SOLOPOS.COM - Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur. (detikcom)

Solopos.com, BANYUWANGI — PT KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Ketapang-Yogyakarta. Kebijakan itu untuk mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi.

Namun, pengoperasian kembali KA Mutiara Timur itu masih terbatas dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Vice President KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Broer Rizal, menyatakan pengoperasian KA Mutiara Timur untuk memberikan pilihan kereta api sesuai jam operasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Pemilik Channel Aktual TV Ditahan, 765 Konten Hoaks Bermotif Ekonomi

Selain itu, Daop 9 Jember berharap Mutiara Timur bisa memfasilitasi wisatawan yang ingin ke Banyuwangi dan Yogyakarta maupun sebaliknya. Namun, KA Mutiara Timur belum akan beroperasi penuh.

“Untuk sementara KA Mutiara Timur hanya beroperasi dua hari dalam sepekan, yakni Jumat dan Minggu saja. Dimulai tanggal 15, 17, 22, 24, 29 dan 31 Oktober 2021,” kata Broer seperti dilansir detikcom, Jumat (15/10/2021).

Selain KA Mutiara Timur, Daop 9 juga mengoperasikan kereta api lain, seperti KA Ranggajati rute Jember-Cirebon dan KA Wijayakusuma rute Ketapang-Cilacap. Dua kereta api itu beroperasi setiap hari mulai Kamis (7/10/2021) hingga Minggu (31/10/2021).

Baca Juga : PT Inka Madiun Selesaikan 31 Train Set LRT Jabodebek, Siap Menjajal?

Broer mengingatkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi penumpang yang ingin menggunakan kereta api jarak jauh. Beberapa syarat yang dimaksud, menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 minimal satu dosis.

“Data vaksinasi Covid-19 akan otomatis muncul pada layar komputer saat petugas boarding memeriksa. KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding,” jelasnya.

Jika keterangan vaksinasi Covid-19 tidak muncul pada aplikasi PeduliLindungi maka pengecekan dilakukan secara manual. Penumpang cukup menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 kepada petugas boarding.

Baca Juga : Pohon dan Ijuk Penutup Tak Ketemu, Gimana Nasib Sendang Kuncen Madiun?

Syarat berikutnya, surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2 x 24 jam atau hasil negatif rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. PT KAI sudah mengizinkan penumpang dengan usia di bawah 12 tahun.

“Meskipun persyaratan lengkap, apabila suhu tubuh saat proses bording melebihi 37,3 derajat Celsius atau sedang sakit maka penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan. Tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian 100 persen sesuai harga tiket,” ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y. Bramuda, menyambut baik pengoperasian KA Mutiara Timur rute Banyuwangi-Yogyakarta. “Tentu kami menyambut baik perjalanan kereta api ke Banyuwangi. Ini membuat pemulihan wisata semakin cepat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya