SOLOPOS.COM - Ilustrasi Youtube. (JIBI/Reuters)

Youtube menghapus konten bikinan Anwar al-Awlaki.

Solopos.com, NEW YORK – Youtube melakukan bersih-bersih pada layanannya. Berdasarkan laporan The New York Times, anak usaha Google itu telah menghapus puluhan video ekstremis yang berasal dari Anwar al-Awlaki.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anwar al-Awlaki adalah tokoh ekstremis yang memanfaatkan YouTube untuk melakukan propaganda untuk melawan Amerika Serikat, dan membantu serangan teror di seluruh dunia.? Ia sendiri telah tewas pada 2011 di tangan militer AS.

Google sebenarnya telah menghapus ratusan video al-Awlaki pada 2010. Tapi ia kembali mengunggah puluhan ribu video lainnya di tahun-tahun berikutnya.

Video yang diunggah al-Awlaki dikatakan menjadi bibit penyebaran teror seperti di Fort Hood, Marathon Boston, San Bernardino, Orlando, dan Florida.

Berdasarkan catatan Times, di awal musim gugur ini setidaknya ada 70.000 video yang berkaitan dengan al-Awlaki bisa diakses di Youtube. Tapi kini hanya tersisa 18.600.

Dilansir The Verge, Senin (13/11/2017), Youtube dan media sosial lainnya mendapatkan tekanan yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Mereka dituntut untuk membatasi video yang mendukung kekerasan dan aksi ekstremis lainnya.

Dengan dihapusnya video ekstremis di YouTube, beberapa pihak berharap bibit ekstremis dapat ditekan. Selain itu mereka juga menoyoroti hal serupa di layanan lainnya seperti YouTube, DailyMotion, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya