SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Youtuber asal Korea Selatan, Hwang Woo Joon atau yang akrab disapa Ujung Oppa memutuskan menjadi seorang mualaf. Lewat vlog yang dipublikasikan Rabu (27/3/2019), ia menceritakan awal mula ia menjadi seorang muslim.

Ujung Oppa mengisahkan keluarganya memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Kedua orang tuanya menganut agama Buddha. Sejak kecil hingga hingga usianya menginjak remaja, ia sering ikut beribadah bersama orang tuanya di kuil. Saat SMA, Ujung Oppa memutuskan menjadi pemeluk Protestan atas ajakan dari sahabatnya.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Waktu SMA kelas 3, aku ikut ke gereja. Tapi sekali ke gereja selama setahun, aku enggak lagi ke gereja. Setelah kuliah aku kembali ke gereja setiap seminggu sekali,” kata Ujung Oppa.

Ujung Oppa mengisahkan keluarganya memeluk agama yang berbeda-beda. Kedua orang tuanya pemeluk agama Buddha, kakek dan neneknya pemeluk agama Protestan, sementara adiknya tidak menganut agama apapun.

Di Korea Selatan, ia menambahkan, tidak memiliki agama adalah hal yang wajar. Sebanyak 50 persen warga Korea memilih untuk mempercayai leluhur dan nenek moyang mereka.

“Kalau di Korea tidak punya agama tidak aneh. Karena masing-masing menghargai kepercayaan. Jadi, boleh beda agama,” katanya.

Ujung Oppa pun menceritakan awal mula dirinya memutuskan menjadi mualaf. Ia tak memungkiri adanya pengaruh dari teman-temannya di Indonesia dan maupun negara lain yang beragama Islam.

Selama 15 tahun berkali-kali mengunjungi Indonesia, Ujung Oppa mengaku sangat akrab dengan pemeluk agama Islam. Ia pun sering memakan makanan halal, mendengar azan, dan lantunan selawat.

“Kalau mendengar selawat aku merasa tenang, bahagia, enggak tahu alasannya kenapa,” katanya.

Tapi paling membuat ia yakin memeluk agama Islam adalah temannya bernama Muhammad yang tinggal di Korea.

Suatu hari, ia ingin meliput kegiatan di masjid Korea. Ia ingin mengabadikan orang-orang muslim saat beribadah. Hingga akhirnya, ia mengajak Muhammad untuk merekam kegiatannya di masjid.

Sang sahabat pun memutuskan masuk Islam setelah mendengar ceramah dari ustaz. Kisah sang sahabat membuat Ujung Oppa semakin yakin dengan Islam.

Alasan kedua Ujung Oppa ingin memeluk agama Islam adalah keinginannya untuk hidup bahagia. Ia selalu takjub dengan teman-temannya di Indonesia yang selalu bahagia dan tersenyum. Ia pun menegaskan keputusannya menjadi seorang muslim tanpa paksaan dari pihak mana pun.

“Tanpa paksaan, Ujung Oppa ingin menjadi seorang muslim. Dan kita adalah brother. Dan Ujung Oppa merasa senang. Ujung Oppa mau bertemu dengan ustaz, untuk belajar pelan-pelan. Saya butuh banyak dukungan dari teman-teman dan keluarga,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya