Logo Youtube (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Youtube dituding memberikan perlakuan istimewa kepada youtuber yang populer di platformnya. Perlakuan spesial itu terkait moderasi konten yang diunggah youtuber kondang.

Dikutip dari The Washington Post, Selasa (13/8/2019), tudingan tersbut muncul dari moderator konten di Youtube. Mereka menilai youtuber kondang itu tidak mendapat hukuman yang sama dengan lainnya jika konten mereka melanggar aturan Youtube.

Jadi, rekomendasi dari moderator untuk menghapus iklan dari video yang melanggar aturan seing kali dibatalkan oleh atasan masing-masing jika melibatkan youtuber terkenal.

Para moderator menyebut youtuber kondang tersebut menjelma sebagai anak emas Youtube. Adapun beberapa yang dimaksud adalah Logan Paul, Steven Crowder, dan Felix ‘PewDieDie’ Kjellberg.

Mereka tercatat pernah mengunggah konten yang melanggar ketentuan Youtube. Namun, mereka tidak mendapatkan hukuman karena popularitas yang melejit.

Tudingan tersebut dibenarkan oleh salah satu konten kreator Youtube, Roberto Blake. Menurutnya, perlakuan istimewa terhadap youtuber ternama itu seperti standar ganda. Hal ini mungkin terjadi karena konten mereka mendulang pemasukan iklan yang besar bagi Youtube.

Bukan hal aneh bagi para youtuber terkenal menghindari aturan kebijakan konten Youtube,” terang Roberto Blake.

Youtube menepis tudingan tersebut. Mereka mengaku sudah banyak berinvestasi pada orang, alat, dan teknologi yang dibutuhkan untuk meningkatkan tanggung jawab. Mereka mengaku memperlakukan semua konten kreator dengan standar yang sama.

“Kami menerapkan peraturan yang ada secara konsisten. Tidak peduli siapapun kreatornya,” terang pihak Youtube.

Bos Youtube, Susan Wojcicki, menegaskan perusahaannya punya standar khusus untuk menghapus dan menghentikan monetisasi video.

“Youtube punya standar tinggi untuk monetisasi konten,” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten