Yarsis Segera Urus Izin Operasional Setelah Segel RSIS Sukoharjo Dibuka

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Yayasan Rumah Sakit Islam Surakarta (Yarsis) di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, segera mengurus izin operasional RSIS setelah karyawan membuka segel pintu gerbang rumah sakit tersebut, Selasa (26/2/2019).

Ketua Pengawas Yarsis, M. As’ad, optimistis RSIS bakal kembali beroperasi dalam waktu dekat. Dia bakal mengurus izin operasional rumah sakit sembari menunggu hasil pengecekan peralatan medis.

As’ad ingin mengembalikan pamor RSIS yang menjadi primadona masyarakat untuk berobat di wilayah satelit Solo. “Sesuai putusan Mahkamah Agung [MA] menyebutkan pengelolaan rumah sakit diserahkan ke Yarsis. Putusan ini paling tinggi dan harus segera dijalankan. Mudah-mudahan pengecekan peralatan medis dan pembersihan gedung rumah sakit rampung dalam satu pekan atau dua pekan,” kata dia di sela-sela pemeriksaan sarana prasarana RSIS, Selasa.

Pantauan Solopos.com, ratusan karyawan berkumpul di depan pintu gerbang rumah sakit sekitar pukul 06.30 WIB. Mereka lantas membuka segel pintu gerbang rumah sakit. Mereka membawa peralatan kebersihan seperti sapu lidi, cetok hingga arit.

Ratusan karyawan itu langsung masuk ke area rumah sakit. Para karyawan ingin melihat kondisi rumah sakit termasuk fasilitas dan peralatan medis. Mereka juga ingin membersihkan kotoran dan sampah di area rumah sakit lantaran tak beroperasi selama berbulan-bulan.

Raut muka masing-masing karyawan terlihat semringah bercampur haru. Mereka akhirnya kembali menjejakkan kaki di area rumah sakit setelah dirumahkan pada pertengahan 2018 lalu. Para karyawan masih menyimpan asa agar RSIS kembali beroperasi melayani masyarakat yang berobat.

“RSIS merupakan rumah kedua bagi para karyawan. Kami senang sekali bisa masuk ke area rumah sakit setelah kebijakan direksi rumah sakit merumahkan karyawan pada 2018,” kata seorang karyawan bagian SDM di RSIS, Nurhaida Martiana, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa.

Karyawan putri langsung membersihkan sampah dan rumput liar di sekitar masjid. Sementara karyawan putra berupaya masuk ke gedung rumah sakit lewat ruang instalasi gawat darurat (IGD).

Seorang karyawan berhasil masuk ruangan IGD melalui jendela. Dia lantas membuka pintu IGD dari dalam. Para karyawan lantas masuk ke gedung rumah sakit dan mengecek kondisi peralatan kantor dan medis di masing-masing ruangan.

“Saya berharap rumah sakit bisa segera kembali beroperasi lagi. Nasib karyawan terkatung-katung selama berbulan-bulan. Ada yang membuka toko kelontong, katering hingga mengumpulkan barang rongsok demi menyambung hidup,” papar dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Menari Bermasker di Pendapa Bupati Wonogiri Jadi Tantangan Tersendiri

Menari memakai masker adalah tantangan tersendiri karena membuat ngos-ngosan atau sulit bernapas.

4 Bahan Kimia Ini Harus Dicoret dari Produk Kecantikan

Ada sejumlah bahan kimia di produk kecantikan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Pemadaman Listrik Karanganyar Hari Ini (21/10/2021), Daerah Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar hari ini, Kamis (21/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Ini daerah yang terdampak.

Objek Wisata Dibuka, Desa Conto Wonogiri Ramai Didatangi Wisatawan

Kali terakhir objek wisata ini banyak didatangi pengunjung pada momen libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021).

Dimutasi Setelah Picu Kontroversi, Aipda Ambarita: Satya Haprabu!

Aksi Ambarita menuai banyak kritik, salah satunya dari Kompolnas yang menyebut menggeledah tanpa surat perintah keliru.

Doa Ketika Ada Petir dan Hujan Lebat, Dilengkapi Latin Plus Artinya

Berikut ini terdapat doa ketika ada petir dan hujan turun dengan lebat, yang dilengkapi dengan latin beserta artinya.

Eaalaah...Admin Humas Polda Cecar Warganet di DM Instagram

Selain menegur, admin akun Humas Polda Kalteng juga meminta warganet tersebut untuk datang ke Kantor Humas Polda Kalteng.

Lirik Lagu Buih Jadi Permadani - Woro Widowati feat Nophie 501

Berikut ini lirik lagu Buih Jadi Permadani dari Woro Widowati feat Nophie 501. yang tayang pada Minggu, 17 Oktober 2021 di Youtube dan trending.

Uji Petik Digelar Lagi, Tak Ada Klaster Covid-19 Sekolah di Klaten

Uji petik dilakukan dengan sasaran 10 siswa dan dua guru di setiap kecamatan.

Satgas Klaten Tepis Anggapan Vaksinasi hanya Syarat ke Objek Wisata-Mal

Edukasi terkait vaksinasi masih perlu dilakukan meski capaian vaksinasi di Klaten secara umum sekitar 76,84 persen.

Hasil Lengkap Liga Champions: Chelsea Menang Telak, MU Nyaris Keok

Pertandingan ketiga Grup E hingga Grup H telah selesai pada Kamis (21/10/2021) dini hari WIB.

Populasi Koala Berkurang, Ilmuwan Australia Uji Coba Vaksin Klamidia

Para ilmuwan di sebuah universitas Australia berharap dapat membantu agar populasi koala yang kian berkurang menjadi lebih sehat dengan vaksin klamidia untuk hewan berkantung.

Batasan Usia Dicabut, Ini Poin-Poin Aturan SE Terbaru Wali Kota Solo

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru yang meniadakan aturan pembatasan usia anak-anak boleh mengunjungi mal, tempat wisata, dan tempat umum lainnya.

Pembatasan Kuota Solar Bersubsidi, Sopir Ngaku Rugi Waktu dan Materi

Sejumlah pengusaha dan sopir mengeluhkan pembatasan kuota BBM subsidi jenis biosolar yang membuat rugi tenaga dan waktu.

Jokowi Minta Bupati Awasi Pembelajaran Tatap Muka

Berkaca dari pengalaman negara lain, kasus Covid-19 kembali meningkat saat PTM kembali digelar.

Round Up: Atap Masjid Besar Nguter Sukoharjo Ambrol, Salah Konstruksi?

Polisi menduga ada kesalahan konstruksi pada rangka atap serambi Masjid Besar Al Furqon, Nguter, Sukoharjo, yang ambrol pada Rabu (20/10/2021).