SOLOPOS.COM - Taqy Malik (kanan). (Instagram),

Solopos.com, SRAGEN — Takmir Masjid Al Falah Sragen menyiapkan banyak kegiatan untuk menyemarakkan Ramadan 2022 ini. Mereka akan mendatangkan tokoh-tokoh nasional dan publik figur penghafal Al Quran untuk menjadi imam Salat Tarawih. Salah satunya adalah Youtuber muda dengan suara merdu, Ahmad Taqiuddin Malik atau lebih populer dikenal dengan nama Taqy Malik.

Kehadiran mantan suami Salmafina Sunan di Masjid Al Falah ini diharapkan bisa menarik anak-anak muda untuk salat tarawih berjamaah di masjid.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Konsep Ramadan tahun ini lebih mengajak pada anak-anak muda. Agenda rutin tarawih dan kajian sore dikemas oleh anak-anak muda yang menjadi marbot masjid. Kami menyiapkan menu takjil 500-800 porsi per hari. Kami juga menyiapkan stan pasar murah dengan 36 pelaku UMKM [usaha mikro kecil dan menengah]. Semua jajanan itu gratis selama 30 hari,” ujar Ketua Takmir Masjid Al Falah Sragen, Kusnadi Ikhwani, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: Kemenag Umumkan Ramadan Mulai Minggu, Jamaah Masjid Agung Solo Kecele

Jemaah Masjid Al Falah juga akan bisa semakin khusyuk salat tarawih dengan lantunan merdu ayat-ayat suci Al Quran dari imam Timur Tengah yang akan didatangkan takmir. Seorang penghafal Al Quran dari Timur Tengah dihadirkan pada 10 hari terakhir Ramadan.

Kusnadi mengatakan untuk menarik anak-anak muda, akan ada program creative media class yang bertujuan mengedukasi, melatih jiwa kreativitas visual media, gerakan, dan event kreatif. Selain itu, di akhir Ramadan nanti juga ada paket 1.000 parsel untuk anak yatim, bazaar buku, festival anak salih, dan takbir keliling bersama driver ojek online, sepeda ontel, komunitas sepeda lawas, dan becak.

Tak kalah semarak, Takmir Masjid At-Taqwa Pecing, Sragen Tengah, Sragen, juga menyiapkan aneka kegiatan selama Ramadan. Kegiatan itu seperti tadarus habis Tarawih dan Subuh yang dipandu para penghafal Al-Quran. Ada pula buka puasa bersama setiap dua hari sekali khusus untuk jemaah laki-laki dan setiap Jumat dilakukan buka puasa bersama keluarga satu kampung.

Baca Juga: Sudah Boleh Salat Tarawih Berjamaah? Begini Kata Bupati Sukoharjo

“Ada juga santuan fakir miskin dan anak yatim. Semua dibuat maksimal. Untuk kaleng sedekah ada peningkatan selama setahun terakhir. Total kaleng amal yang beredar sudah mencapai 80 unit. Dana yang terkumpul dari Kampung Sedekah itu rata-rata mencapai Rp14,5 juta per bulan. Dana itu berasal dari Kampung Sedekah Rp11 juta, infak Jumat Rp1,5 juta, Jumat berkah Rp1 juta, dan donatur Rp1 juta,” ujar Pendamping Kampung Sedekah Pecing, Sragen Tengah, Arfitas Ganidono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya