SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO--Ada peristiwa unik pada kunjungan Perdana Menteri Timor Leste, HE Kay Rala Xanana Gusmao di PT Sritex, Sukoharjo, Sabtu (28/1/2012). Mantan orang yang pernah menjadi buron pemerintah RI ini menolak dibantu sejumlah pegawai Sritex ketika hendak menanam pohon jambu Dersono di kebun tanaman langka di kompleks Sritex.

Jika pada lazimnya seorang pejabat pada acara seremonial menanam pohon sering kali dibantu orang lain, Xanana tidak demikian. Dia justru menolak ketika dibantu, mengangkat bibit pohon jambu Dersono yang akarnya masih dibungkus polibek hitam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jangan (dibantu) saya ingin menanam pohon ini sendiri,” ujar Xanana dalam bahasa Indonesia sambil tersenyum dan berusaha menghalangi General Manager Affair PT Sritex, Sri Saptono Basuki bersama temannya saat hendak membantu mengangkat bibit tanaman itu.

Namun karena pohon itu cukup berat, Xanana tampak kesulitan mengangkat bibit tanaman tersebut, Basuki kembali menawarkan bantuannya yang akhirnya disetujui Xanana. Kendati demikian Xanana tetap ikut mengangkat bibit tanaman itu dan menimbun sendiri dengan tanah galian itu dengan sekop hingga selesai.

Keingintahuan Xanana tentang pohon yang ditanam di dekat pohon Belgi yang ditanam mantan Kapolri Rusdihardjo dan dekat pohon Sawo yang ditanam Gubernur Jateng, Bibit Waluyo itu ternyata tak sampai di situ. Dia menanya dengan detil jenis pohon yang ditanamnya tersebut.

Karenanya Basuki menjelaskan dengan gamblang. “Saya sangat terkesan dengan beliau, saya tidak mengira kalau beliau orangnya sangat bersahaja seperti itu. Mungkin beliau tidak mau menyusahkan orang lain ketika hendak menanam pohon itu sehingga ketika kami bantu awalnya beliau menolak,” katanya.

Pada penanaman pohon itu , Xanana mengaku sangat terhormat diberi kesempatan menanam tanaman langka di kebun tanaman langka tersebut. Sebab di kebun itu beberapa orang penting seperti duta besar, perdana menteri negara-negara sahabat dan sejumlah orang-orang penting lainnya dari berbagai negara seperti dari Thailand, Belgia dan sebagainya juga mendapat kehormatan menanam bibit tanaman langka

(JIBI/SOLOPOS/Iskandar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya