Tutup Iklan

Yang Mau ke Banyuwangi, KA Mutiara Timur Jalan Lagi... Catat Jadwalnya

PT KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Ketapang-Yogyakarta untuk mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi.

 Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur. (detikcom)

SOLOPOS.COM - Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur. (detikcom)

Solopos.com, BANYUWANGI — PT KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Ketapang-Yogyakarta. Kebijakan itu untuk mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi.

Namun, pengoperasian kembali KA Mutiara Timur itu masih terbatas dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Vice President KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Broer Rizal, menyatakan pengoperasian KA Mutiara Timur untuk memberikan pilihan kereta api sesuai jam operasional.

Baca Juga : Pemilik Channel Aktual TV Ditahan, 765 Konten Hoaks Bermotif Ekonomi

Selain itu, Daop 9 Jember berharap Mutiara Timur bisa memfasilitasi wisatawan yang ingin ke Banyuwangi dan Yogyakarta maupun sebaliknya. Namun, KA Mutiara Timur belum akan beroperasi penuh.

“Untuk sementara KA Mutiara Timur hanya beroperasi dua hari dalam sepekan, yakni Jumat dan Minggu saja. Dimulai tanggal 15, 17, 22, 24, 29 dan 31 Oktober 2021,” kata Broer seperti dilansir detikcom, Jumat (15/10/2021).

Selain KA Mutiara Timur, Daop 9 juga mengoperasikan kereta api lain, seperti KA Ranggajati rute Jember-Cirebon dan KA Wijayakusuma rute Ketapang-Cilacap. Dua kereta api itu beroperasi setiap hari mulai Kamis (7/10/2021) hingga Minggu (31/10/2021).

Baca Juga : PT Inka Madiun Selesaikan 31 Train Set LRT Jabodebek, Siap Menjajal?

Broer mengingatkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi penumpang yang ingin menggunakan kereta api jarak jauh. Beberapa syarat yang dimaksud, menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 minimal satu dosis.

“Data vaksinasi Covid-19 akan otomatis muncul pada layar komputer saat petugas boarding memeriksa. KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding,” jelasnya.

Jika keterangan vaksinasi Covid-19 tidak muncul pada aplikasi PeduliLindungi maka pengecekan dilakukan secara manual. Penumpang cukup menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 kepada petugas boarding.

Baca Juga : Pohon dan Ijuk Penutup Tak Ketemu, Gimana Nasib Sendang Kuncen Madiun?

Syarat berikutnya, surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2 x 24 jam atau hasil negatif rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. PT KAI sudah mengizinkan penumpang dengan usia di bawah 12 tahun.

“Meskipun persyaratan lengkap, apabila suhu tubuh saat proses bording melebihi 37,3 derajat Celsius atau sedang sakit maka penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan. Tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian 100 persen sesuai harga tiket,” ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y. Bramuda, menyambut baik pengoperasian KA Mutiara Timur rute Banyuwangi-Yogyakarta. “Tentu kami menyambut baik perjalanan kereta api ke Banyuwangi. Ini membuat pemulihan wisata semakin cepat,” ujar dia.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Ibu Novia Tolak Autopsi, Kasus Bunuh Diri Anaknya Dianggap Musibah

Ibu Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerto yang bunuh diri di makam sang ayah, sudah ikhlas menerima kasus kematian anaknya sebagai musibah.

Kasus Novia Bunuh Diri, Ini Pengakuan Ibunya

Ibunda Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerjo, Jatim, yang bunuh diri di kuburan ayahnya menolak jasad anaknya diautopsi dan meminta kasus tersebut tidak dibesar-besarkan.

Catatan Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818-2021

Gunung Semeru memiliki catatan sejarah erupsi yang panjang sejak 1818 sampai sekarang.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Lumajang Diminta Jauhi DAS

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Seluruh Rumah Warga di Satu Dusun Hancur Akibat Erupsi Gunung Semeru

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melaporkan hampir seluruh rumah di satu dusun hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

Potensi Erupsi Susulan Gunung Semeru, Ini Kata PVMBG

PVMBG mengaku terus memantu potensi terjadinya erupsi susulan di Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim), yang baru saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Lewat Siaga Kita, Pekerja Informal di Madiun Terima Perlindungan Sosial

Pemkot Madiun memberikan jaminan sosial bagi pekerja informal melalui program Siaga Kita, yakni jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Sejarah Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim

Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali meletus atau erupsi, berikut sejarah erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu.

Kisah Pilu Mahasiswi Mojokerto Viral Lewat Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di jagat Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang diduga bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Semeru 2 Kali Muntahkan Guguran Lava Pijar, Dua Kecamatan Gelap Pekat

PVMBG Kementerian ESDM menyebut dua guguran lava pijar meluncur dengan jarak 500 meter dan 800 meter.

Gunung Semeru Erupsi, Begini Suasana di Lumajang

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengalami erupsi atau meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Beredar Isi Percakapan Mahasiswi Mojokerto Sebelum Meninggal, Soal Apa?

Sejumlah tangkapan layar berisi percakapan mendiang NWR, 23, dengan seseorang yang dia panggil "Mama" beredar di media sosial.

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).