SOLOPOS.COM - Hyperloop (Dailymail)

Solopos.com, SOLO — Perusahaan transportasi asal Amerika Serikat, Hyperloop One, dikabarkan sedang mengembangkan teknologi terbaru hyperloop. Hyperloop merupakan alat transportasi canggih yang bisa melaju hingga 1.207 kilometer per jam.

Seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (12/5/2016), pembuatan teknologi terbaru transportasi hyperloop saat ini masih dalam tahap pengembangan. Bentuk hyperloop mirip kereta. Penumpang nantinya akan dibawa menggunakan tabung mirip kereta yang bergerak menggunakan tenaga listrik.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Konsep kereta cepat hyperloop membuat negara kaya seperti Uni Emirat Arab tertarik untuk membuatnya. Peneliti Uni Emirat Arab yang berpusat di Dubai mencari beberapa orang untuk bisa merancang transportasi yang bisa mengantar penumpang dari Dubai ke Fujariah yang berjarak 165 kilometer hanya dalam waktu 10 menit saja.

Saat ini normalnya, perjalanan Dubai-Fujariah membutuhkan waktu lebih dari dua jam menggunakan alat transportasi darat. Peneliti di Dubai menyatakan untuk membangun pipa Hyperloop membutuhkan dana yang lebih sedikit dibanding dengan membuat kereta cepat konvensional.

Bos Hyperloop One, Elon Musk, jug menganggap pengembangan teknologi terbaru hyperloop akan lebih murah, lebih cepat dan lebih baik ketimbang pembuatan alat transportasi lain seperti pesawat dan kapal.

Gagasan Hyperloop One yang masuk akal itu jelas mendapat banyak dukungan dan bisa jadi Dubai tertarik membiayainya. Perusahaan Amerika Serikat itu juga baru saja mendapat dukungan dana sebesar US$80 juta atau lebih dari Rp1 miliar.

CEO Hyperloop One, Rob Lloyd, berjanji segera melakukan uji coba dalam pengerjaan alat transportasi super cepat hyperloop. Hyperloop menurutnya adalah transportasi nyata yang bisa diwujudkan.

Pihak perusahaan berusaha keras mengembangkan teknologi terbaru transportasi hyperloop dengan biaya murah tapi tetap memperhatikan keamanan, efisiensi dan tidak berat di ongkos.

Menurut Hyperloop One, teknologi terbaru transportasi hyperloop super cepat bisa jadi akan dirilis tahun 2020 mendatang. https://www.youtube.com/watch?v=nCK9r7fewEs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya