SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

JAKARTA–Bubur, roti, sereal, dan oatmeal sering jadi menu untuk mengawali hari. Hidangan ini memang praktis dibuat dan dapat menjadi bekal energi untuk beraktivitas hingga siang. Namun, kalau bosan dengan menu tersebut, jangan jadikan alasan untuk melewatkan sarapan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah “berpuasa” semalam suntuk, perut seharusnya tak dibiarkan kosong sebelum beraktivitas. Sebagian orang lebih suka memulai harinya dengan makanan yang lembut seperti bubur atau roti. Namun kalau disantap setiap hari, lama-lama makanan ini bisa jadi membosankan.

Mengapa tak mencoba makanan sisa semalam? Mungkin bagi yang tak terbiasa, sarapan dengan sisa makan malam terasa berat. Namun, selama makanan tersebut mengandung serat, protein, dan lemak yang menyehatkan untuk energi di pagi hari, mengapa tidak?

Contohnya adalah nasi merah dengan ayam atau ikan panggang. Anda tinggal menghangatkannya dan menambahkan sayur seperti brokoli, lalu santap untuk sarapan. Kalau masih berlebih, Anda bisa membungkusnya sebagai bekal untuk dibawa ke kantor. Praktis kan?

Bisa juga diolah menjadi nasi goreng. Tekstur nasi merah yang agak pera pas agar bumbu nasi goreng merata. Ayam panggangpun bisa disuwir-suwir dan dicampurkan bersama nasi. Tambahkan sayuran seperti kacang polong atau wortel. Meski membutuhkan sedikit waktu, variasi ini bisa membuat hidangan tak membosankan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah porsinya. Jika Anda tak sanggup makan makanan berat di pagi hari, tak perlu menyantap sisa makan malam banyak-banyak. Sarapan sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali.

Namun, akan lebih baik kalau Anda mempraktikkan pepatah “breakfast like a king, lunch like a queen, dinner like a pauper“. Pasalnya, kalori berlebih yang disantap saat sarapan dapat dibakar dengan berkegiatan aktif sepanjang hari dibanding saat makan malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya