SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, BANTUL– Perajin kuningan asal Bantul Suatmadji dipercaya membuat klontong berukuran besar
untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada pergelaran Bantul Ekspo 14-25 Agustus mendatang.

Suatmadji merupakan salah satu perajin kuningan yang terkenal di Bantul karena mempelopori munculnya pengusaha kuningan di berbagai wilayah di DIY. Sedangkan klontong sendiri merupakan benda yang biasa dikalungkan di leher sapi dan menimbulkan bunyi. Suatmadji ditemui Senin (30/6/2014) menyatakan telah menyiapkan klontong selebar hingga satu meter dan tinggi satu meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati klontong biasa digantung di leher sapi, namun pada badan klontong tersebut digambar logo Pemkab Bantul. Ia membutuhkan waktu hingga dua bulan lamanya untuk menghasilkan klontong berukuran jumbo yang digadang-gadang bakal memecahkan rekor MURI pada perayaan Bantul Ekspo 2014.

“Sudah bikin dua kali tapi gagal, ini yang ke tiga akhirnya berhasil,” kata Suatmadji.

Suatmadji mengklaim menghabiskan biaya lebih dari Rp30 juta untuk memproduksi klontong jumbo. Ia mengerjakan barang kuningan itu bersama 10 orang tenaga kerja lainnya. Klontong raksasa itu antara lain berbahan tembaga dan timah putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya