Pekerja menyelesaikan proses pembuatan jalan di sela-sela peresmian penerapan plastik setara aspal di area pabrik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (CAP) di Cilegon, Banten, Selasa (3/7/2018). (Bisnis-Felix Jody Kinarwan)

Solopos.com, TEGAL — Pemerintah Kota Tegal dengan didukung Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) bakal mengembangkan pelapisan jalan dengan plastik setara aspal. Upaya itu dilakukan sebagai salah satu cara mendaur ulang sampah.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di Balai Kota Tegal, Selasa (5/11/2019), melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Wakil Ketua Umum Inaplas Suhat Miyarso untuk merealisasikan gagasan itu. Kedua belah pihak menyatakan memiliki fokus sama terhadap pengelolaan sampah plastik.

Dedy menyampaikan bahwa prinsip dasar pengelolaan sampah yang ramah lingkungan diawali perubahan pola pikir dalam memandang dan memperlakukan sampah. Dalam paradigma baru, sampah bermanfaat sebagai sumber daya yang memiliki nilai ekonomi.

“Selanjutnya implementasi dari kesepakatan bersama ini akan segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama pemanfaatan sampah yang lebih teknis antara Kota Tegal dengan divisi teknis dari Inaplas,” paparnya dalam pernyataan resmi yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Rabu (6/11/2019).

Rencananya, Inaplas akan menyediakan 350 kg sampah plastik yang sudah dicacah untuk digunakan oleh Pemerintah Kota Tegal dalam pembuatan jalan plastik seluas 1.580 meter persegi. Kegiatan pelapisan jalan dengan plastik setara aspal itu akan dilaksanakan pada akhir November 2019 dengan pendampingan oleh Kementerian PUPR.

Secara umum, kesepakatan antara Pemkot Tegal dan Inaplas berisi tentang sistem pengolahan sampah berbasis circular economy dan penerapan teknologi. Kesepakatan ini berjangka waktu satu tahun dan dapat diperpanjang.

“Langkah ini juga untuk mendukung dan mewujudkan program pengurangan sampah serta pemeliharaan lingkungan secara berkelanjutan khususnya di Kota Tegal,” imbuhnya.

Suhat Miyarso menyambut baik antusiasme Pemkot Tegal dalam menerapkan jalan plastik setara aspal itu. Program tersebut sebetulnya sudah dicanangkan di pemerintah pusat sehingga diharapkan dapat diaplikasikan di berbagai daerah.

“Kami berharap agar kerja sama ini terus terjalin dengan Pemkot Tegal dan dapat direplikasi di kota lain dengan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan baik dari pemerintah swasta maupun masyarakat,” tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Bisnis


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten