SOLOPOS.COM - Bupati Batang Wihaji menerima Piagam Penghargaan WTP dari Ditjen Perbendaharaan yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Jawa Tengah Sulaimansyah di Batang, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019). (Antara-Kutnadi)

Solopos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang menerima Piagam Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Opini WTP itu merupakan bukti sukses Batang dalam mengelola keuangan negara dan daerah.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019), mengatakan bahwa WTP merupakan indikator penting untuk pengelolaan keuangan negara. Oleh karena itu, katanya, Pemkab Batang berusaha penyelangaraanya menggunakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Adapun SPBE adalah sebagai upaya kita dalam transparansi anggaran dan database tata kelola keuangan negara," katanya.

Piagam Penghargaan WTP itu, digadang-gadang sebagai kebanggan Pemkab Batang karena dinilai sukses oleh pemerintah dalam tata pengelolaan keuangan negara. "Kendati demikian, menurut ahli hukum, prestasi yang diraih ini bukan berarti tidak ada korupsi," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah mengatakan bahwa pemberian penghargaan WTP dari pemerintah pusat kepada Pemkab Batang karena telah mengelola dan mempertanggung jawabkan keuangan negara dengan standar tertinggi.

WTP, kata dia, adalah standar penilaian tertinggi tetapi penghargaan yang sebenarnya adalah pemberian dana insentif daerah. "Oleh karena, kami berharap Pemkab Batang mampu mempertahankan prestasi WTP dan harus perlu ditingkatkan lagi karena kalau keuangan daerahnya bagus akan berkaitan pula dengan keuangan pemerintah," kata Bupati Batang Wihaji.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya