SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas U-19 merayakan kemenangan dalam suatu pertandingan. Ist/ilustrasi/dokumentasi

Harianjogja.com, SLEMAN—Meski berhasil menang dengan tiga gol tanpa balas di laga uji coba pertama kontra Timnas Yaman U-19 di Stadion Maguwoharjo Kamis (23/5/2014) malam lalu, namun Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengaku belum puas.

Setidaknya dari hasil evaluasi yang dilakukannya, dua kelemahan ditemukan. Kelemahan itu adalah tingkat emosional yang tinggi dan naluri mencetak gol yang rendah masih terlihat dalam laga tersebut. Oleh karena itu, di laga uji coba kedua kontra tim yang sama yang juga digelar di stadion yang sama pula, Indra Sjafri fokus pada pembenahan dua poin yang menjadi kelemahan timnya tersebut.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Di laga pertama, tingkat emosional anak asuhnya memang terbilang tak terkontrol, terlebih di babak pertama. Padahal, seharusnya di babak pertama pemain bisa lebih mengontrol emosi lantaran kondisi stamina masih terbilang prima.

“Tapi sepertinya persoalan pemain kami bukan lantaran kondisi stamina, melainkan pada psikologi mereka. Untuk itu, pskiater kami sudah berupaya melakukan konseling terhadap para pemain,” ucapnya.

Di laga uji coba keduanya tersebut, beberapa pemain yang tak masuk dalam starting eleven saat laga pertama, kemungkinan akan diberikan kesempatan. Selain menghemat stamina, hal ini dilakukan Indra juga dalam upaya memberikan jam terbang lebih pada pemain lainnya.

“Saat ini kami masih dalam tahap seleksi. Jadi saya harus melihat kemampuan semua pemain saat pertandingan,” imbuhnya.

Meski begitu, ia membantah jika akan melakukan perombakan total pada skuatnya di laga uji coba kedua. Kerangka utama dan pola 4-3-3 diakuinya tetap akan dipertahankan. Terlebih di lini belakang, nama stopper Hansamu Yama dan Sahrul Kurniawan kemungkinan tetap akan mengisi daftar starter skuat Garuda Jaya (julukan Timnas Indonesia U-19).

Sementara untuk penjaga gawang, besar kemungkinan Indra Sjafri akan mengistirahatkan Ravi Murdianto dan menggantinya dengan Awan Setho. Begitu juga di lini tengah dan depan, nama-nama macam Paulo Sitanggang dan Zulfiandi yang tampil gemilang di laga perdana kemungkinan juga akan diistirahatkannya.

Pasalnya, di bangku cadangan, Indra Sjafri masih memiliki sejumlah nama seperti M.Hargianto, Ichsan Kurniawan, dan Hendra Sandi. “Kami juga masih memiliki Alqomar Tehupelasury,” cetus Indra.

Sementara di lini depan, kemungkinan besar Indra akan memberikan kesempatan lebih pada Dinan Javier dan Septian David Maulana yang tampil gemilang sebagai pemain pengganti di laga pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya