Tutup Iklan

Yonathan Hendryk Setyawan Ingin Sebarkan Ilmu Wushu Tradisional

Yonathan Hendryk Setyawan, 46, wajib jadi rujukan untuk ilmu bela diri tradisional Tiongkok di Kota Solo. Ia adalah generasi ketiga yang mewarisi kungfu atau wushu tradisi yang dimiliki Shifu (guru) Kwik Tjong Thay.

Yonathan Hendryk Setyawan Ingin Sebarkan Ilmu Wushu Tradisional

SOLOPOS.COM - Yonathan Hendryk Setyawan / Istimewa

Bicara ilmu bela diri kungfu di Solo, Yonathan Hendryk Setyawan, 46, wajib jadi rujukan. Ia adalah generasi ketiga yang mewarisi kungfu atau wushu tradisi yang dimiliki Shifu (guru) Kwik Tjong Thay. Shifu Kwik Tjong Thay mewariskan ilmu kungfu kepada anaknya Shifu Kwik Ek Jo. Selanjutnya, ilmu itu diwariskan oleh Kwik Ek Jo kepada sang anak, Hendryk.

Namun Hendryk pernah berlatih langsung bersama sang kakek pada usia empat tahun untuk menguasai jurus Sam Chien yang merupakan gerakan jurus dasar Wu Zu Quan alias Pukulan/Tinju Lima Leluhur (five ancestors fist/boxing). Setelah menguasainya pada usia SD, Hendryk mulai diajarkan jurus-jurus lain. Hendryk juga mempelajari ilmu senjata dari ayahnya yaitu senjata toya dan golok kembar. Secara autodidak ia juga menguasai senjata kungfu tradisional dan nunchaku fight style tunggal dan ganda.

Tak ingin warisan berharga dari leluhurnya lenyap begitu saja, bapak satu anak tersebut akhirnya membuka Sasana Eagle Fist Kungfu Fighting di Solo sejak 1998. Sasana itu khusus mengajarkan jurus-jurus tradisional. “Saya hanya ingin warisan leluhur tetap lestari dengan mengajarkannya,” ungkap lelaki ramah itu saat ditemui Espos di wilayah Banjarsari, Jumat (18/1) pagi.

Kini, di sasana yang berada di De Living Kratonan, Jl. Yos Sudarso 188 Kratonan, Solo, itu sekitar 40 orang berlatih secara rutin pada Selasa-Sabtu, kebanyakan anak-anak. Jika dihitung sejak sasana itu berdiri, tak kurang dari 500 murid sudah mengambil ilmu dari Shifu Hendryk. Lelaki yang hobi melukis itu mengatakan tetap setia dengan wushu tradisi. “Harapan saya beberapa tahun lagi wushu tradisi bisa masuk kejuarana resmi seperti porprov, PON atau yang lain,” terang lelaki yang tinggal di kawasan Solo Baru tersebut.

Peraih medali perak dalam kejuaraan di Tiongkok sekitar tiga tahun lalu itu menjelaskan sasananya juga terus menunjukkan prestasi. Yang terbaru, empat atlet sasana tersebut sukses menyabet medali dalam ajang 1st Bali International Kungfu Championship 2018 di Nusa Dua, Bali, 17-22 Desember lalu. Eagle Fist juga menjadi juara umum kategori wushu tradisi pada Kejuaraan Nasional Terbuka Eagle Fist Championship Piala Wali Kota Solo dan Piala Rektor Unisri 2017. Mereka juga sukses menjadi juara umum Piala Rektor Unnes ke-3 pada 10-13 Mei 2018.

Agen Irea Properti Solo tersebut akan terus melestarikan kungfu karena sudah menjadi bagian kehidupan yang tak bisa dipisah. Menurutnya, filosofi kungfu melatih disiplin dan mental dalam bidang apa pun.

Berita Terkait

Berita Terkini

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.

Klaten Zona Merah, Anak Balita Dan Kelompok Rentan Dilarang Ke Pusat Perbelanjaan

Instruksi Bupati Klaten melarang anak balita, warga lansia, ibu hamil, dan kelompok rentan lainnya masuk ke pusat perbelanjaan.