Wow, Tiga Robot Ikut “Diwisuda” di Undip Semarang
Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Yos Johan Utama (kedua kanan), menjabat tangan robot peraga saat wisuda ke-159 secara daring di Gedung Prof. Sudharto, Undip Tembalang, Kota Semarang, Senin (27/7/2020). (Antara-Aji Styawan/pras).

Solopos.com, SEMARANG – Pemandangan unik terjadi pada wisuda mahasiswa ke-159 Universitas Diponegoro (Undip) di Gedung Prof. Sudharto, Undip Tembalang, Semarang, Senin (27/7/2020).

Tiga robot memakai kostum wisuda berbaris rapi. Dengan postur tak beda dengan manusia, robot itu siap mengikuti wisuda yang dilangsungkan secara daring. Ketiga robot itu mewakili wisudawan terbaik Undip yang akan bersalaman langsung dengan Rektor Undip, Yos Johan Utama.

Robot ini dihadirkan untuk mewakili para wisudawan maupun wisudawati yang tidak bisa hadir karena sejumlah kebijakan pada masa pandemi Covid-19. Robot peraga ini dirancang semirip mungkin dengan sosok wisudawan wisudawati.

Pernikahan Anak di Jateng Naik Dua Kali Lipat Selama Pandemi Covid-19

Robot yang mewakili wisudawan berpakaian celana hitam, memakai jubah wisuda lengkap dengan toga.  Sedangkan robot yang mewakili wisudawati memakai jarik bermotif cerah. Badannya menggunakan jubah hitam seperti wisudawan.

Bagi wisudawati yang berhijab, diwakili oleh robot yang kepalanya ditutup hijab dan bagi wisudawati yang tidak berhijab, diwakili oleh robot dengan rambut sintesis berkepang dan bertoga. Tinggi robot disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia pada umumnya yaitu 160 sentimeter.

Robot ini berdiri di kotak dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari baterai kering atau aki. Untuk menjalankan robot maju–mundur dan berputar, menggunakan remote control yang dapat dikendalikan dari jarak hingga 15 meter.

Penolak Jenazah Perawat Covid-19 di Semarang Divonis 4 Bulan Penjara

Ketua Senat Akademik Undip Semarang, Sunarso, mengatakan wisuda ke-159 merupakan acara wisuda kedua yang dilaksanakan via daring semasa pandemi Covid-19. "Wisuda daring kedua yang digelar ini menggunakan robot hasil karya Undip," kata dia, Senin.

Rektor Undip, Yos Johan Utama, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan. Dia berpesan agar wisudawan tidak cepat puas dengan apa yang sudah dicapai. "Jangan cepat puas. Saat ini kita memasuki masa yang penuh dengan gejolak ketidakpastian," kata Yos.

 

Tema Robotik

Sebelumnya, Plt. Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Dwi Cahyo Utomo, mengatakan wisuda ke-159 Undip kali ini mengusung tema robotik.

Macan Lawu Karanganyar Bongkar Praktik Pembuatan STNK Palsu, Tempat Produksi di Solo

“Kami tidak hanya menghadirkan aksi robot peraga wisudawan wisudawati, tetapi juga menampilkan tayangan tentang pencapaian-pencapaian riset dan inovasi Undip, khususnya di bawah Pusat Riset Unggulan Iptek Undip untuk Teknologi Kesehatan. Salah satunya di bidang robotik dengan mengembangkan tangan bionik yang sudah banyak penggunanya, di antaranya oleh tenaga kerja Indonesia di Korea,” ujar Dwi Cahyo Utomo dalam keterangan resmi, Sabtu (25/7/2020).

“Kemudian Undip juga mengembangkan robot medis untuk membantu tenaga medis menangani pasien Covid-19. Dan pada wisuda kali ini, Undip menghadirkan robot peraga wisudawan untuk memeriahkan wisuda daring,” terangnya.

Keistimewaan robot peraga ini, selain bentuknya mirip dengan sosok wisudawan wisudawati, dilengkapi pula dengan fitur untuk berkomunikasi melalui layar tablet yang disematkan pada wajah robot. Komunikasi dilakukan melalui aplikasi video call sehingga wisudawan wisudawati yang berada di rumah masing-masing dapat berkomunikasi dua arah dengan rektor pada saat penyerahan ijazah.

Yuk Jelajahi Jateng Secara Kilat di Grand Maerakaca

Keistimewaan lainnya, tangan kiri robot diposisikan untuk menerima ijazah. Telapak tangannya dilengkapi tatakan untuk meletakkan ijazah. Sedang tangan kanan robot dapat digerakkan naik atau turun dan difungsikan untuk bersalaman.

Robot peraga wisudawan wisudawati ini akan beraksi mewakili tiga wisudawan wisudawati terbaik pada tiap-tiap fakultas. Tiga wisudawan terbaik yang diwakili robot, akan menerima ijasah langsung dari Rektor dan bersalaman dengan Rektor serta Dekan. Aksi robot dapat disaksikan pada tiap-tiap tahap pelaksanaan wisuda. Wisuda ke-159 ini diikuti oleh 2.561 wisudawan yang terbagi ke dalam 11 tahap.

Sumber: Antara



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom