarik minat Anda. Namanya Sukowati Wisata Motor Rally 2022 dan dilaksanakan pada Minggu (9/10/2022).

Acara ini digelar IQ Organizer Sragen dan didukung Pemkab Sragen. Tujuannya untuk mempromosikan pariwisata di Bumi Sukowati. Panitia menargetkan jumlah peserta mencapai ratusan. Mereka akan melakukan perjalanan sejauh 135 kilometer mengunjungi 10 objek wisata di Bumi Sukowati.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Ketua Pelaksana IQ Organizer Sragen, Tri Nugroho, mengungkapkan perjalanan itu akan dibagi menjadi 10 etape. Lokasi start dan finis di Taman Harmoni Hijau Plumbungan, Karangmalang, Sragen.

Sepuluh objek wisata yang akan dikunjungi  peserta di antaranya Pemandiangan Air Panas Bayanan, Omah Londo Gondang, Alun-alun Tangen/Masjid Baitussalam Tangen dan Mondokan. Kemudian lanjut menuju Gunung Kemukus, Taman Edupark Gemolong, Museum Bukuran Kalijambe, dan Makan Joko Tingkir Plupuh.

Baca Juga: Camat Kedawung Sragen Coba Berdayakan Pelaku Ekraf dan UMKM lewat Perisai

Dari situ perjalanan masih berlanjut menuju Goa Mangkubumi di Gebang Masaran, nDayu Park Sragen, dan kembali ke Taman Harmoni Hijau Plumbungan.

“Kami mempedikisi waktu tempuh perjalanan para peserta 4-5 jam dengan kecepatan motor rata-rata 35-40 km/jam. Pendaftaran dibuka sampai 8 Oktober mendatang,” ujar Tri dalam jumpa pers di Rumah Makan Saung Sumilir Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Rabu (5/10/2022),

Saat ini sudah ada 30 pendaftar dan 60-an orang yang sudah mengambil formulir pendaftaran. Mereka berasal dari klub-klub motor, pelajar, perorangan dan lainnya.

Sejauh ini peserta yang sudah mendaftar berasal dari Soloraya, Ngawi, dan Grobogan. Panitia tidak membatasi jenis motor yang bisa mengikuti acara ini. Semua jenis motor diperkenankan ikut.

Baca Juga: Guru dan Seniman Sragen bakal Perkenalkan Eksotis Kemukus di Javanologi UNS

“Nanti akan ada undian dengan hadiah satu unit motor. Setiap peserta dikenakan kontribusi Rp150.000 untuk fasilitas kaus, makan siang, makan ringan, dan lainnya,” jelasnya.

Lebih jauh Tri menjelaskan di setiap objek wisata para peserta wajib berfoto dan mengunggahnya di akun media sosial masing-masing. Mereka akan mendapatkan kartu yang berisi perincian lokasi beserta target waktunya.

“Kartu itu sebagai sarana evaluasinya. Peserta wajib mendapatkan tanda tangan dan stempel dari petugas pos jaga di lokasi wisata. Bagi peserta yang tidak melewati lokasi yang ditentukan akan dikenakan diskualifikasi sehingga tidak berhak ikut undian berhadiah,” jelasnya.

Penasihat panitia kegiatan, Harry Suriyanto, menambahkan kegiatan reli motor seperti ini pernah dilakukan kali pertama di Sragen itu pada 1988. Saat itu pesertanya mencapai 257 orang. Sambil menunggu peserta datang ke lokasi finis, kata dia, panitia juga akan menggelar lomba melukis untuk anak 12 tahun, lomba mewarnai untuk anak 8 tahun, dan lomba campursari untuk dewasa.

Baca Juga: SangiRUN Night Trail, Cara Antimainstream Eksplorasi Situs Purbakala

“Nanti peserta diberangkatkan mulai pukul 08.00 WIB dan ditargetkan sampai finis pukul 13.00 WIB. Dalam pembukaan nanti kami juga mengundang Bupati dan Kapolres Sragen. Para peserta wajib mematuhi aturan berlalu lintas termasuk surat menyuratnya lengkap. Setiap etape nanti diberangkat satu kelompok. Jarak antarkelompok diperkirakan dua menit,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hampir Semua Rumah Satu RW di Joton Klaten akan Tergusur Proyek Tol Solo-Jogja

      Hampir semua rumah satu wilayah RW di Desa Joton, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten akan tergusur proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja.

      Jika Solo Jadi Ibu Kota Provinsi Soloraya, Maka...

      Jika Kota Solo menjadi ibu kota provinsi baru, yaitu Soloraya, sektor perekonomian akan terus bergerak maju yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

      Ini Keunggulan Desa Conto Wonogiri yang Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat desa wisata terbaik di Jateng 2022 kategori Sapta Pesona dan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau CHSE.

      Quick Response 110 Polres Sukoharjo Selamatkan Pemuda yang Nyaris Bunuh Diri

      Percobaan bunuh diri seorang pemuda di tempat indekos wilayah Kartasura berhasil digagalkan setelah rekan korban melapor ke call center 110 Polres Sukoharjo.

      Puluhan Penyandang Disabilitas Boyolali Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Puluhan penyandang disabilitas di lereng Gunung Merbabu menggelar doa bersama sekaligus galang dana bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Siap-Siap! Lokananta Solo Segera Bertransformasi Jadi Creative & Commercial Hub

      PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai anggota Holding Danareksa siap mentransformasikan Lokananta Solo menjadi Creative and Commercial Hub.

      Unik! Pemilihan Ketua RT dan RW di Bareng Klaten Dilakukan secara Online

      Pemilihan ketua RT dan RW di RW 004, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Minggu (27/11/2022) digelar secara online atau memanfaatkan teknologi informasi.

      Film Pendek, Pidato Inggris dan Arab Sumbang Emas Jateng di Pospenas IX Solo

      Tiga cabang perlombaan yakni film pendek, lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab menyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di Pospenas IX 2022 di Solo, 23-27 November 2022.

      Granat Unwidha-Pengamen di Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Sukarelawan Granat Unwidha Klaten bersama pengamen angklung jalanan Putra Pangestu menggelar aksi penggalangan dana pada Minggu (27/11/2022).

      Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

      Destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang meraih Juara I pada kategori dataran tinggi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

      Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

      Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

      Bantu Korban Gempa Cianjur, Puluhan Seniman Reog Ponorogo Pentas di CFD Solo

      Puluhan seniman Reog Ponorogo mengadakan pementasan dan aksi galang dana di CFD Jl Slamet Riyadi Solo untuk bantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

      Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan mencatat sejarah sebagai pasangan pertama di luar kerabat keluarga Mangkunegaran yang menggelar pesta nikah di Pura Mangkunegaran Solo.

      Tujuh Sukarelawan Karanganyar Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

      Mereka yang berangkat ke daerah bencana adalah sukarelawan pilihan. Dimana memiliki keahlian dalam penanganan kebencanaan.

      Wah, 10 Kereta Kencana Disiapkan untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan akan ada kirab 9-10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju lokasi pesta pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo.