Youtube Down, Pengguna Nggak Bisa Nonton Video
Siluet pengguna perangkat mobile terlihat di sebelah proyeksi layar logo Youtube. (Reuters-Dado Ruvic)

Solopos.com, JAKARTA -- Sejumlah pengguna mengeluhkan Youtube down pagi ini, Kamis (12/11/2020), lantaran video yang ada di platform tersebut tidak bisa diputar.

Dikutip dari Liputan6.com, laporan mengenai Youtube down muncul di situs Down Detector sekitar pukul 06.49 WIB. Hingga sekitar pukul 08.00 WIB, ada lebih dari 280.000 laporan mengenai masalah ini.

"Kenapa nih youtube ngedown," ungkap salah satu pengguna.

"Ga bisa nonton," keluh pengguna Youtube lainnya.

Selain di Indonesia, Youtube terpantau down di sejumlah negara Eropa, Amerika, Asia Tenggara, dan Australia.

Belum diketahui penyebab dari Youtube down. Pihak Youtube sendiri belum memberikan penjelasan.

Sebelumnya, Youtube juga sempat down pada Agustus 2020. Berdasarkan informasi situs pendeteksi laman down, DownDetector pada Kamis (20/8/2020), sebagian keluhan pengguna Youtube adalah mereka tidak bisa menonton video, diikuti dengan kesulitan mengunggah video, dan sulit mengakses website Youtube.

Beberapa pengguna Youtube mengeluh di DownDetector, mereka tak bisa mengunggah video, padahal proses pengunggahan sudah dilakukan sejak satu jam lalu.

Mendeteksi Keluhan Pengguna

Laman DownDetector mendeteksi, keluhan pengguna berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Misalnya di Eropa, Youtube down di Inggris, Jerman, Prancis, Norwegia, Yunani, Spanyol, Turki, hingga kawasan Belarusia dan Finlandia.

Sementara di Asia, Youtube tumbang di India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Jepang, Korea, hingga Filipina. Begitu juga dengan sebagian negara bagian di Amerika Serikat.

Smartwatch Tak Mesti Persegi, Ini Alternatifnya…

Sebelumnya, Gmail, Google Drive dan Youtube, sebagian besar layanan Google lain juga ikut tumbang.

Berdasarkan update Google di laman G Suite Status Dasboard, sejumlah layanan Google yang mengalami gangguan antara lain adalah Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Slides, Google Groups, Google Chat, Meet, Keep, hingga Google Voice.

Pihak Google menyebut pihaknya telah melakukan investigasi atas masalah yang menimpa Gmail dan Google Drive. Google juga berjanji untuk memberikan info lebih lengkap setelahnya.

Sumber: liputan6.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom