SOLOPOS.COM - Anak yang berdoa setelah salat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Menghafal atau memahami pelajaran menjadi hal yang wajib dilakukan bagi pelajar atau mahasiswa. Menghafal juga dilakukan semua orang untuk melakukan pekerjaan di beberapa bidang. Dalam Islam, terdapat doa yang bisa dibaca agar pintar dan mudah menghafal.

Meski berdoa dapat menggunakan bahasa lokal, namun lebih afdhal berdoa menggunakan bahasa pada Al-Qur’an, yakni Bahasa Arab. Tekun belajar dan meminta doa kepada kedua orang tua juga diperlukan agar menjadi pintar terwujud.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Klarifikasi Anak Sulung Ibu Trimah: Tidak Membuang, Hanya Menitipkan

Berikut doa agar pintar dan mudah menghafal yang dikutip dari NU Online, Senin (1/11/2021). Doa ini dari Kitab Perukunan Melayu Besar yang setangahnya diambil dari karya syekh Muhammad Arsyad Banjar.

Ekspedisi Mudik 2024

Fafahhamna Sulaimana, wa kullan atayna hukman wa ‘ilman, wa sakhkharna ma‘a Dawudal jibala yusabbihna wat thayra, wa kunna fa‘ilin. Ya hayyu, ya qayyumu, ya rabba Musa wa Harun, wa rabba Ibrahim, way a rabba Muhammadin shallallahu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘an. Allahummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, ya arhamar rahimiin,”

Artinya: Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih,” (Lihat Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], halaman 99).

Baca Juga: Tata Cara Salat Istikharah Lengkap Dengan Doanya

Doa Agar Ditambahkan Ilmu

Tidak hanya berdoa agar menjadi pintar, dalam belajar dan memahami ilmu dianjurkan juga membaca doa agar ditambahkan ilmu seperti yang dikutip dari Suara, berikut:
Robbi zidni’ ilmaa, warzuqni fahma waj’alnii minash shoolihin,”

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.

Doa Agar Ilmu Bermanfaat

Rabbanan fa’naa bimaa ‘alamtanalladzii yanfa’ unaa waa zidna ‘ilmaa, walhamdulillah ‘alaa kullihaal,”

Artinya: Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Baca Juga: Hidden Gem! Sate Koyor Mbah Sakinem Solo yang Murah dan Lezat

Itulah doa agar menjadi pintar dan mudah dalam hafal pelajaran yang kita terima baik di bangku sekolah atau di pengajian. Doa tersebut bisa dibaca setiap hari agar senantiasa mendapatkan kemudahan dan pertolongan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya