SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan hadiah Rp54 juta untuk kegiatan Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah 2019. Lomba diadakan berjenjang, mulai dari provinsi hingga nasional.

Enam peserta lomba terbaik tingkat nasional akan menerima piagam penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional 2019. Untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah, Balai Bahasa Jawa Tengah mengundang partisipasi aktif peserta lomba, yakni SMP negeri dan MTs negeri di Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lima peserta terbaik menerima piagam Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019 dan uang pembinaan. Mereka akan diikutsertakan pada lomba sejenis tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah.Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Tirto Suwondo, mengatakan bahwa wajah bahasa sekolah merupakan gambaran atas sikap positif penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah.

”Lomba diselenggarakan untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik sebagai bagian dari pendidikan literasi sepanjang hayat. Hal itu sesuai perintah UU No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta lagu Kebangsaan,” kata dia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (17/1/2019).

Calon peserta lomba diminta mendaftar atas nama sekolah dengan mengirimkan foto objek penggunaan bahasa di sekolah masing-masing. Peserta menyertakan nama sekolah, nama pengirim, dan nomor telepon pengirim atau nomor telepon sekolah.

Ketentuan lomba meliputi objek penilaian berupa tulisan nama sekolah/nama gedung, tulisan nama sarana umum, tulisan nama ruang pertemuan, tulisan nama produk barang/jasa, tulisan nama jabatan, tulisan penunjuk arah atau rambu umum, dan tulisan berbentuk spanduk atau alat informasi lain yang sejenis.

Ketentuan foto objek adalah kondisi terbaru dengan resolusi 72—300 dpi, format foto JPG, ukuran minimal sisi foto terpendek 1.024 pixel, dan foto asli hasil pemotretan di sekolah. Foto objek dikirimkan ke alamat pos-el panitia Balai Bahasa Jawa Tengah: wajahbahasajawatengah@gmail.com.

Tahapan pelaksanaan kegiatan adalah pendaftaran dan pengiriman data objek pada 21 Januari-21 Februari 2019. Pengumuman pemenang tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada 14 Maret 2019.

Untuk keterangan lebih lanjut, calon peserta dapat menghubungi narahubung yakni Ery Agus Kurnianto di 081393938388 atau Poetri Mardiana Sasti di 085712020894. Informasi kegiatan juga dapat dibaca di laman Balai Bahasa Jawa Tengah yaitu balaibahasajateng.kemdikbud.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya