Kategori: Viral

Wuadu... Warung Ini Jual Pecel Rp6 juta/Porsi, Termahal di Dunia?


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, KEDIRI— Seporsi pecel seharga Rp6 juta per porsi viral di media sosial. Makanan itu dijual di sebuah warung di Kediri, Jawa Timur.

Pecel adalah makanan khas Indonesia yang terdiri aneka sayuran yang direbus, dan dipadukan dengan sambal kacang. Selain cita rasanya yang lezat, gurih, dan nikmat makanan ini digemari masyarakat karena harganya yang ramah di kantong.

Tetapi, lain halnya dengan pecel yang dijual di warung Mbenjing Mriki Malih di Kediri. Seporsi pecel di warung yang berlokasi di Ketami, Pesantren, Kediri ini dibanderol seharga Rp6 juta per porsi.

Chacha Sherly Sempat Stres Mobil Ditarik Leasing Sampai Mau Akhiri Hidup

Berdasarkan video yang diunggah kanal Youtube Budiono Sukses pada 21 Okober 2020, warung pecel dengan harga selangit itu pun tampak ramai diserbu pembeli. Selain pecel, warung tersebut juga menjual aneka lauk-pauk, seperti lele goreng, ayam goreng hingga ikan laut kuah pedas.

Makanan tersebut juga dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Seperti pecel punten yang dibanderol dengan harga Rp6 juta, belum termasuk minum dan lauk.

PSBB Jawa Bali Berlaku 11-25 Januari 2021, Ini Konsekuensinya

Harga yang fantastis membuat makanan ini sebagai pecel temahal di dunia.  Meski demikian, para pembeli tidak khawatir dengan harga tersebut. Sebab harga itu bukanlah harga yang sebenarnya.

Sejak warung tersebut dibuka, pemilik warung memang selalu menggunakan kata juta untuk menggantikan ribu pada harga makanan. Sehingga harga pecel Rp6 juta, yang dimaksud adalah Rp6.000.

PSBB Solo: Polisi Siapkan Tim Patroli Pengurai Kerumunan

Alasan Penjual

Pemilik warug pecel ini sengaja mengganti satuan ribu menjadi juta, dengan alasan agar para pembeli merasa seperti orang kaya, yang bisa makan dengan uang mahal. Selain itu, penyebutan kata juta juga merupakan sebuah doa agar para pembeli di warung tersebut banyak rezeki dan kembali ke warung tersebut.

Pecel di warung ini terbilang istimewa karena disajikan dengan punten yang merupakan olahan beras dan santan kental yang pembuatannya sama seperti nasi. Setelah matang adonan punten ditumbuk hingga padat sebelum disajikan bersama sayuran dan sambel pecel dan kerupuk pasir.

Virus Baru Penyebab Covid-19 Lebih Ganas

Untuk bisa menikmati pecel ini, pengunjung harus sabar mengantre. Pelayan hanya akan meracik lontong, sayuran dan kerupuk pasir. Sementara untuk bumbu pecelnya sengaja di taruh dalam wadah besar, pembeli bebas mengambil bumbu sesuai selera.

Selain menu pecel, ada juga beberapa piihan lainnya seperti nasi jagung, ikan goreng, ayam goreng, lele goreng hingga makanan olahan bekicot. Namun pecel punten tetap menjadi menu primadona warung tersebut.

Selain itu yang menjadi ciri khas warung pecel ini.  saat datang pembeli akan disambut dengan teriakan para pelayan yang sibuk melayani pembeli. Teriakan para pelayan wanita ini juga dijadikan sambutan khas di warung Mbenjing Mriki Malih tersebut.

Ini 3 Wilayah Jateng Prioritas PSBB Ketat, Solo Raya Termasuk

Melalui tayangan tersebut viral, banyak netizen yang memberikan beragam komentar mengenai warung pecel Mbenjing Mriki Malih tersebut.

Gua suka penjual yg ramah kreatif ceria gini.. sec gk lgsung bkin yg beli seneng belinya. Lain klo yg jual mrengut,” ujar akun Ary Aryf.

“6 jt tp nol e glungdung 3.. (6 juta tapi nolnya hilang 3),” kata akun Han.

“Heboh bener,” tulis akun Rizal Romadhona.

(Indah Pranataning Tyas/JIBI/Solopos.com)

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita