SOLOPOS.COM - Motor listrik konsep, Yamaha E01. (Momotor.id)

Solopos.com, SOLO — Pasar sepeda motor listrik mulai ramai sehingga banyak produsen sepeda motor mulai memasarkan produknya. Apalagi pemerintah mendukungnya dengan menyiapkan stasiun pengisian kendaraan listrik imum (SPKLU).

Salah satu produsen otomotif yang juga tertarik dengan pasar motor listrik adalah Yamaha, di mana melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memamerkan motor konsep bertenaga listrik yakni Yamaha E01 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Otorider.com dan Momotor.id penampakan motor listrik konsep di IIMS Hybrid 2022 ini dari sisi desainsekilas mirip Yamaha NMax. Menurut Manager Public Relations YRA and Community YIMM, Antonius Widiantoro, memang ada yang menyebut mirip Yamaha NMax.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rekomendasi 2022, Pas Buat Mudik Lebaran

Kendati sudah dipamerkan, namun masih bersifat sepeda motor konsep dan belum dijual. Menurut Antonius saat ini tujuan Yamaha memamerkan motor konsep listrik tersebut untuk dapat melihat reaksi pasar. Sehingga peminatnya belum dapat membawa pulang motor listrik tersebut.

“Yamaha saat ini ingin menunjukkan ke masyarakat dan minta pendapat masyarakat. Bukan hanya soal listriknya tapi mengenai desainnya juga kami tanyakan,” tambahnya.

Mengenai sistem baterai E01, Anton masih enggan mengungkapkannya. Belum diketahui apakah E01 akan menggunakan sistem swap baterai alias tukar baterai. Karena Yamaha ingin melihat respons masyarakat atas Yamaha E01

Baca juga: Motor Listrik VS Motor Bensin Iritan Mana, Cek Yuk

“Soal baterai swap, kita butuh waktu dan melihat respon masyarakat terlebih dahulu. Dan teknologi baterai saat ini terus berkembang. Kita belum tahu apakah menggunakan sistem baterai swap, karena kita lihat dulu respon masyarakat,” tuturnya.

Anton kembali menegaskan bahwa kehadiran Yamaha E01 di Indonesia hanya sebagai edukasi. “Jadi poinnya bagaimana masyarakat bisa teredukasi soal elektrifikasi, dan ini masih membutuhkan waktu,” kata Anton.

Motor listrik konsep Yamaha E01 disebutkan memiliki penggerak berkekuatan 8,1 kW yang dapat melaju hingga 100 km/jam. Dari segi jarak, Yamaha E01 dapat menempuh 104 kilometer dengan persyaratan kecepatan rata-ratanya hanya 60 km/jam.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya