Wuih, Crazy Rich Grobogan Joko Suranto Juga Bangun Jalan di Bandung Euy

Pengusaha berjuluk crazy rich Grobogan, Joko Suranto, ternyata juga pernah membangun jalan di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, pakai uang pribadi senilai Rp1 miliar.

 Crazy Rich Grobogan Joko Suranto memuji sekaligus memberi catatan untuk kepemimpinan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jumat (6/5/2022).

SOLOPOS.COM - Crazy Rich Grobogan Joko Suranto memuji sekaligus memberi catatan untuk kepemimpinan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jumat (6/5/2022).

Solopos.com, SOLO — Pengusaha kondang yang dijuluki crazy rich Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Joko Suranto, ternyata tidak hanya membangun jalan umum di kampung halamannya di Desa Jetis, Karangrayung, menggunakan uang pribadinya.

Laki-laki yang sempat bertemu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, beberapa waktu lalu itu ternyata juga pernah membangun jalan di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Saat dihubungi Solopos.com, Joko mengakui hal itu.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Menurutnya, pembangunan jalan di Cicalengka dilakukan pada 2018, sebelum pembangunan jalan di Grobogan. Pembangunan jalan itu menelan anggaran lebih dari Rp1 miliar dengan panjang hampir 900 meter dan lebar 4,25 meter.

“Panjang jalan 800 meter lebih atau hampir 900 meter dengan lebar rata-rata 4,25 meter. Biaya Rp1 miliar lebih,” tulis crazy rich Grobogan itu kepada Solopos.com via Whatsapp (WA), Rabu (18/5/2022). Konstruksi jalan di Cicalengka yang dibangun berupa cor.

Tapi ia mengakui konstruksi cor jalan tersebut tidak menggunakan tulangan besi. “Pembangunannya sekitar Desember 2017 atau awal 2018. Saya lupa persisnya. Yang jelas panjangnya 900-an meter,” urainya.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Gibran, Crazy Rich Grobogan Singgung Tol Solo-Jogja

Joko menuturkan alasan pembangunan ruas jalan di Cicalengka sama dengan alasan pembangunan jalan di Jetis, Grobogan, yaitu kondisinya yang rusak. Apalagi ia sering melintas di ruas jalan tersebut selebar empat meter itu.

crazy rich grobogan
Ruas jalan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), yang dicor oleh crazy rich Grobogan, Jateng, Joko Suranto. (Istimewa)

Ihwal aksinya memperbaiki sejumlah ruas jalan umum menggunakan uang pribadi, crazy rich Grobogan tersebut mengaku hanya ingin berbagi kebaikan dengan sesama. Sesuai visi-misi hidup Joko dan perusahaannya yakni membangun, memberi, dan menginspirasi.

Bermanfaat Buat Sesama

“Nawaitu personal saya ingin jadi orang yang bermanfaat buat sesama,” terangnya. Tapi Joko mengaku merasa sedih ketika dihadapkan kepada fenomena banyaknya orang yang lantas meminta bantuannya untuk sejumlah urusan.

Baca Juga: Tinggal di Solo 12 Tahun, Crazy Rich Grobogan Singgung Pemekaran Daerah

“Ketika viral itu kan banyak yang lalu meminta bantuan, meminta tolong, saya sedih juga. Sedihnya, kok masih banyak yang gampang meminta tolong tanpa kenal. Berarti kan fighting spirit-nya kurang, dan sebagainya,” ungkap Joko.

Dalam perspektif yang lain, dia melanjutkan ketika banyak orang yang meminta bantuan berarti masih banyak warga yang kekurangan. Baik kurang dalam kebutuhan keuangan pribadi, kekurangan aksesibilitas, hingga tempat bekerja.

Kondisi itu berarti butuh dicarikan solusi atau jalan keluar. Yang juga menjadi PR semua pihak, menurut pria berjuluk crazy rich Grobogan, ketatnya persaingan di masa depan membutuhkan keterampilan dan keahlian untuk menyesuaikan diri.

Baca Juga: Tertarik Politik? Crazy Rich Grobogan: Doain Saya Jadi Presiden

Joko ingin tetap bisa berbagi dan membantu sebagian orang yang membutuhkan walaupun tak menjadi pejabat atau politikus. Tapi dia mengakui kemampuan atau sumber dayanya terbatas dalam menolong atau membantu warga.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Indeks Banpol di Karanganyar Diusulkan Naik, PDIP Terima Paling Banyak

Berdasarkan masukan dari parpol, Pemkab Karanganyar mengajukan usulan kenaikan dana bantuan partai politik (banpol) ke Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Konser Di Solo, Dream Theater Dan Kru Bakal Naik Bus Dari Jakarta

Personel dan kru Dream Theater yang akan konser di Solo pada 10 Agustus mendatang bakal naik bus dari Jakarta menuju Kota Bengawan

Fix! Hewan Kurban di Sragen Harus Punya SKKH atau...

Bupati Sragen mewajibkan semua hewan kurban harus memiliki surat keterangan kesehatan hewan atau SKKH. Tim gabungan akan memantau hewan kurban ke masjid-masjid.

Resmi Dibuka, Drive Thru ETP Grab OVO Di Galabo Solo Layani 3 Transaksi

Grab OVO resmi meluncurkan layanan drive thru yang mencakup tiga jenis transaksi pembayaran di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Wow! Perputaran Uang di Pasar Legen Jatinom Capai Miliaran Rupiah

Pasar Legen, pasar tiban yang hanya buka saban pasaran Legi di Lapangan Bonyokan, Kecamatan Jatinom ini telah dikenal masyarakat luas dari berbagai daerah.

Ada Temuan Bakteri, Korban Perkosaan Sukodono Kembali Diperiksa Polisi

Anak asal Sukodono, Sragen, yang diduga diperkosa tetangganya, kembali diperiksa polisi terkait temuan adanya bakteri pada kelamin korban dari hasil pemeriksaan RS.

Awas! Ini OPD Pemkot Solo Yang Rawan Pungli Menurut Anggota DPRD

Ketua Komisi I DPRD Solo Suharsono mengatakan kasus pungli oleh pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi harus menjadi peringatan untuk Gibran dan jajaran Pemkot Solo.

Yuk, Nostalgia ke Pameran Foto Pesona Solo Tempoe Doeloe Monumen Pers

Pameran foto Pesona Solo Tempoe Doeloe, resmi dibuka di Monumen Pers Nasional, Solo, Kamis (30/6/2022).

162 Calhaj Wonogiri Mulai Menuju Embarkasi Donohudan Boyolali

Sebanyak 162 calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Wonogiri mulai menuju Embarkasi Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/6/2022) sore.

Viral Video Mobil Hilang Kendali Meluncur ke Jurang, di Sini Lokasinya

Mobil yang sempat terjun ke jurang tersebut sudah diangkut pada Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Terdengar 2 Ledakan, Dapur MTs Negeri Sumberlawang Hangus Terbakar

Dapur MTs Negeri 3 Sragen di Sumberlawang hangus terbakar pada Kamis (30/6/2022) sore. Kebakaran dicuga akibat elpiji bocor yang menimbulkan dua kali ledakan.

Suka Duka Pemungut Sampah Desa di Karanganyar, Segini Honornya

Parno, petugas pemungut sampah asal Tasikmadu, Karanganyar bekerja tanpa ada asuransi kesehatan dan honor pas-pasan.

Pertamina: Banyak Yang Salah Kaprah Soal MyPertamina Untuk BBM Subsidi

PT Pertamina Patra Niaga menjelaskan banyak masyarakat yang salah kaprah mengenai pendaftaran pengguna BBM subsidi melalui MyPertamina. Begini penjelasannya.

Di Klaten Masih Ditemukan Daerah Blank Spot Zonasi PPDB SMP, Di Mana?

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP ditutup, Kamis (30/6/2022) siang. Sekolah masih melakukan proses verifikasi data sebelum hasil PPDB diumumkan, Rabu (6/7/2022).

Konsep CFS Wonogiri Berubah, Tempat Jualan dan Olahraga bakal Dipisah

Paguyuban pedagang dan Karang Taruna Giripurwo sepakat berkolaborasi menjadi pengelola car free sunday (CFS) Wonogiri. Nantinya, konsep CFS Wonogiri berubah.

Sempat Beda Pendapat, Pedagang-Pemuda Sepakat Kelola CFS Wonogiri

Paguyuban pedagang dan Karang Taruna Giripurwo sepakat berkolaborasi menjadi pengelola car free sunday (CFS) Wonogiri.