Youtube, Tiktok & Whatsapp Favorit Anak 2020-2021

Studi Kaspersky Safe Kids mengungkapkan Youtube, Tiktok, dan Whatsapp menempati peringkat teratas aplikasi yang diminati anak-anak 2020-2021.

 Antarmuka aplikasi berbagi konten video Tiktok. (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Antarmuka aplikasi berbagi konten video Tiktok. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Studi Kaspersky Safe Kids mengungkapkan Youtube, Tiktok, dan Whatsapp menempati peringkat teratas sebagai aplikasi yang diminati anak-anak sepanjang 2020—2021. Pakar analisis konten web di Kaspersky Anna Larkina mengatakan selama setahun terakhir, posisi favorit Tiktok di mata anak bahkan menyalip Instagram dengan tingkat popularitas hampir dua kali lipat.

“Kaspersky menganalisis data anonim, seperti riwayat pencarian, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs web yang diperoleh secara sukarela oleh para pengguna Kaspersky Safe Kids, untuk mengeksplorasi bagaimana lanskap minat dan kebutuhan anak-anak di seluruh dunia di tengah kondisi pandemi,” mengutip keterangan resmi, Jumat (4/6/2021)

Dia memerinci, untuk kategori situs web yang paling populer di kalangan anak-anak adalah perangkat lunak, audio, video dengan perolehan 44,38%. Untuk kategori media komunikasi internet sebesar 22,08% dan permainan komputer di angka 13,67%.

Tiktok tetap favorit alias pemimpin yang tak terkalahkan bagi anak-anak, tetapi pada saat yang sama, persepsi tentang jejaring sosial mulai berubah. “Sekarang bukan lagi hanya jejaring sosial untuk klip dan sinkronisasi bibir, karena lebih banyak konten pendidikan dan kreatif mulai muncul di platform,” lanjutnya.

Selain itu, dia mengatakan untuk membuat video Tiktok, satu orang harus melakukan pekerjaan operator, aktor, sutradara, dan seluruh kru film. Semua ini mengembangkan keterampilan yang tidak hanya berguna bagi anak-anak di masa depan, tetapi dapat mengarahkan mereka untuk memilihnya sebagai profesi.

Di Indonesia, aplikasi yang paling populer di kalangan anak-anak di antaranya adalah Youtube (32,99%), disusul Whatsapp (21,47%) dan Tiktok (10,18%). Fakta menarik juga bahwa aplikasi Tiktok kini mulai dilirik untuk digunakan sebagai platform metode pembelajaran kreatif di Indonesia.

Urutan Gim Populer

Dari segi ketertarikan terhadap gim, Roblox menempati urutan paling populer di kalangan anak-anak Indonesia dengan persentase 8,27% disusul Free Fire (5,75%) dan Mobile Legends: Bang Bang (2,91%).

“Anak-anak modern tumbuh dengan gawai di tangan mereka sejak usia sangat muda, sehingga mereka beradaptasi dengan ruang digital dan menguasai teknologi baru lebih cepat. Kami melihat bagaimana TikTok menjadi salah satu trendsetter utama di kalangan anak-anak dalam waktu singkat dan terus menarik perhatian mereka,” katanya.

Namun, dia menilai pada saat yang sama YouTube tidak kehilangan pijakan dan tetap menjadi pemimpin dalam popularitas di kalangan anak-anak, sebagian karena banyaknya variasi video, mulai dari let-plays, rekaman permainan video gim, hingga klip seputar pendidikan dan masih banyak lagi.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait

Berita Terkini

Siap-Siap, iPhone 13 Segera Masuk Pasar Indonesia

Tanda-tanda iPhone 13 series bakal masuk Indonesia.

Menanti Kejutan Apple Dini Hari

Menanti kejutan Apple lewat Apple Event yang digelar dini hari nanti.

DSLR Modal Sukses Fotografer Cantik Tawangmangu? Yuk Intip Harganya

Salah satu modal sukses fotografer cantik di Tawangmangu yang viral di media sosial adalah kamera DSLR, berikut harga pasarnya.

Ini 3 Aplikasi Pelacak Nomor Tak Dikenal

Pilihan aplikasi untuk melacak nomor tak dikenal.

Tiga Jurus Jitu Naikkan Rating Akun Jualan di Shopee

Jurus jitu tingkatkan penilaian atau rangking di Shopee.

Tanda-Tanda Satelit Punya Elon Musk Bakal Ngorbit di Indonesia

Starlink, satelit SpaceX milik Elon Musk menjajaki peluang kerjasama dengan Telkom

Ilmuwan Ramal Matahari Mati dan Manusia Bisa Ngungsi ke Jupiter

Matahari diramal bakal menjadi raksasa merah kemudian mati mendingin dan redup

Chip Langka: Harga 4 HP Xiaomi Naik, 6 Smart TV Turun

Empat smartphone Xiaomi naik harga akibat kelangkaan chip.

Bos Instagram Umumkan Dua Fitur Baru

Bos Instagram mengumumkan dua fitur baru.

Aktor Star Trek Akhirnya Beneran Terbang ke Luar Angkasa

Aktor film Star Trek, William Shatner akhirnya beneran terbang ke luar angkasa dengan kapsul roket Blue Origini milik Jeff Bezos.

Lima Fitur Telegram yang Tak Bisa Kamu Temui di WhatsApp

Lima fitur Telegram yang tak disediakan WhatsApp.

Ternyata Remaja Sering Nonton Konten IG Berulang Kali

Remaja dicatat memiliki perilaku sering mengulang menonton konten di Instagram.

Gara-gara Kirim 3 Foto Satelit, Analis Tentara Dihukum 8 Bulan

Seorang analis intelijen Angkatan Laut AS, Samuel Morison dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan hanya menjalani 8 bulan penjara.

Menkominfo: Selama Pandemi, Pengguna Layanan Digital Tumbuh 37%

Pengguna layanan digital tumbuh 37% selama pandemi.

Ini Cara Oppo Atasi Kelangkaan Chip

Chipset langka karena pembatasan pasokan silikon, Oppo punya cara atasi hal ini.

Bawa Batuan dari Bulan, China Buktikan Lava Usia Miliaran Tahun

Bebatuan di bulan diboyong misi penerbangan tanpa awak China untuk pembuktian usia lava miliaran tahun.