SOLOPOS.COM - Regional Marketing Manager Central PT XL Axiata, Nurul Nurnasari (paling kanan) berbincang dengan Pemimpin Perusahaan PT Aksara Solopos, Bambang Natur Rahadi (dua dari kiri), di sela-sela kunjungannya ke Griya Solopos, Jumat (9/11/2012). (JIBI/SOLOPOS/Hijriyah Al Wakhidah)

Regional Marketing Manager Central PT XL Axiata, Nurul Nurnasari (paling kanan) berbincang dengan Pemimpin Perusahaan PT Aksara Solopos, Bambang Natur Rahadi (dua dari kiri), di sela-sela kunjungannya ke Griya Solopos, Jumat (9/11/2012). (JIBI/SOLOPOS/Hijriyah Al Wakhidah)

SOLO — PT XL Axiata membidik pertumbuhan layanan data sebesar 30% di tahun 2013. Menurut Regional Marketing Manager Central PT XL Axiata, Nurul Nurnasari, pada 2013 XL akan lebih fokus pada layanan data. Fokus bisnis ini mengikuti pertumbuhan smartphone dan android yang dinilai luar biasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Salah satu yang sudah kami lakukan adalah merilis SP XL Inet 1,5 GB, kartu perdana khusus internet. Kami menawarkan harga kompetitif dan kualitas jaringan yang stabil. Karena jaringan adalah tuntutan utama pasar saat ini,” papar Nurul, di sela-sela kunjungannya ke kantor Grup Media SOLOPOS di Griya Solopos, Solo, Jumat (9/11/2012). Nurul mengatakan apabila sekarang layanan SMS dan suara masih jadi magnet utama, tahun depan trennya akan bergeser ke data. ”Demografi masyarakat yang makin melek teknologi dan menyukai hal-hal yang sifatnya tidak terbatas seperti internet, akan semakin berkembang.”

XL, lanjut Nurul, makin gencar memberikan kampanye jaringan 3G. Tahun 2013 ini XL akan memperbanyak jaringan BTS 3G. ”Ini komitmen kami untuk meningkatkan layanan data kami.” Tidak hanya itu, XL juga siap meningkatkan value added service berbasis data. Yang saat ini mulai dilakukan adalah layanan Mobile Advertising baik berbasis SMS, MMS atau location base advertisment. “Kami juga sudah punya XL Tunai yang mempermudah pelanggan dalam pengiriman uang atau transaksi melalui handphone.” Di kota besar ini bukan hal baru. Maka, XL pun akan mengembangkan pemahaman gaya hidup semacam ini di secondary city atau di daerah yang minim akses layanan umum seperti bank.

Sementara itu, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com belum lama ini PT XL Axiata mencatat petumbuhan kinerja yang baik sepanjang triwulan III 2012. Pendapatan perusahaan tumbuh 14% (yoy) menjadi Rp16 triliun. Layanan data memberikan kontribusi pendapatan paling besar sebesar 60%, disusul layanan SMS 21% serta layanan suara 7%.

“Semakin tingginya minat pasar menggunakan layanan data mendorong pertumbuhan pendapatan serta traffic layanan data. Pelanggan data kami mencapai 25 juta atau 60% dari pelanggan XL,” kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi. Kontribusi layanan data juga meningkat 14% ditahun lalu menjadi 19% di tahun ini. ”XL akan tetap fokus mengembangkan layanan data. Saat ini XL telah membangun lebih dari 10.000 Node B di seluruh Indonesia,” imbuh Hasnul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya