SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia, Adam Alis dan Ricky Kambuaya, berlatih keras bersama rekan-rekannya di Antalya, Turki, Kamis (28/12/2023). (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong kembali mengungkapkan optimismenya dalam menatap gelaran Piala Asia 2023.

Berada di grup berat bersama Vietnam, Irak dan Jepang, Shin Tae-yong yakin anak asuhnya bisa memberikan hasil terbaik.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Indonesia berada di Grup D bersama dengan Vietnam, Irak dan Jepang.

Ketiganya merupakan lawan tangguh bagi Asnawi Mangkualam, dkk.

“Menghadapi Piala Asia nanti, saya tetap berani dan optimistis, karena saya melihat para pemain sangat bekerja keras, dengan itu pasti akan bisa mewujudkan target yang kita inginkan,” tegas Shin seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Kamis (28/12/2023).

Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan saat ini kondisi para pemainnya sangat baik.

Ia mengakui membuat program latihan dengan intensitas tinggi selama Timnas pemusatan latihan di Turki.

“Namun pasti juga mereka merasa lelah dan pegal, karena sampai sebelum berangkat ke Qatar, saya membuat jadwal atau program latihan selama di Turki dengan intensitas tinggi,” ungkapnya.

Pelatih yang mengalahkan Jerman 2-0 dalam laga fase grup di Piala Dunia 2018 itu menerapkan latihan passing pendek untuk skuat Garuda.

Cara itu dinilai ampuh untuk melumpuhkan strategi tiga lawan Indonesia yakni Vietnam, Irak dan Jepang.

“Latihan hari ini fokus bagaimana kita meruntuhkan lini lawan dengan cara passing pendek, dan di ruang kecil itu bagaimana kita bisa passing dan orang ketiga yang bergerak,” lanjut dia.

Shin mengungkapkan mengenai tanggal kedatangan dan bergabungnya beberapa pemain seperti Jordi Amat, Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Elkan Baggott dan Justin Hubner.

Jordi Amat terlambat hadir ke TC di Turki karena sebelumnya menjalani terapi di negara asalnya, Spanyol.

“Untuk Jordi, memang sebelumnya sudah izin ke saya untuk terapi di Spanyol, jadi selama liga berjalan di Malaysia kemarin dia ada cedera bahu, tetapi dengan ada cedera dia tanding terus. Untuk terapi itu dia datang ke Spanyol. Kemungkinan besok dia akan bergabung,” tutur Shin.

Kemudian untuk Rafael, Ivar dan Sandy, bergabung hari ini sementara Elkan Baggot dan Justin Hubner bergabung pada 1 dan 2 Januari 2024.

Para pemain akan menjalani TC Turki hingga 6 Januari 2024 nanti. Selain latihan, mereka juga dijadwalkan menjalani rangkaian uji coba.

Tanggal 2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya di Antalya, kemudian di 9 Januari melawan Iran di Qatar.

Selanjutnya, hanya 26 pemain kemudian akan dibawa ke Qatar untuk melakoni Piala Asia 2024.

Timnas Indonesia bakal bersaing dengan Vietnam, Irak dan Jepang di Grup D Piala Asia 2024.

Laga perdana skuad Garuda melawan Irak pada 15 Januari 2024 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya