SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL: Di tengah kondisi kekeringan yang mulai membayangi Gunungkidul, tiba-tiba terdapat sumur tua berusia puluhan tahun meluap dan mengalirkan sumber mata air jernih selama sebulan terakhir. Sumur tersebut berada di ladang milik Tumiyo, 48, warga Dusun Karangsari, Desa Karangrejek, Wonosari.

Kepada Harian Jogja, Selasa (31/5) saat ditemui di ladangnya, Tumiyo mengatakan, kejadian tersebut berawal ketika curah hujan tinggi dua bulan lalu yang menimbulkan banjir dan sempat meluluhlantakkan tanaman palawija miliknya. Saat itu, sumur sedalam sekitar delapan meter tersebut masih tetap tidak berisi air, meski banjir menerjang permukaan sumur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, lanjut Tumiyo, setelah beberapa minggu diterjang banjir tiba-tiba sumur tersebut berisi air hingga penuh. Awalnya Tumiyo tidak peduli dengan sumurnya karena mengira air tersebut merupakan sisa air hujan. Tetapi setelah sebulan air sumur terus keluar hingga meluap.

“Ini kemudian saya alirkan ke arah sungai, karena meluap ke ladang lain khawatir kebanyakan air,” terangnya.(Harian Jogja/Sunartono)

Foto (Harian Jogja/Sunartono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya