Wuhuu... UNS Solo Masuk 5 Besar Kampus Peraih Dana Program Kreativitas Mahasiswa
Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 103 proposal mahasiswa UNSSolo mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan nilai total Rp509 juta.

Perolehan ini menempatkan UNS Solo pada posisi kelima teratas perguruan tinggi yang memperoleh pendanaan proposal PKM 2020. Posisi pertama ditempati Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan 197 proposal, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dengan 128 proposal, Universitas Hasanuddin (unhas) Makassar dengan 113 proposal, Universitas Brawijaya (UB), Malang dengan 111 proposal.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Kuncoro Diharjo, mengatakan, 103 proposal tersebut terdiri atas lima PKM Kewirausahaan, 32 PKM Penelitian Eksakta, 13 PKM Pengabdian Masyarakat, 50 PKM Karsa Cipta, dan 3 PKM Penelitian Sosial Humaniora.

Dulu Cuma Rp20.000, Berapa Bayaran Mbah Minto Klaten Sekarang? 

Kelima bidang PKM ini tersebar pada sepuluh fakultas dengan perolehan terbanyak diraih oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu sebanyak 41 proposal. Ia menjelaskan, proposal yang diusulkan mahasiswa sebanyak 1.065.

“Proposal PKM yang diusulkan sebanyak 1.065. Sedangkan yang lolos diusulkan ke Belmawa [Pembelajaran dan Kemahasiswaan] sebanyak 677 dan kemudian lolos pendanaan Belmawa 103 dengan nilai kontrak total Rp509 juta,” ujarnya kepada wartawan dalam jumpa pers daring, Jumat (7/8/2020).

Keributan di Mertodranan Bikin 3 Orang Terluka, Ini Penjelasan Lurah Pasar Kliwon Solo 

Kuncoro mengatakan capaian ini menjadi tantangan pada tahun depan agar setidaknya dapat dipertahankan.

“Kami mengapresiasi kinerja mahasiswa maupun dosen pendamping. Namun kita juga jangan puas terlebih dahulu karena diperlukan kerja keras lagi agar dari 103 proposal tersebut banyak yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Selain itu usaha kita juga harus lebih berat lagi karena harus bisa mempertahankan capaian ini tahun depan,” terang Kuncoro.

Dana Talangan

Sambil menunggu pencairan dana PKM dari Kemendikbud tersebut UNS Solo siap memberikan dana talangan jika ada kelompok yang membutuhkannya terlebih dahulu.

Mbah Minto Klaten Kantongi Uang Ratusan Juta Berkat Vlog

Sementara itu, Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan capaian posisi kelima perguruan tinggi yang memperoleh dana PKM tersebut sangat membanggakan.

"Alhamdulillah, ini patut kita syukuri. Capaian yang sangat baik karena UNS menjadi peringkat kelima dalam perolehan pendanaan PKM,” ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom