SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WRC 2015, balap reli dunia kembali digelar tahun ini. Setelah beberapa tahun absen,Toyota memutuskan ikut serta kembali pada ajang itu dengan Toyota Yaris.

Solopos.com, TOKYO – Toyota memutuskan kembali terjun pada ajang reli mobil dunia. Dalam debut keduanya setelah beberapa tahun absen, Toyota akan mempercayakan Toyota Yaris sebagai jagoannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah 15 tahun absen dari ajang reli mobil dunia, World Rally Champion (WRC), Toyota memutuskan terjun kembali ke dunia itu. Untuk menantang seluruh saingannya pada ajang reli mobil itu, Toyota mendaulat Yaris WRC terbarunya.

Dikutip dari Zigwheels, Jumat (30/1/2015), Direktur Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda memberikan kejutan besar bagi peserta WRC 2015.

Dalam sebuah konferensi pers di Tokyo, Jepang, ia menyatakan dirinya yakin akan menerjunkan kembali TMC untuk ikut serta dalam laga WRC 2017.

Dalam kesempatan itu, Akio juga memamerkan Toyota Yaris yang akan ia terjunkan.

Persiapan menghadapi WRC 2017 telah dilakukan TMC selama dua tahun terakhir dengan memasrahkan sebuah Toyota Yaris kepada perusahaan pengembang di Jerman.

Di sana, Toyota Yaris telah diuji coba untuk melibas seluruh trek aspal dan trek off road. Pembalap kebangsaan Prancis, Eric Camilli yang sempat mengendarai Ford Fiesta pada WRC tahun lalu juga dipilih untuk menunggangi Yaris WRC pada uji coba tersebut.

“Terakhir kali TMC mengikuti balap mobil segala medan pada tahun 1999. Dan sekarang kami akan kembali lagi untuk pengembangan potensi besar pada kejuaraan dan keuntungan bisnis,” ujar Akio.

Kembali ke ajang WRC menurutnya bukanlah perkara mudah. Akio menegaskan bahwa TMC masih akan melakukan pengembangan mobil selama dua musim, yakni musim 2015 dan musim 2016. Baru kemudian pada ajang WRC 2017 mereka akan ikut serta secara penuh.

Dalam perjalan bisnisnya ke Finlandia tahun lalu, Akio mengaku mendapat berbagai pertanyaan mengenai kapan TMC akan kembali ke ajang WRC.

Pada kesempatan itu Akio juga merasa kaget karena masih banyak yang mengingat masa kejayaan TMC di WRC beberapa tahun silam.

“Kami ingin memanfaatkan momentum ini, jadi ketika orang masih ingat sejarah TMC di WRC beberapa tahun silam, kami ingin membuat mereka kembali merasakan kejayaan Toyota di ajang ini,” jelas Akio.

Selain desain striping body khusus Toyota Yaris pada WRC 2017 nanti, TMC masih belum membeberkan spesifikasi calon mobil relinya itu.

Namun dipastikan, Toyota Yaris yang menjalani uji coba di Jerman  itu akan mendapat penyesuaian mesin dan fitur khusus reli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya