Tutup Iklan
Yeay! Vaksin Covid-19 Buatan China Tiba di Indonesia, Tapi…
Ilustrasi vaksin virus corona. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Vaksin Covid-19 buatan China, Sinovac, telah tiba di Indonesia, Minggu (19/7/2020). Vaksin tersebut telah diserahkan ke perusahaan farmasi Indonesia, Bio Farma, untuk diuji klinis.

Hal tersebut disampaikan Plt Jubir Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah. Keja sama antara Indonesia dengan perusahaan farmasi China, Sinovac Biotech, ini merupakan diplomasi pemerintah dalam jangka pendek.

“Dari RRT, untuk uji klinis bekerja sama dengan Bio Farma. Kemlu memfasilitasi proses awalnya. Namun selanjutnya bisnis to bisnis,” terangnya seperti dilansir Suara.com, Senin (20/7/2020).

Geger! 1 Jam Hamil, Wanita Ini Mendadak Melahirkan Bayi Laki-Laki

Sementara itu Jubir Gugus Tugas Covid-19 pusat, Achmad Yurianto, menegaskan vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia tidak didatangkan Kementerian Kesehatan. Oleh sebab itu sampai saat ini dia masih mencari informasi terkait kabar tersebut.

“Sementara bukan Kemenkes yang mendatangkan. Sedang kita carikan infonya,” tegas Yuri seperti dikabarkan Okezone.

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 Sinovac yang telah tiba di Indonesia merupakan kandidat terdepan dalam upaya pengobatan wabah. Vaksin ini telah memasuki uji coba fase III pada awal Juli dan menjadi salah satu yang memasuki tahap percobaan akhir.

Cerita Warga Jogonalan Klaten Temukan Harta Karun Peninggalan China dan Hindu Klasik di Sawah

Di Indonesia, Sinovach Biotech bekerja sama dengan Bio Farma untuk uji coba tahap III. Selain Indonesia, vaksin ini juga dikirim ke Brasil dan beberapa negara Eropa lainnya.

Pada proses uji coba di Indonesia nanti Bio Farma bekerja sama dengan Universitas Padjajaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Tak lupa, Bio Farma juga berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Menkes Terawan Agus Putranto sebelumnya menyebut vaksin dari Sinovac ini akan mendapat izin edar di Indonesia awal 2021.

Kapan Akhir Pandemi Covid-19 di Indonesia? Ini Prediksi Pakar UGM Jogja

 

Sumber: Suara.com, Okezone


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho