SOLOPOS.COM - Astronaut Sunita L Williams, insinyur penerbangan Ekspedisi 14, tengah beraksi di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). (UPI Photo/NASA)

Astronaut Sunita L Williams, insinyur penerbangan Ekspedisi 14, tengah beraksi di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). (UPI Photo/NASA)

HOUSTON – Jangan pandang remeh sebatang sikat gigi. Dalam sebuah operasi tingkat tinggi pada alat berteknologi super canggih, alat sederhana ini bisa menjadi trik solusi super pintar.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Bagaimana tidak, saat astronaut Sunita L Williams dan Akihido Hoshide berjuang mengganti sebuah unit pemasok tenaga listrik surya di Stasiun Antariksa Internasional (ISS), baut pengaman tak bisa dikencangkan. Padahal mereka bekerja di pada kondisi tanpa gravitasi total di luar angka.

Setelah hampir delapan jam berjuang, keduanya pun harus berimprovisasi. Seperti dilansir upi.com dari ABC News, Minggu (16/9/2012), keduanya curiga ada kotoran logam di dalam lubang baut.

Piranti berbobot sekitar 110 kg itu lantas mereka ikat darurat sementara mencari peralatan yang kemungkinan bisa digunakan untuk membersihkannya. Akhirnya, mereka menemukan ide sederhana.

Dengan menggunakan sikat gigi yang digabungkan dengan kompresi nitrogen, mereka akhirnya bisa membersihkan baut tersebut. Tak hanya berkat “trik sikat gigi”, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan itu membuat Williams memegang rekor dunia sebagai perempuan pertama yang menghabiskan waktu terlama di luar angkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya