SOLOPOS.COM - Pasangan cawali-cawawali dari jalur perseorangan Pilkada Solo 2020, Bajo, menerima piagam pernyataan dukungan dari organisasi Solo Madani, Minggu (15/11/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Organisasi kemasyarakatan (ormas) Solo Madani mendeklarasikan dukungan untuk pasangan cawali-cawawali dari jalur perseorangan Pilkada Solo 2020, Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo.

Deklarasi berlangsung Minggu (15/11/2020) siang di Gedung IPHI Baron, Laweyan, Solo. Hadir dalam deklarasi tersebut pasangan Bajo, Ketua Ormas Panji-Panji Hati atau Tikus Pithi Hanata Baris (TPHB), Tuntas Subagyo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juga dua sesepuh Solo Madani, Oesman Amirudin dan Tjipto Subadi. Ketua Panitia Deklarasi Dukungan Solo Madani untuk Bajo, Khoirul Akhyar, dalam wawancara dengan wartawan mengaku sudah menelusuri latar belakang dan visi misi Bajo.

Segera Berlaku, Masuk Kebun Binatang TSTJ Solo Dan Wahananya Cukup Scan QR Code

Hal itu terutama terkait isu yang menyebutkan mereka adalah pasangan boneka. Dari banyaknya informasi yang masuk ke Solo Madani, menurut Khoirul, Bajo bukanlah pasangan cawali-cawawali boneka Pilkada 2020 seperti tuduhan sebagian kalangan.

“Setelah kami telusuri, kami punya banyak informasi, kami pastikan Bajo bukan pasangan boneka,” ujarnya.

Khoirul menguraikan pasangan Bajo diusung oleh Tikus Pithi Hanata Baris yang tak mempunyai afiliasi dengan partai politik (parpol) apa pun. Bahkan semula Tikus Pithi Hanata Baris mengajukan pasangan calon untuk maju pilkada 20-an daerah.

Pilkada Sukoharjo 2020: Masa Kampanye Tinggal 3 Pekan, Ini Yang Dilakukan EA dan Joswi

Tapi dari proses tersebut, Solo Madani menilai hanya Bajo yang berhasil lolos sebagai cawali-cawawali Pilkada Solo dari jalur perseorangan. “Mereka coba maju di 20 daerah. Namun yang lolos Solo. Tikus Pithi Hanata Baris bukan boneka pemerintah,” katanya.

Elemen Umat Islam

Khoirul mengatakan Solo Madani merupakan organisasi yang terdiri dari sejumlah elemen umat Islam. Solo Madani memilih dukung Bajo lantaran berasal dari, oleh, dan untuk rakyat, yang tak terkontaminasi parpol.

“Sehingga kami harapkan Bajo menjadi wali kota dan wakil wali Kota Solo yang benar-benar mengabdi kepada rakyat. Semoga Bajo bisa memberikan yang terbaik untuk rakyat tanpa perlu adanya campur tangan dari partai politik apa pun,” imbuhnya.

Antisipasi Persebaran Covid-19, Satpol PP Karanganyar Giatkan Pengawasan Acara Festival

Cawali Solo, Bagyo Wahyono, menyambut baik dukungan Solo Madani untuk Bajo pada Pilkada Solo 2o2o. Dia menyatakan siap mengabdi sepenuhnya bagi rakyat Solo bila terpilih pada Pilkada Solo, 9 Desember 2020.

“Demi Allah saya siap tempur, demi Allah ini adalah kesempatan kami sebagai rakyat cilik untuk bisa mengabdikan diri bagi masyarakat Solo. Kami wong cilik ya harus bareng-bareng membangun. Yang belum dapat keadilan ya nanti kami ratakan,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya