Yudian Wahyudi, dari Kurir Kerupuk hingga Pimpin BPIP

Pernah menjadi kernet, Kepala BPIP Yudian Wahyudi memiliki segudang prestasi.

 Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Yudian Wahyudi (Istimewa/Dok. UIN Sunan Kalijaga)

SOLOPOS.COM - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Yudian Wahyudi (Istimewa/Dok. UIN Sunan Kalijaga)

Kecintaan Yudian Wahyudi, 60, kepada NKRI dan Pancasila terinspirasi dari perjuangan ayahanda tercintanya, Asmin Prajabangsa. Asmin sendiri seorang tentara berpangkat rendah yang harus pindah tugas dari Banyumas ke Balikpapan pada 1947-1948.

Asmin merupakan tentara Angkatan Darat berlatar pendidikan pesantren. Dari Asmin lah, Yudian mengerti betul betapa beratnya para pejuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dari sanalah panggilan jiwa untuk melanjutkan perjuangan ayahanda muncul.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

WNI Eks ISIS atau ISIS Eks WNI? Ini Landasan Hukumnya

“Masa sekarang saya mau merusak [kemerdekaan]? Kan enggak mungkin. Saya berusaha memadukan antara bapak saya yang santri tentara dan saya sekarang ini. Maksudnya, saya meneruskan perjuangan bapak saya pada level kenegaraan/nasional bukan sekadar UIN. Artinya, masuk ke semua agama dan lini,” kata Yudian, saat berbincang dengan Espos di kantornya, Yogyakarta, Rabu (12/2).

Omnibus Law RUU Cilaka, Pasal Sakti Penjerat Pembakar Hutan Dihapus

Upaya itu diwujukan salah satunya dengan mendirikan Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara UIN Sunan Kalijaga pada 2017. Tujuan utama adalah melindungi Pancasila dari serangan kelompok yang menggunakan argumen keagamaan, misalnya HTI. Tak hanya itu, pusat studi juga akan masuk ke semua lini termasuk misalnya sepak bola dalam konteks bela negara.

Merapi Erupsi, Warga Lereng Gunung Tetap Ngarit

“Tahap awal kami sangat jelas fokus ingin membela Pancasila dari ancaman kelompok yang menggunakan argumen keagamaan untuk melawan Pancasila,” terang pria yang menjabat Rektor UIN Sunan Kalijaga ini.

Pria kelahiran Banjarmasin, 17 April 1960, itu juga bercita-cita membumikan Islam di Tanah Air. Ia mencontohkan dengan firman Allah SWT yang hendak mengangkat khalifah di muka bumi. Firman itu jika diterjemahkan ke dalam konstitusional Indonesia menjadi setiap warga negara terlahir sebagai calon presiden Indonesia.

3 Proyek Infrastruktur Sragen 2019 Dilaporkan ke Kejari, Apa Masalahnya?

“Itu yang namanya menghubungkan antara Alqur’an dengan konstitusi. Jadi contoh pembumian Islam itu seperti itu. Sebab, buminya di bumi Pancasila. Kalau saya di Amerika beda lagi,” tutur pria yang pernah menjadi kurir kerupuk dan es hingga kernet itu.

Yudian kini menjabat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dilantik pada 5 Februari lalu. Ia merupakan doktor lulusan Institute of Islamic Studies McGill University, Kanada pada 2002. Ia juga santri dengan dua gelar Bachelor of Arts dari Fakultas Filsafat UGM dan Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga.

2 New Peugeot SUV Meluncur di Soloraya, Dibanderol Rp600 juta

Pria yang pernah menjadi kurir kerupuk dan es itu kini juga menjabat Guru Besar Filsafat Hukum Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga. Ia juga menjadi President of Asian Islamic Universities Association (AIUA).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

AS Tuding Putin Masih Bernafsu Kuasai Ukraina, Perang Bakal Lama

Amerika Serikat menuding Presiden Rusia Vladimir Putin masih ingin merebut sebagian besar wilayah Ukraina.

Order Anjlok 30%, Ratusan Karyawan Sepatu Nike Kehilangan Pekerjaan

Perusahaan sepatu Nike yang berada di Tangerang, Banten memberhentikan ratusan pekerja karena terus mengalami penurunan order hingga 30%.

Berlangsung Hangat, Ini Hasil Pertemuan Presiden Jokowi-Putin

Putin menyanggupi untuk memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina untuk negara-negara berkembang, t

Kasus PMK Tinggi, PMI Grobogan Ajari Peternak Buat Eco Enzyme

Kasus penyakit mulut dan kuku di Grobogan mengundang kepedulian PMI Grobogan untuk mengajari peternak membuat Eco Enzyme.

Dipuji Zelenskyy, Jokowi Pemimpin Asia Pertama yang ke Ukraina

Zelenskyy mengapresiasi kedatangan Jokowi dan berharap konflik Rusia-Ukraina segera berakhir.

Duh, Ratusan Karyawan Sepatu Nike Kehilangan Pekerjaan

Sebanyak 297 karyawan sepatu Nike kehilangan pekerjaan setelah masa percobaan mereka tidak diperpanjang.

Banjir Ban dari China Ancam PHK Massal di Tanah Air

Ribuan pekerja terancam terkena PHK lantaran membeludaknya produk impor ban dari China.

Menjauh dari Kebangkrutan, Garuda Indonesia Juni 2022 Laba Rp119,2 M

Kinerja PT Garuda Indonesia membaik  dan pada Juni 2022 mencatatkan laba Rp119,2 miliar.

Kuliah Umum PSHE FH UKSW Bahas Peluang dan Tantangan G20

Kuliah umum FH UKSW ini menghadirkan Duta Besar Indonesia untuk Austria Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman, S.H., M.A. sebagai narasumber tunggal.

Indonesia Resmi Punya 37 Provinsi Baru, Ini 3 Provinsi Barunya

Indonesia resmi memiliki 37 provinsi setelah DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) terkait tiga provinsi baru Papua atau daerah otonomi baru (DOB) Papua.

Ini 5 Kelompok Pelanggan PLN yang Terdampak Kenaikan Tarif Listrik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Jalan Tersendat Gugatan Investasi Tabung Tanah

Asfa Davy Bya, pengacara Sri Sukarsi dan Marsiti, Kamis (30/6/2022), menyatakan perkara tabung tanah tersebut belum selesai.

Kenaikan Tarif Listrik Jumat Besok Hanya Berdampak pada Orang Kaya

Tarif listrik yang naik adalah untuk pelanggan berdaya 3.500 VA ke atas yang jumlahnya hanya 2,5 persen dari total pelanggan PLN. 

3 Robot R2C Karya Mahasiswa UKSW Melenggang ke KRI Tingkat Nasional

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., mengatakan dengan lolosnya 3 robot R2C ke KRI tingkat nasional adalah hasil baik yang harus diapresiasi dan disyukuri.

Tarif Listrik Naik, Sebanyak 2,09 Juta Pelanggan PLN Kena Dampak

Kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Rocky Gerung Ingatkan Anies Jebakan Batman Sunny Tanuwidjaja

Rocky Gerung menyebut bergabungnya Sunny Tanuwidjaja ke Anies Baswedan bisa menjadi jebakan Batman.