SOLOPOS.COM - Ilustrasi pegawai Laboratorium Terbuka Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan skala suhu udara, Selasa (22/10/2019). (Antra-Asep Fathulrahman)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu udara di Kota Semarang, ibu kota Jawa Tengah mencapai 39,4 derajat Celcius, Selasa (22/10/2019).

"Rekor suhu tertinggi 39,4 derajat Celcius," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Menurut dia, rekor suhu tertinggin itu terjadi antara pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Ia menyebut BMKG terus memantau perkembangan suhu udara tinggi yang kemungkinan masih bisa meningkat lagi.

Ia menjelaskan gerak semu Matahari diprakirakan masih menjadi salah satu penyebab naiknya suhu saat siang hari. Gerak semu tersebut, kata dia, menyebabkan Matahari terkadang berada di sebelah utara dan selatan.

Saat ini, lanjut dia, Matahari bergerak ke selatan, berada di atas wilayah Semarang. "Logikanya kalau Matahari semakin dekat maka akan semakin hangat," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya