SOLOPOS.COM - Yaya Toure/dok

Yaya Toure/dok

ACCRA—Yaya Toure tampil gemilang selama 2012 bersama klub dan juga negaranya. Itulah yang membuatnya berhasil mempertahankan gelar Pesepakbola Terbaik Afrika di tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diwartakan Reuters, dalam acara gala dinner CAF (Konfederasi Sepakbola Afrika) di Accra, Ghana, Jumat (21/12/2012) dinihari WIB Yaya mengalahkan dua pesaing terberatnya yakni Didier Drogba dan Alex Song.

Kedua pemain itu khususnya Drogba juga punya prestasi mentereng tahun ini di mana ia berhasil membawa Chelsea jadi juara Liga Champions dan Piala FA.

Namun, keberhasilan Yaya jadi pilar penting Manchester City saat menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 44 tahun terakhir jadi nilai lebih gelandang 29 tahun itu, plus membawa Pantai Gading ke final Piala Afrika sebelum kalah dari Zambia.

Musim lalu Yaya tampil 43 kali dan membuat sembilan gol. Ia jadi nyawa permainan City di lini tengah bersama David Silva.

Alhasil Yaya pun mempertahankan titel Pemain Terbaik Afrika yang direbutnya tahun lalu. Ini untuk keempat kalinya pemain asal Pantai Gading mampu memenanginya setelah Drogba di tahun 2005 dan 2009.

Gelar pemain terbaik Afrika terbanyak masih dipegang Samuel Eto’o (4 kali) sementara negara asal si pemain yang paling sering adalah Kamerun (12 kali).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya