SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

JOGJA — Semakin ketatnya persaingan pasar antara Personal Computer (PC), notebook dan tablet atau web book membuat beberapa produsen notebook atau laptop diprediksi akan melakukan aksi banting harga di Yogyakomtek 2012 yang akan dilaksanakan pada 29 September 3 Oktober di Jogja Expo Center (JEC).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Wakil Ketua Asosisai Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Hadi Santono mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan lembaga internasional independen marketing GFK, pada 2012 pangsa pasar tablet terus menggerus pasar PC dan notebook. Saat ini, pasar tablet naik lima kali lipat atau naik sebesar 528% dibandingkan tahun lalu. Sementara pangsa pasar PC turun dari sebelumnya 16,4 % 2011, pada Januari-Juni menjadi 11,9% dan notebook atau laptop juga turun dari 57,4% menjadi 47,1%.

“Ini akan membuat beberapa produsen, pengusaha maupun distributor menghadirkan harga gila-gilaan bahkan banting harga untuk mengeluarkan stok notebook atau laptop yang masih banyak dimiliki,” ujarnya kemarin.

Kondisi tersebut terpaksa dilakukan karena jika stok tidak segera dikeluarkan, hanya akan menumpuk dan dikhawatirkan semakin tergerus tablet. Dalang ajang pameran nanti, diprediksi tablet dengan teknologi terbaru akan menjadi incaran masyarakat. Notebook atau laptop juga akan diserbu karena harga yang ditawarkan sangat menarik.

“Apalagi Yogyakomtek ini kesempatan terakhir bagi para pengusaha, distributor komputer di DIY untuk mengeluarkan produknya secara besar-besaran pada 2012. Jadi siap-siap saja dengan harga heboh di pameran kali ini,” tambah Ketua Panitia Yogyakomtek 2012 Taniman Sutanto pada kesempatan yang sama.

Taniman menambahkan ajang pameran komputer yang menjadi ajang penjualan terbesar di seluruh DIY dan Jateng akan menghadirkan produk IT terbaru terutama tablet dan diikuti 194 peserta yang terdiri dari produsen, distributor dan juga pengusaha komputer.

Dihadirkan dengan tema Touch Me yang berarti juga perubahan era dari laptop, notebook dan PC ke tablet, pameran kali ini diprediksi bisa meraih transaksi hingga Rp40 miliar dengan target jumlah pengunjung mencapai 150.000 orang. Target tersebut naik jika dibanding 2011 lalu yang pencapaian akhir pameran mencapai Rp30 miliar dengan 135.000 pengunjung.

“Melalui pameran ini kami juga ingin mengedukasi masyarakat untuk membeli tablet hanya di toko komputer,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya